Join membership Rikopedia klik disini
Portofolio dan testimoni klik disini

Analisa saham SMGR

Analisa saham SMGR (PT.semen indonesia Tbk) akan melakukan banyak ekspansi tahun depan. Dan direncanakan akhir tahun 2014 perusahaan akan mengambil utang sebesar 1 hingga 2 trilliun. Hutang tersebut akan digunakan untuk CAPEX atau belanja modal dengan anggaran 5 triliun rupiah. Ada dua opsi untuk mendapatkan dana tambahan tersebut yaitu dengan meminjam hutang di bank lokal atau menerbitkan obligasi.
Selama ini kita ketahui kalau DER saham SMGR selalu dibawah 1 kali. Apabila perusahaan melakukan peminjaman hutang atau menerbitkan obligasi maka perkiraaan DER perusahaan akan diatas 1 kali. Namun management SMGR  menargetkan DER perusahaan dibawah 1,5.  Hutang tersebut digunakan perusahaan untuk melakukan ekspansi yaitu pembangunan pabrik baru di indarung  dan rembang.  Dan direncanakan pabrik yang indarung selesai akhir tahun 2015 dan dirembang tahun 2016. Selain itu perusahaan juga berencana melakukan ekspansi dengan penambahan dua pabrik grinding plant atau pengggilingan semen dengan total nilai investasi sebesar Rp.500 miliar sampai Rp.1 triliun. Sisa 500 miliar akan digunakan untuk perbaikan transportasi dan distribusi, dan sisanya untuk environment. Selain itu perusahaan berencana mengkaji pembangunan pabrik diwilayah timur papua dengan kapasitas 1 juta ton/tahun mengingat permintaan di indonesia timur yang tidak terlalu besar.
Walaupun perusahaan sedang giat-giatnya melakukan ekspansi, namun manajemen perusahaan SMGR cenderung konservatif dalam memprediksi growth perusahaan ditahun depan. Mengingat pertumbuhan penjualan semen dikuartal 3 tahun 2014 hanya tumbuh sebesar 3.3%.

Analisa prospek saham SMGR.
Menurut penulis walaupun SMGR akan menambah hutang perusahaan hingga DER diatas 1, hal itu tidak akan begitu mengganggu kinerja keuangan perusahaan.Karena hutang perusahaan tersebut digunakan untuk ekspansi bisnis yaitu penambahan pabrik baru. Sehingga kedepannya kapasitas produksi meningkat. Ekspansi perusahaan menunjukan perusahaan adalah salah satu perusahaan yang bertumbuh. Di indonesia sendiri industri semen memiliki prospek yang sangat bagus. Walaupun dalam jangka pendek kinerja keuangan akan terbebani beban usaha  yang meningkat, hal tersebut akan tertutupi jika pabrik baru sudah beroperasi dan mampu menghasilkan cashflow pada perusahaan. Tantangan kedepan adalah perusahaan harus mampu meningkatkan pertumbuhan penjualan semen untuk mengimbangi kapasitas produksi yang meningkat.
Artikel terkait: Analisa saham SMBR
Valuasi saham SMGR
Pada harga sekarang perusahaan memiliki P/E sebesar 16.6 dan PBV sebesar 4.10. 

Postingan terkait: