Portofolio Rikopedia klik disini
Cara join membership klik disini

Analisa value saham BVIC

Bank victoria international Tbk (BVIC) adalah salah satu perusahaan perbankan yang sudah berdiri sejak tahun 1992 dengan fundamental dan prospek yang bagus di bursa efek indonesia. BVIC merupakan bank swasta yang memiliki kantor jaringan usaha 100 lokasi yang strategis di daerah jabodetabek dan masuk dalam indeks info bank.Kepemilikan sahamnya mayoritas dipegang oleh PT victoria investama Tbk sebesar 34.72%. Produk perusahaan antara lain Tabungan, Giro , deposito, product pinjaman kredit, dan jasa layanan lainnya. BVIC sendiri selama 4 tahun terakhir dalam penyaluran kreditnya juga sudah sangat hati-hati hal tersebut terlihat dari NPL (net performing loan) yang turun dari angka 5.03% menjadi 1.30%. Dan BVIC sendiri sampai sekarang dalam penyaluran kreditnya tidak menggunakan sistem KTA (kredit tanpa agunan)  atau istilah lainnya kredit tanpa jaminan yang memiliki resiko yang sangat tinggi,hal itu menunjukan perusahaan sangat konservatif dalam hal penyaluran kredit kepada nasabah.
Analisa value saham BVIC
analisa value saham BVIC
Industri perbankan sendiri di indonesia memiliki growth yang bagus rata-rata pertumbuhan aset tahunan sektor perbankan di indonesia CAGR mulai tahun 2010-2014 adalah sebesar 18.1%. Ditahun 2014 ini mungkin adalah tahun paling berat untuk sektor perbankan, dengan meningkatnya BI rate menjadi 7.5% akan berdampak pada semakin ketatnya penyaluran kredit tetapi efek kenaikan BI rate juga berdampak positif dengan meningkatnya likuiditas di pasar uang antar bank.

BVIC memiliki struktur modal yang sangat kuat bisa dilihat dari CAR rata-rata sebesar 18.2%. selain itu prospek pendanaan dana murah dari pihak ketiga di indonesia sangat bagus hal itu terlihat dari Giro yang naik sebesar 15.5% yoy dan 14.8% yoy dan menyumbang pendanaan sebesar 56.3% terhadap total dana dari pihak ketiga di sektor perbankan indonesia. Kemampuan BVIC dalam menarik dana pihak ketiga yang patut diperhatikan, kemampuan BVIC dalam menarik dana pihak ketiga terlihat dari kenaikan jumlah simpanan pihak ketiga meliputi giro,deposito dan tabungan yang naik dari 5.7 T pada tahun 2009 menjadi 15.1 T pada quartal 1 2014.
Selain itu BVIC dalam hal penyaluran kredit juga sangat bagus, terlihat dari peningkatan penyaluran kredit dari 2.8T menjadi 11.5T dalam periode yang sama.
Selain itu perusahaan tengah berekspansi dengan mendirikan kantor cabang baru di jawa timur,selain itu perusahaan juga akan membuka cabang baru di Denpasar bandung dan semarang.ekspansi tersebut menujukan perusahaan tengah berusaha meningkatkan jumlah nasabah baru ditahun-tahun mendatang.

Kinerja keuangan BVIC
Dengan menungkatnya jumlah kredit yang disalurkan kepada masyarakat secara tidak langsung laba atau pendapatan bunga BVIC juga ikutan naik dari 623 miliar tahun 2010 menjadi 1.1 T pada tahun 2012 dengan CAGR sebesar 21.5% kemudian pada tahun 2013 pendapatan BVIC naik lagi menjadi 1.6 T atau naik sebesar 43.3% yoy. Secara kinerja operasional perusahaan sudah sangat lebih efisien terlihat dari rasio biaya operasional terhadap pendapatan operasional yang turun dari 92% pada tahun 2009 menjadi 81.6% pada tahun 2013.

Yang paling membuat penulis tertarik dengan saham BVIC adalah valuasinya yang super murah. Hal tersebut mungkin yang belum disadari oleh investor sehingga market salah dalam memberi harga. yang jelas secara fundamental dan kinerja keuangan saham BVIC bisa dibilang sangat bagus sehingga penulis yakin suatu saat nanti harga BVIC akan mengikuti nilainya (Value).
Pada harga sekarang 122 dengan EPS ttm sebesar 32.799 saham BVIC dihargai dengan P/E 3.72 dan PBV sebesar 0.48. Artinya apa valuasi saham BVIC sekarang adalah super murah. apabila kita membeli saham BVIC sekarang sebenarnya kita membeli modal BVIC bukan laba. apabila kita membeli suatu saham yang dihargai dengan PBV diatas 1 sebenarnya secara tidak langsung kita membeli Laba perusahaan bukan modal perusahaan.

Fair value atau harga wajar saham BVIC
Dengan metode discount cashflow (DCF) dengan asumsi pertumbuhan CAGR pendapatan tahunan perusahaan dimasa yang akan datang sebesar 20% (Lebih konservatif karena asumsi tersebut dibawah data CAGR pendapatan yang diatas 20%) dan asumsi dividen payout pertahunnya sebesar 10% dengan asumsi proyeksi P/E yang lebih konservatif lagi yaitu 3, dengan tingkat diskon pertahunnya sebesar 20% (Konservatif) maka harga wajar saham BVIC adalah 227.25 dengan margin of safety sebesar 86.68%. Secara keseluruhan resiko downside saham BVIC sangat terbatas dan potensi upside perusahaan yang sangat besar menunjukan kalau saham BVIC bisa kita kategorikan termasuk dalam saham nilai (value stock) yang sedang diabaikan orang.

Untuk mendapatkan update tulisan terbaru analisa value saham indonesia Rikopedia news silahkan follow akun G+ penulis dipojok kanan blog blog ini.

"kita tidak hanya mencari bisnis yang murah tetapi juga bisnis yang baik"
Rikopedia news







Postingan terkait: