Join membership Rikopedia disini
Portofolio Rikopedia disini

Analisa valuasi saham konstruksi

Saham sektor konstruksi dalam beberapa minggu ini mengalami tekanan lumayan besar karena banyak sentimen negatif dalam negeri seperti akan adanya kenaikan bbm, Rupiah yang terus melemah menembus level 12000 dan isu RUU pilkada oleh DPR terus membayangi penurunan market. secara trend sendiri IHSG bergerak dalam fase bearish karena market sendiri tentunya sudah bullish sejak awal tahun jadi menurut saya wajar kalau IHSG sekarang mengalami fase koreksi atau bearish Karena banyak investor yang akan merealisasikan profitnya. Namun secara fundamental ekonomi indonesia kuat jadi kalaupun koreksi tidak akan jatuh dalam seperti tahun kemarin. prediksi saya fase koreksi hanya akan ke area 5050-4850 setelah itu akan membuat new high lagi. Sebagai investor kita bisa punya kesempatan mulai akumulasi saham-saham yang berfundamental bagus yang sudah terdiskon banyak diarea range koreksi diatas. Karena dalam jangka panjang IHSG masih bisa menuju angka 6000. Namun kedepannya tentunya akan banyak tantangan tapi selama bisa memilih saham-saham yang punya fundamental bagus tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Disini saya ingin membahas saham-saham sektor konstruksi karena kemarin saya sudah membahas saham sektor properti disini .

Saham konstruksi

Saham wijaya karya tbk (wika.jk) salah satu saham sektor konstruksi yang punya ekspansi bisnis yang bagus dan banyak kontrak yang diterima wika, antara lain WIKA sudah meneken kontrak dengan noble twin dragon Ltd (perusahaan singapura) untuk membangun pyay tower & residence di myanmar dengan value 270 juta usd. walaupun secara fundamental saham WIKA bagus namun ada beberapa hal yang harus diketahui oleh investor tentang rencana right issue yang akan dilakukan wika ditahun 2016 sebesar 2T atau 10% yang digunakan untuk modal kerja dan refinancing pinjaman. menurut saya dampaknya tidak akan terlalu besar seperti Right issue yang dilakukan BWPT. Karena rencana itu masih lama dan masih dalam proses penjajakan dengan para pemegang saham jadi tidak perlu dirisaukan. saham wika memiliki enam entitas anak yaitu WIKA beton, WIKA reality,WIKA gedung,WIKA industri dan kontruksi, WIKA rekayasa konstruksi dan  PT sarana karya. kegiatan usaha perseroan antara lain konstruksi,mekanikal elektrikal,industri,real estate, dan pertambangan.

Wika memiliki arus kas yang sehat dan pertumbuhan yang konsisten selama 5 tahun terakhir. 
Pertumbuhan atau CAGR laba bersih wika sejak  tahun 2009-2013 adalah sebesar 15.88%. dan ekuitas yang senantiasa selalu bertumbuh dengan CAGR sebesar 19.41%. Berikut data keseluruhan pertumbuhan saham wika 5 tahun terakhir 
Analisa valuasi saham konstruksi
Rasio total liabilitas/ekuitas yang selalu stabil di angka 0.74 menunjukan perusahaan sangat hati-hati dalam mengelola liabilitasnya. Dari aspek keuangan sendiri saham WIKA siap mendanai setiap proyek yang didapat baik dengan modal sendiri maupun dengan modal yang didapat dengan rasio leverage atau net gearing rasio sebesar 0.41% sehingga perseroan masih akan mampu mendanai setiap proyek-proyek besarnya.
oke sekarang kita hitung fair value saham WIKA dengan metode discount cash flow (DCF)  EPS ttm sebesar 93.33, dividen sebesar 27.87,CAGR sebesar 31.77 dengan tingkat diskon sebesar 20% (konservatif), asumsi dividen payout sebesar 20% dan asumsi P/E sebesar 20 maka harga wajar saham wika 5 tahun kedepan adalah sebagai berikut:
Analisa valuasi saham konstruksi

Jadi pada harga 2625 saham WIKA sebenarnya sudah dihargai dibawah harga wajarnya dengan margin of safety sebesar 45.97%.

Saham Adhi karya Tbk (ADHI.JK)

Salah satu saham konstruksi BUMN yang memiliki fundamental sangat bagus. dengan kontrak proyek yang sangat besar. hal yang istimewa dari saham ADHI adalah selain perusahaan milik BUMN yang tentunya akan mendapat banyak tender dari pemerintah saham ADHI juga memiliki fundamental keuangan yang kuat.pemerintah RI sebagai pemegang saham mayoritas sebesar 51% tentunya mengharapkan pertumbuhan perusahaan yang bagus dimasa depan, saham ADHI sangat bagus hal tersebut terlihat dari aksi perusahaan yang terus melakukan buyback (pembelian saham) yang dilakukan sejak tahun 2009. untuk sektor usaha perusahaan pun hampir sama dengan WIKA.
Secara keuangan saham adhi memiliki rasio keuangan yang cukup sehat dan bagus salah satunya Ditahun 2013 kemarin perusahaan memiliki ROE sebesar 34.6% secara saham memiliki DER sebesar 110% menurut saya itu juga sangat wajar mengingat proyek perusahaan yang semakin banyak tentunya membutuhkan pembiayaan yang semakin besar. sehingga akan meningkat laba bersih perusahaan dimasa yang akan datang. 

Secara valuasi saham ADHI pada harga sekarang 2735 memiliki P/E sebesar 12.571 dan PBV sebesar 3.3 lebih murah dibandingkan saham satu sektornya seperti WIKA Yang memiliki valuasi P/E Sebesar 29.08 dan PBV 3.9. walaupun secara dari segi hutang lebih besar ADHI namun secara kualitas hampir sama. apabila P/E saham ADHI disamakan dengan WIKA maka harga saham ADHI sekarang dengan EPS ttm 220 maka harga saham ADHI seharusnya 6380, fantastis bukan.tapi menurut saya market sekarang salah dalam menilai harga saham ADHI sekarang. 

mari kita hitung harga wajar saham ADHI secara konservatif dengan metode discount cashflow (DCF) pada harga sekarang 2720
Dengan EPS ttm sebesar 220.639, dividen perlembar saham sebesar 67.613, dan CAGR sebesar 20% (konservatif) , tingkat diskon yang kita inginkan adalah sebesar 20% dengan proyeksi P/E yang hanya 15 dengan rasio rata-rata dividen payout yang hanya 10% maka harga wajar saham ADHI 5 tahun kedepan adalah sebagai berikut:

Analisa valuasi saham konstruksi
Jadi saham ADHI untuk tahun ini pada harga sekarang 2720 memiliki margin of safety sebesar 24.59%.
Semoga analisa valuasi saham konstruksi hari ini bermanfaat.Untuk cek analisa saham harian secara tehnikal bisa lihat disini.

Disclaimer on.






Postingan terkait: