Langsung ke konten utama

Analisa fundamental saham PGAS yang wajib diketahui investor

Analisa saham PGAS. PT.perusahaan gas negara (persero tbk) adalah salah satu perusahaan milik BUMN yang bergerak dalam bisnis transmisi dan distribusi gas bumi.Dulunya perusahaan gas di indonesia dipegang oleh perusahaan gas swasta milik belanda yaitu I.J.N. Eindhoven & Co, yang didirikan pada tahun 1859. perusahaan ini adalah yang pertama kali memperkenalkan batu bara dan gas kota yang ada di wilayah indonesia. kemudian setelah indonesia merdeka, pada tahun 1958 I.J.N. Eindhoven & Co dinasionalisasi dan diubah menjadi PN gas. pada tahun 1965 berubah nama menjadi perusahaan gas negara.
Bisnis PGAS antara lain :


  1. Distribusi gas bumi.
  2. Transmisi gas bumi.
PGAS menjalankan jalur pipa distribusi gas sepanjang 3750 km. menyuplai gas ke seluruh wilayah indonesia terutama yang padat penduduknya. menyuplai seperti pembangkit listrik, usaha komersial, dan industri. Bisnis PGAS adalah mendapatkan keuntungan dari konsumen dari penjualan gas.

untuk bisnis transmisi gas bumi PGAS memiliki jalur pipa bertekanan tinggi dengan panjang 2160 Km. yang mengirimkan gas bumi dari sumbernya ke stasiun-stasiun penerima pembeli.

Bisnis PGAS simplenya adalah melakukan distribusi gas kepada konsumen. Gas yang diproduski PGAS sekarang adalah gas alam. Bisnis PGAS kedepan sangatlah bagus karena di era pemerintahan presiden jokowi, pemerintah  memiliki program untuk mengoptimalkan penggunaan energi gas untuk mengurangi ketergantungan terhadap minyak sehingga mengurangi beban pemerintah dalam hal subsidi dan impor bahan bakar.   PGAS mendukung penuh program pengoptimalan energi ini. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir ini, PGAS berinvestasi besar besaran untuk membawa manfaat gas alam ke basis pelanggan yang lebih luas, mulai dari pembangkit tenaga listrik, industri dan komersial, konsumen rumah tangga hingga sektor transportasi.


PGAS juga akan ikut serta dalam program percepatan infrastruktur Pemerintah RI dengan ikut serta langsung dalam perluasan kapasitas pembangkit tenaga listrik. Selain menyuplai gas untuk sektor listrik, PGN, jika memungkinkan, juga akan turut berkiprah di sektor pembangkit tenaga listrik melalui entitas anak hilirnya, GEI. jadi tidak perlu diragukan lagi prospek PGAS kedepan bisa dibilang sangat bagus. selain itu PGAS juga memiliki track record yang bagus.sejak tahun 2006 sampai dengan tahun 2014 PGAS konsisten mencetak rata-rata ROE sebesar 30%.


Namun pada tahun 2015 kinerja saham PGAS menurun. terlihat dari harga saham yang turun lebih dari 60% pada tahun ini. 

 Analisa fundamental saham PGAS yang wajib diketahui investor
 Analisa fundamental saham PGAS yang wajib diketahui investor

Pada 9M 2015 PGAS PGAS mencatat penurunan pendapatan pada 9M15 sebesar 10,7% YoY menjadi USD2,1miliar (pendapatan pada 3Q15 turun 6,1% YoY namun naik 0,4% QoQ). Penurunan pendapatan disebabkan oleh penurunan volume penjualan gas menjadi 789MMSCFD (juta kaki kubik per hari) pada 9M15 dibandingkan 859 MMSCFD pada 9M14. Penurunan volume penjualan ini karena melemahnya ekonomi global yang menyebabkan ekspor gas menurun.Kesimpulannya penyebab kinerja PGAS tidak maksimal adalah lebih karena faktor eksternal yaitu melemahnya perekonomian global dan dalam negeri.

Strategy for expansion PGAS

Sebagai distributor gas, PGAS aktif mencari pasokan gas baru, terutama yang berada di dekat lokasi infrastruktur yang sudah ada. Hal itu akan meningkatkan efisiensi karena penggunaan infrastruktur akan lebih optimal. Berdasarkan data dari Kementrian Perindustrian, Republik Indonesia dan PLN, potensi permintaan gas alam Indonesia mencapai 3.835 MMSCFD.


Murah atau mahalkah harga saham PGAS sekarang? 
Pada harga sekarang PGAS diharga dengan P/E ttm 10.70. dan PBV sebesar 1.65. dengan kapitalisasi market sebesar 65.4T. menurut penulis harga saham PGAS sekarang bisa dibilang murah karena apa PGAS adalah salah satu saham BUMN dengan fundamental dan prospek yang sangat bagus.Karena salah satu market leader yang menguasai distribusi dan transmisi gas terbesar di indonesia dan bisnisnya tentu akan didukung penuh oleh pemerintah. saat harga komoditas membaik, serta ekonomi global dan nasional membaik maka permintaan gas dalam negeri maupun luar negeri juga akan meningkat tentunya akan berdampak pada volume penjualan dan pendapatan PGAS juga akan meningkat, maka harga saham PGAS akan kembali dihargai dengan P/E yang tinggi lagi. Harga saham PGAS pernah di hargai tinggi dengan P/E 17.49. 

Join group Rikopedia research
WA 089646524973
BBM 51E93141
lINE ID rikosi0511











Postingan populer dari blog ini

Membership Rikopedia

Selamat datang di halaman registrasi membership Rikopedia. Dengan join membership anda akan dapat panduan trading saham lewat group WhatsApp. Dibimbing langsung Rikopedia yang sudah mendalami trading saham sejak tahun 2008.    Kinerja Portofolio Rikopedia dan testimoni member klik  di sini Fasilitas membership detailnya sebagai berikut : Update saham yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia .  Hanya fokus trading 3-4 saham Analisa saham secara teknikal, fundamental & analisa makro. Update news, Sentimen, Trading plan, Money & risk management. Konsultasi portofolio saham. Strategy trading diulas dengan detail di group WhatsApp. Biaya join membership Rp.500,000/Bulan. Bagi anda yang berminat join membership dapat melakukan transfer ke rekening di bawah ini: 1. Bank Mandiri 1440013474108 Rikosiwi sandi Saputro. 2. Bank BCA 7915239226 Rikosiwi sandi Saputro. Membership akan terhitung dari mulai tanggal konfirmasi pembayaran diterima dan aktifasi pertama kal

Portofolio Rikopedia dan Testimoni Member

Screenshot salah satu portofolio Rikopedia dengan modal awal 500 juta Kinerja Tahun 2018 Kinerja Tahun 2019 Januari February Maret April Mei Juni July  Agustus  September Oktober November  Desember Kinerja Tahun 2020 Tanggal 11 Mei akumulasi BBRI 2250 lot harga 2630 Trading SCMA 27-28 Mei 2020  Tanggal 4 Juni 2020 profit 36 juta dari BBNI Profit 68 Juta dari saham BBNI Profit 37 juta dari saham ELSA Profit 40 juta tanggal 19 Juni 2020  Profit 61 Juta tanggal 3 July 2020                                      Tanggal 19 Oktober 2020 Rikopedia beli BSDE 18361 lot November 2020 Desember 2020 Kinerja Tahun 2021 Januari 2021 Trading ELSA 27 Januari 2021 Bulan February profit 268 juta Bulan Maret minus 5 juta PTBA profit 123 juta BBTN profit 65 juta                                                         Porto