Posts

Showing posts from November, 2015

Kemiripan pola elliotwave IHSG tahun 2008 dengan 2015

Image
Sebelum anda membaca analisa dibawah ini sebaiknya anda baca tulisan kami sebelumnya lebih dulu disini Outlook IHSG





Perhatikan pattern elliotwave pada 2 chart diatas. tahun pada chart tahun 2008 membentuk 5 impulse phase dan 3 corrective phase. Pada tahun 2008 sebelum terjun bebas di wave C membuat swing wave B Kisaran fibonacci 61.8%.

Perhatikan pola elliot wave tahun 2015. pattern elliot wave tahun 2015 juga sama yaitu membentuk 5 impulse phase dan 3 corrective phase. Tahun 2015 ini atau pada level sekarang IHSG berada di wave B. Kalau pola tahun 2008 terulang di tahun 2015. kemungkinan sebelum IHSG terjun bebas bikin wave C, IHSG akan swing membentuk wave B dengan puncak area fibonacci 61.8% yaitu di 4830 kemudian terjun bebas ke wave C seperti tahun 2008. 
Demikian analisa IHSG menyambung analisa sebelumnya. semoga bermanfaat. 
Gabung group whatsapp free 089646524973

 Join facebook fanpage Rikopedia researchdisini


Outlook IHSG

Image
IHSG tertahan diarea fibonacci 38.2% level 4600. Asing sejak bulan april 2015 masih keluar terus sampai sekarang. Terlihat dari data foreign flow yang terus turun sejak bulan april 2015. Bahkan kenaikan IHSG dari 4033 sampai ke 4700 kemarin tidak dibarengi dengan masuknya dana asing.Seperti yang kita tahu selama ini asing adalah yang paling dominan menggerakan IHSG. analisa saya sebelumnya tentang IHSG cek disini Mempersiapkan diri menghadapi wave 3 or wave C IHSG. kenaikan IHSG kemarin hanyalah rebound dalam fase  3 corrective wave. Asing tahu kalau IHSG akan turun lebih dalam menuju wave C sehingga asing belum masuk ke bursa saham indonesia tetapi malah keluar. Kita sekarang berada di wave B, yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah dimana puncak wave B?? di fibo 38.2% ,50% atau 61.8%???? 
Mari kita lihat aturan elliot wave di chart berikut: 

Panjang wave B adalah 38.2% dari wave A. kalau belajar dari pengalaman pada masa lalu yaitu tahun 2008. Wave B swing kisaran 50% atau 61.8% seb…

IHSG Bullish yang sempurna or wave B

Image
IHSG sesuai dengan analisa sebelumnya (Mempersiapkan diri menghadapi wave 3 or wave C IHSG)kalau kita sekarang running wave B dengan target level psikologis 5000.Semua indikator tehnikal positif. MACD goldencross diarea centerline. IHSG sudah berada diatas resisten EMA 100 yang selama ini menjadi resisten kuat saat downtrend.Target IHSG 5000-5100 kisaran fibonacci 150 or 161.8%. good luck

SAHAM BBTN CUP AND HANDLE

Image
Saham BBTN membentuk pattern cup and handle. target trading jangka menengah (midterm) 1400-1500. *Hingga Oktober, Laba Bersih BTN Melonjak 65 Persen

BSDE breakout triangle

Image
Saham BSDE breakout R 1670. Target jangka pendek 1800. MACD yang akan goldencross mengindikasikan penguatan BSDE akan berlanjut. 

saham BEKS

PT Bank Pundi Tbk (BEKS)Pemerintah Provinsi Banten, melalui entitas Banten Global Development (BGD), akan mengakuisisi saham BEKS. Akuisisi itu sedang dalam tahap due diligence. Sesuai prospektus BEKS, bank itu akan menerbitkan saham baru setara 25,82 persen modal disetor. Harga pelaksanaan Rp200 hingga Rp225 per saham. BGD akan mengeluarkan dana Rp619,49 miliar untuk akuisisi tersebut.

CLSA IHSG target 5150

CLSA : Sarina raised 2016 JCI target at 5150 expecting recovery to
  accelerate as the Govt and central bank works in unison. Central bank has been
  accommodative in loosening with its cut in reserve requirements while govt has
  come through with economic packages boosting infra spending. Inflation and CAD
  has improved while IDR stability post Fed rate hike would likely translate to
  the largest rate cut in the region. Prefers interest rate sensitive with banks
  trading at attractive valuations and the same applies to property and ASII

Update Analisa saham WSKT tahun 2015

Image
Kami ingin mengupdate analisa tentang saham WSKT. sebelumnya kami sudah melakukan analisa saham WSKT di postingan berikut analisa value saham wskt. Kali ini penulis ingi memberikan updateAnalisa fundamental saham WSKT. Seperti yang kita tahu saham WSKT pernah menjadi primadona dibursa saham indonesia. Banyak trader dan investor yang membicarakan saham WSKT. saya sendiri waktu saham WSKT kisaran harga 700-800 menghitung harga wajar saham WSKT dan mendapatkan harga wajarnya kisaran 1265 bisa cek analisanya.Setelah saham WSKT bergerak diatas harga wajarnya sejujurnya saya tidak tertarik untuk trading maupun investasi di saham WSKT sejak saat itu. Sejak awal tahun 2014 sampai bulan oktober 2015 WSKT naik hampir 140%. Kenaikan yang luar biasa. Karena memang secara fundamental saham WSKT bagus. tetapi pertanyaan apakah saham WSKT tahun 2015 diharga sekarang masih murah atau mahal? kita akan bahas tuntas di blog ini dengan cara yang sangat sederhana. WSKT pada harga sekarang dihargai dengan …

Resisten IHSG 4520

Image
Selamat pagi,

Selamat buat yang sudah mengikuti trading plan kami di saham SMGR, kemarin naik +3.6% sesuai prediksi kami sebelumnya di postingan berikut disini. Hari ini kami akan membahas pergerakan IHSG. Perhatikan chart IHSG dibawah ini


IHSG berada kemarin belum berhasil menembus resisten di 4520 sehingga belum bisa dikatakan pattern bullish falling wedge sempurna. Pattern bullish falling wedge sempurna jika IHSG mampu close diatas 4520. jika IHSG mampu close diatas 4520 maka IHSG potensi melanjutkan penguatan ke level 4700-4800. Sesuai dengan analisa kami sebelumnya.  Kita lihat pergerakan IHSG hari ini mampukan IHSG menembus resisten kuatnya atau tidak?
Data-data yang punya korelasi dengan pergerakan IHSG EIDO +1.02% ^DJI   + 1.42% USD/IDR 13785


OJK memeriksa rights issue SIAP

Berita saham hari ini. analisa saham SIAP.Penyelidikan masalah transaksi semu SIAP akan sampai sumber masalahnya yaitu RI (rights issue) SIAP tahun 2014. OJK akan menyelidiki kasus tersebut. SIAP dulunya adalah perusahaan yang bergerak dibidang percetakan plastik lembaran kemudian mengubah lini bisnisnya menjadi usaha batubara. Perubahan ini awalnya adalah aksi rights issue Rp. 4.6 triliun oleh ridgetop holding ventures dalam aksi backdoor listing RITS limited. RITS adalah salah satu pemilik PT. Wana bara prima coal. Induk dari IWBMC. Saat SIAP melakukan rights issue, IWBMC mengaku mempunyai area IUP batubara seluas 5000 hektare di kaltim. Dengan cadangan batubara sebesar 288.1 juta metrik ton. Sebelum lewat SIAP, RITS venture juga sempat melakukan backdoor listing melalui PKPK (PT. Perdana karya perkasa Tbk. PKPK sendiri pernah mengajukan dokumen rights issue ke OJK. Namun rencana rights issue PKPK ditolak OJK karena efek dilusi mencapai 97.5%. tetapi kali ini berbeda, RITS menunjuk …

IHSG pattern falling wedge

Image
IHSG berpotensi membentuk pattern falling wedge sesuai dengan analisa kami sebelumnya disini IHSG bullish falling wedge atau head and shoulders? Resisten 4520 belum jebol sehingga pattern falling wedge belum bisa dikatakan sempurna. Jika IHSG mampu menembus resisten 4520 maka pattern bullish falling wedge akan terbentuk sempurna dengan target kisaran 4700-5000 (puncak wave B) Baca analisa sebelumnya disini Mempersiapkan diri menghadapi wave 3 or wave C IHSG.
SMGR still in an uptrend, lower volatility

saham SMGR masih bergerak dalam trend naiknya dengan resisten atau target price diarea 11950. MACD bergerak diatas centerline (positif).
Disclaimer on





IHSG bullish falling wedge atau head and shoulders?

Image
Kali ini saya akan memberikan analisa jangka pendek IHSG. Analisa jangka panjang IHSG bisa anda cek disini Mempersiapkan diri menghadapi wave 3 or wave C IHSG . Jangka pendek IHSG memiliki peluang membentuk pattern bullish falling wedge jika mampu breakout 4520. Tapi jika gagal bertahan di atas 4422 pattern IHSG menjadi bearish head and shoulders. 
Candle terakhir kemarin membentuk doji. jika hari ini dikonfirmasi dengan candle hijau dan bisa close diatas 4452 maka potensi rebound IHSG cukup besar. MACD pas dicenterline nya. EIDO +2.5%   DJIA +1.38% Hari ini IHSG potensi rebound.

Jika pattern bullish falling wedge terbentuk sempurna maka peluang menguji target 4700-5000 (wave B) terbuka lebar seperti yang sudah saya bahas sebelumnya di analisa mempersiapkan diri menghadapi wave 3 or wave C IHSG.

Join group whatsapp analisa saham free +6289646524973

Mempersiapkan diri menghadapi wave 3 or wave C IHSG

Image
IHSG sudah berubah trend dari BULLISH ke BEARISH saat IHSG menyentuh puncak wave 5 di level 5500. Perhatikan chart IHSG berikut ini :
IHSG bergerak dalam trend bullish selama 10 tahun terakhir. (membuat 5 wave). IHSG sekarang memasuki wave koreksi ABC, Wave A IHSG adalah saat IHSG turun dari 5500- 4033. (Minor). Penurunan Wave A akan diikuti fase rebound wave B (wave IHSG sekarang). Panjang wave B kisaran area 4600-5000. Saat wave B terbentuk sempurna maka akan dilanjutkan penurunan di wave C. running wave C estimasi tahun 2016-2017. dengan target penurunan IHSG estimasi di 3000-2500.
DISCLAIMER ON

Analisa fundamental saham PGAS yang wajib diketahui investor

Image
Analisa saham PGAS. PT.perusahaan gas negara (persero tbk) adalah salah satu perusahaan milik BUMN yang bergerak dalam bisnis transmisi dan distribusi gas bumi.Dulunya perusahaan gas di indonesia dipegang oleh perusahaan gas swasta milik belanda yaitu I.J.N. Eindhoven & Co, yang didirikan pada tahun 1859. perusahaan ini adalah yang pertama kali memperkenalkan batu bara dan gas kota yang ada di wilayah indonesia. kemudian setelah indonesia merdeka, pada tahun 1958 I.J.N. Eindhoven & Co dinasionalisasi dan diubah menjadi PN gas. pada tahun 1965 berubah nama menjadi perusahaan gas negara.
Bisnis PGAS antara lain :


Distribusi gas bumi.Transmisi gas bumi.PGAS menjalankan jalur pipa distribusi gas sepanjang 3750 km. menyuplai gas ke seluruh wilayah indonesia terutama yang padat penduduknya. menyuplai seperti pembangkit listrik, usaha komersial, dan industri. Bisnis PGAS adalah mendapatkan keuntungan dari konsumen dari penjualan gas.
untuk bisnis transmisi gas bumi PGAS memiliki jalur p…

Chart pattern IHSG update november 2015

Image
Analisa IHSG. IHSG bila kita lihat dengan timefame yang agak panjang (5 tahun) kita bisa melihat perubahan trend IHSG dari bullish ke bearish saat IHSG membuat lower low di level 4033 pada tanggal 29 september kemarin. dari sudut pandang tehnikal kami IHSG akan membentuk pattern yang mengerikan jika tidak bisa membuat "higher high". IHSG berpeluang besar membentuk pattern head and shoulders. 
Pahami baik-baik chart strukture-trends di gambar berikut :
Dengan sekilas saja kita bisa melihat bahwa trends bullish IHSG sudah berakhir saat IHSG membuat lower low di 4033. rebound IHSG sekarang hanyalah pantulan untuk membuat lower high dalam sebuah fase downtrend. setelah lower high terbentuk sempurna maka potensi koreksi lanjutan untuk membuat lower low akan sangat menakutkan. 
Estimasi kami target rebound IHSG (lower high) kisaran fibo 50%-61.8% di area 4700-5000 (area level psikologis), Dan jika IHSG gagal melanjutkan penguatan untuk membuat HIGHER HIGH  maka ihsg  berpeluang be…

SSIA MACD divergence positif

Image
Saham SSIA MACD divergence positif di timeframe 10 mnt. Ada potensi membentuk  Pattern double bottom dengan target di area 775.

Analisa saham HMSP, berpotensi masuk MSCI indek indonesia

Image
Analisa saham HMSP. saham HMSP bergerak naik secara signifikan dalam beberapa hari terakhir. kenaikan saham HMSP terkait isu akan dimasukannya saham HMSP kedalam MSCI indonesia indeks. MSCI indek adalah tolok ukur investor dunia investor dunia.

Berikut analisa saham HMSP secara tehnikal


Secara TA pergerakan harga saham HMSP sudah berada dipuncak area over bought. kenaikan saham HMSP akan sangat terbatas karena ada resisten trendline di area level psikologi 100.000,- MACD juga kena garis resisten di area overbought. rewardnya sangat kecil kalau dalam posisi sekarang. 
Trading plan : Buy 96000, Target price 101000. Cutloss 92250.
Baca juga artikel sebelumnya tentang analisa saham WSKT

Gabung group analisa saham free 
GROUP WHATSAPP089646524973
BBM 51E93141
lINE ID rikosi0511