Join membership Rikopedia disini
Testimoni member disini

cara memulai invetasi saham untuk pemula

Karena banyaknya pertanyaan yang masuk kepada penulis tentang bagaimana cara berinvetasi saham maka dibawah ini penulis membuat artikel cara berinvestasi saham supaya bisa membantu para pemula memulai investasi saham. Apa sih saham itu?? Saham adalah salah satu surat berharga bukti kepemilikan anda dari suatu badan usaha. Jika anda memiliki atau membeli sebagaian saham dari suatu perusahaan hal tersebut berarti atau bermakna anda sebenarnya ikut serta memiliki perusahaan tersebut dan tentu saja anda memiliki klaim atas perusahaan tersebut baik penghasilan atau kekayaan perusahaan yang anda beli sahamnya.


Anda bisa membeli saham-saham perusahaan besar seperti  astra, saham unilever, Indofood, kimia farma dan lain sebagainya.  
Apa keuntungan membeli saham? Dengan membeli saham anda akan memperoleh bagian dari keuntungan perusahaan yang dibagikan pemegang saham atau nama lainnya adalah dividen. Selain memperoleh dividen anda juga bisa mendapatkan capital gain dari saham yang anda beli. Di indonesia istilah saham masih cukup tabu bagi kebanyakan orang, masih banyak yang ragu dalam berinvestasi saham. Banyak yang bingung bagaimana cara investasi saham di bursa. Menurut sebagian orang invetasi saham itu terlalu beresiko sehingga banyak orang yang memilih menolak berinvestasi saham. Dari beberapa teman penulis banyak yang tidak tidak tahu bagaimana cara berinvestasi saham.  Sebenernya investasi saham tidak lah beresiko dengan berinvestasi saham anda bisa melipat gandakan uang anda jika anda memahami  ilmunya. Ilmu yang penulis maksud adalah ilmu tehnikal analisis dan fundamental analisis. Pahami 2 metode ilmu diatas maka anda akan berhasil dalam investasi atau trading saham. 


Cara memulai investasi saham

  1. Anda harus mencari sekuritas yang bagus. Seperti BNI sekuritas, mandiri sekuritas (penulis sendiri memakai BNI sekuritas untuk trading) 
  2. Buka RDI (rekening dana investor). 
  3. Setor dana ke RDI. Setoran minimum beberapa sekuritas berbeda-beda. Ada sekuritas yang memiliki setoran minimum Cuma Rp. 100000,- (jika anda kesulitan dalam membuka RDI atau masih bingung tentang RDI anda bisa menghubungi penulis karena penulis punya beberapa teman marketing sekuritas yang siap membantu anda membuatkan RDI dan membuatkan account OLT )
  4. Setelah RDI dan account anda jadi, anda bisa melakukan  transaksi melalui software online trading yang disediakan sekuritas atau melalui jasa broker.


 
 

Postingan terkait: