Join member Rikopedia disini
Portofolio Rikopedia disini

Analisa value dan fundamental saham PNLF

PNLF adalah salah satu perusahaan yang bergerak di sektor asuransi, Bisnis asuransi di indonesia cukup bagus dimana masyarakat indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak peringkat 4 setelah amerika. masyarakat indonesia sendiri sudah mulai sadar akan pentingnya asuransi. Potensi pertumbuhan sektor asuransi di indonesia terbuka lebar seperti Dalam laporan terbarunya "2015 Outlook: Indonesia Insurance Sector - Evolving Regulatory Environment to Drive Sector Development", Fitch mencatat beberapa bekal positif industri asuransi Indonesia untuk bertumbuh di tahun depan.Bekal tersebut antara lain: penetrasi pasar yang rendah menawarkan peluang pertumbuhan menarik, volatilitas hasil investasi dapat ditekan karena rendahnya portofolio aset berisiko, margin operasional yang sehat dan dukungan regulator.Dalam catatan Fitch dari Swiss Re, penetrasi asuransi di Indonesia tahun 2013 hanya sekitar 2,1%, naik dari 1,77% di tahun 2012, dan 1,5% di tahun 2010. Penetrasi asuransi di Indonesia masih di bawah negara tetangga, yaitu skeitar 4% di Singapura dan Malaysia.

Sekarang kita kembali ke pokok pembahasan PNLF (panin financial Tbk) salah satu perusahaan yang bergerak di sektor asuransi namun bisnis utama perusahaan adalah perbankan melalui kepemilikan saham di PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN), dikenal sebagai grup Panin di bawah naungan holding Panin Insurance. Artinya PNLF ini menempatkan investasi utamanya di saham PNBN. sehingga laba laba bersih perusahaan sangat tergantung dari laba bersih yang di hasilkan PNBN. coba kita cek korelasi pergerakan harga saham PNLF dengan PNBN

Analisa value dan fundamental saham PNLF

Dari data diatas terlihat pergerakan saham PNLF punya korelasi cukup besar atau sama dengan saham PNBN. 

Pada tanggal 3 Juni 2013, Perusahaan asuransi Jiwa asal Jepang, The Dai-ichi Life Insurance Ltd (Dai-ichi Life) mengakuisisi saham anak perusahaan Panin Financial Tbk (PNLF), yakni PT Panin Life sekitar 40 persen saham, baik secara langsung maupun melalui kepemilikan di Panin Internasional, dengan nilai transaksi mencapai Rp3,3 triliun. aksi akuisisi tersebut melalui transaksi Share Subscription Agreement. Asal tahu saja Dai-Ichi Life Insurance merupakan salah satu asuransi jiwa terbesar di Jepang. Dengan masuknya Dai-Ichi Life Insurance menjadi pemegang saham mayoritas membuat prospek saham PNLF ke depan semakin bagus. market sendiri sepertinya mulai menyadari hal tersebut sehingga menyebabkan saham PNLF sejak juni 2013 setelah aksi akuisisi tersebut saham PNLF naik tinggi sampai tahun 2015 dengan kenaikan hingga 160% dalam 2 tahun. 



Valuasi saham PNLF 

Pada harga sekarang 299 saham PNLF memiliki market cap sebesar 9.5 T dan dihargai pada P/E 6.98 dan book value PNLF sebesar 404 maka PBV sebesar nya 0.7. pertumbuhan laba bersih selama 5 tahun terakhir (eps growth 5 years) 17.70%.  

Harga wajar saham PNLF

Dengan asumsi CAGR perusahaan dimasa depan sebesar 15% dan asumsi P/E sebesar 5 dengan tingkat diskon sebesar 15% maka harga wajar saham PNLF sebesar 376. 




Postingan terkait: