JOIN MEMBER PREMIUM SILAHKAN MASUK DISINI

Mindset seorang trader profesional

Mindset trading yang benar sangat pentng sebelum anda mempelajari lebih mendalam dunia trading atau belajar analisa tehnikal . Mindset trading yang salah akan membuat tindakan yang kita lakukan juga salah. Sebelum anda mulai belajar analisa tehnikal sebaiknya anda belajar mengubah mindset trading anda dulu. Berikut hal-hal yang harus anda pelajari tentang mindset trading.

Mindset seorang trader saham profesional

1. Fokus pada proses jangan pada hasil 

Trader profesional fokus trading mereka bukanlah uang tapi pada transaksi yang sebaik mungkin.Jika kita sudah melakukan transaksi sebaik mungkin maka uang akan mengikuti kita dengan sendirinya. Banyak trader yang fokus pada hasil akhirnya prosesnya tidak maksimal.  warren  buffet pernah mengatakan : " Tidak ada pekerjaan di dunia ini yang lebih menyenangkan darpada mengelola perusahaan berkshire , Dan saya menganggap diri saya beruntung karena saya berada di tempat saat ini". Ia melanjutkan: " Uang adalah produk sampingan dari melakukan sesuatu yang menjadi keahlian saya."

Selama ini kebanyakan trader atau investor melakukan kesalahan dalam aktifitas transaksi mereka. Merika tidak menikmati proses untuk melakukan transaksi, Tetapi mereka mengatakan mengatakan bahwa mereka "Mencari uang". Kesalahan itu terjadi ketika kita berfokus untuk mencari uang. Kalau uang itu saya ibaratkan sebagai makhluk hidup yang bergerak , Tentu uang itu akan terus berlari dan bersembunyi karena nafsu dan keinginan kita yang terlalu besar. Trader dan investor ahli mempunyai pemikiran yang sama :Uang bukan lagi tujuan utama mereka, mereka sudah memiliki keahlian. Pasar adalah laboratorium untuk menguji keterampilan mereka bisa bekerja 20 jam sehari. Fokus mereka adalah menciptakan sebuah istana (rekening account ) seindah mungkin.

Trader atau investor ahli adalah orang-orang yang melepaskan fokus untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang mereka dapatkan adalah konsekuensi dari pekerjaan yang mereka lakukan dengan baik.

2. Jangan jadi peramal dimarket.

"Pendekatan saya berhasil bukan karena prediksi yang valid, Tetapi karena saya bersedia untuk memperbaiki yang salah" George soros

Percaya pada prediksi adalah sebuah langkah mematikan yang membuat kita merugi dipasar. Prediksi adalah gambaran rencana arah pasar. Kunci utama agar kita tetap berada dipasar adalah dengan tidak mempercayai prediksi. Sehebat apapun prediksi itu, Kita harus mampu melepasnya ketika kondisi tidak relevan, william eckhardt berkata, "Jangan berpikir tentang apa yang pasar akan lakukan, anda sama sekali tidak mempunyai kontrol terhadapnya. Berpikirlah tentang apa yang akan anda lakukan jika anda berada disana. kebanyakan orang mengalami kerugian karena "selalu memikirkan apa yang pasar ingin lakukan." Dengan kata lain, Mereka sibuk memprediksi ke mana pasar akan bergerak. Seorang trader atau investor ahli bukan prediktor yang hebat, Mereka tidak lebih daripada anda  atau saya dalam hal memprediksi arah pasar kedepan. Bedanya , mereka akan adalah trader atau investor yang mau melepaskan ego mereka ketika mereka salah dalam memprediksi dan bersedia mengikuti keinginan pasar.
Fokus bagaimana melakukan antisipasi bukan fokus tentan ramalan atau prediksi.

3. Sesuatu yang simple semakin powerful

Semakin rumit analisa tehnikal yang anda pakai semakin tidak efektif. buat sesuatu yang rumit menjadi simple. saya sendiri dalam melakukan analisa tehnikal tidak menggunakan terlalu banyak indikator. saya berusaha membuat simple analisa yang saya pakai. karena saya sudah memahami dasar dari indikator-indiktor tersebut. dalam analisa tehnikal saya lebih fokus bagaimana membaca trend, support-resisten, price action dan probabilitas pergerakan harga. semakin banyak indikator yang di pakai akan membuat bingung pelaku pasar. buat semuanya jadi simple. pahami dasar-dasar dari indikator tersebut.

4.Untuk sukses anda memerlukan waktu

Tidak ada yang instan di bursa saham entah itu trading atau investasi. semua butuh proses menunggu. warrent buffet dan LKH butuh beberapa dekade untuk bisa jadi super kaya seperti sekarang. artinya semua butuh proses menunggu. tidak ada yang instan. harus menunggu timing yang tepat kapan entry, kapan harus menjual posisi. Banyak trader pemula yang terlalu buru-buru dan tidak sabar terhadap prosesnya akhirnya hasilnya nyangkut, loss dll..

" Jangan bergerak kecuali anda melihat adanya keuntungan, jangan menggunakan pasukan kecuali ada yang ingin dikalahkan, Dan jangan bertempur kecuali dalam posisi kritis" SUN TZU

Dapatkan update analisa kami dengan join member premium disini 
Channel telegram disini
Facebook fanpage rikopedia disini



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mindset seorang trader profesional"

Post a Comment