Analisa prospek saham CPGT

Analisa saham CPGT. PT.Cipaganti citra graha Tbk adalah salah satu saham yang bergerak dalam bidang jasa meliputi jasa perdagangan , transportasi ,pertambangan ,perindustrian,dan perbengkelan yang sudah tersebar di seluruh wilayah indonesia. Kegiatan usaha dimulai pada 1984 melalui usaha jual beli mobil bekas. Usaha mulai berkembang akhirnya Pada tahun 1994 berdirilah perusahaan PT.Cipaganti citra graha Tbk. Perusahaan sekarang memiliki berbagai macam kegiatan usaha yaitu unit usaha rental kendaraan, Unit usaha shuttle and travel, unit usaha paket wisata,unit usaha jasa kurir dan argo, unit usaha taksi,Unit usaha kontraktor pertambangan dan penyewaan alat berat. Saat ini kegiatan utama usaha CPGT adalah dibidang jasa transportasi dan penyewaan alat berat. Beberapa bulan lalu saham CPGT mengalami penunurunan tajam bahkan pernah menyentuh level 51. kasus tersebut adalah karena direksi CPGT ditahan karena kasus penipuan koperasi CPGT. oke, coba kita abaikan kasus itu karena walaupun bos nya ditahan perusahaannya kan juga tetap jalan jadi sebaiknya coba kita lebih melihat nilai perusahaan CPGT.
Perusahaan lebih fokus pada usaha jasa transportasi sehingga yang akan menjadi beban usaha saham CPGT adalah gaji karyawan, bahan bakar minyak, perawatan kendaraan,dan pelemahan rupiah. Sehingga pertumbuhan perusahaan dimasa depan akan sangat rawan terhadap perubahan ekonomi.

Prospek CPGT 
Industri transportasi di indonesia bisa dibilang cukup bagus mengingat indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk yang lumayan besar. Namun bisnis CPGT rawan dengan persaingan bisnis, karena banyak perusahaan baru yang mulai bermunculan sehingga pangsa pasar bisnis CPGT gampang direbut lawan bisnis nya. Selain itu laba perusahaan rawan penyusutan dari jasa transportassi atau alat berat yang disewakan. Dari bisnis penyewaan alat berat CPGT sendiri juga menurut penulis memiliki prospek yang kurang bagus. selain biaya perawatan yang besar juga bisnis tersebut tergantung dari kontrak kerja sama dengan  penyewa. Jika tidak ada penyewa yang masuk maka bisnis tersebut tidak menghasilkan cashflow.

Kinerja keuangan dan valuasi saham CPGT


  • selama tiga tahun terakhir ROE perusahaan selalu menurun, pada tahun 2011 ROE perusahaan adalah sebesar 15.90% kemudian pada tahun 2012 hanya 12.74%. ROE perusahaan terbilang sangat kecil.
  • Selama tahun 2011-2013 Laba bersih perusahaan naik sebesar 83.85% atau dengan CAGR sebesar 28.3%
  • Ekuitas perusahaan meningkat 129.4% sejak tahun 2011-2013
  • Ditahun yang sama liabilitas perusahaan turun sebesar 14%.
  • Pada harga sekarang saham CPGT dihargai dengan P/E sebesar 4.5 dan PBV 0.6. 
Secara keseluruhan kinerja keuangan perusahaan bisa dibilang cukup bagus. 2 tahun terakhir perusahaan masih mampu mencetak pertumbuhan laba bersih walaupun pada semester 1 tahun 2014 ini perusahaan memiliki DER cukup besar yaitu sebesar 104%. Dari sisi valuasi pun saham CPGT sekarang dihargai dengan valuasi yang sangat murah karena adanya kasus yang menimpa direksi CPGT. kasus tersebut menunjukan kepada publik kinerja management yang tidak bisa dipercaya sehingga saham CPGT dihargai market dengan valuasi sangat murah. Info terbaru tentang saham CPGT adalah adanya rencana penambaham modal atau right issue tanpa HMETD dengan mengeluarkan saham baru sebanyak 361.111.100, Harga right issue adalah 107. Itu artinya kepemilikan saham publik akan terdilusi menjadi 35.26% dari 38.81%. kemudian kepemilikan tera investment Ltd yang mengakuisisi CPGT terdilusi menjadi 43.63% dari sebelumnya 47.99%.
Penulis sendiri sebenarnya tidak begitu menyukai perusahaan yang sering melakukan right issue untuk penambahan modal karena jelas aksi tersebut secara tidak langsung merugikan pemegang saham. 

Comments

Popular posts from this blog

Member premium Rikopedia research

Analisa fundamental tehnikal saham KBLI