Langsung ke konten utama

Strategi terbaik menghadapi market bearish

IHSG masuk fase bearish sejak bulan maret 2018. Banyak saham-saham yang mengalami penurunan tajam terutama saham big cap. IHSG masuk fase bearish di sebabkan banyak faktor makro ekonomi antara lain kenaikan fed rate, Trade war, pelemahan rupiah dll. Banyak bad news keluar di bulan maret 2018 yang menyebabkan IHSG drop dan masuk fase bearish atau pasar beruang. Jadi bagaimana solusinya? Dan strategi apa yang harus dipakai saat market bearish??
Strategi terbaik menghadapi market bearish

Apakah saya harus hold atau menjual saham yang pegang? Sebagian besar trader yang tidak siap cutloss biasanya akan memilih hold saham yang nyangkut saat mayor bear market. Banyak trader yang percaya bahwa harga saham yang mereka hold akan segera pulih. Tapi percaya atau tidak akan banyak sekali kepanikan saat market ternyata terus turun dan akhirnya banyak trader yang menjual pada harga yang salah. 

Strategi terbaik seorang trader menghadapi market bearish adalah stay away / menjauh. Karena saat market bearish akan banyak sekali sinyal buy yang false.  Peluang kita untuk win saat market bearish lebih kecil, Peluang untuk kalah lebih besar. Strategi yang biasanya saya pakai adalah saya menunggu ritme yang tepat . Saya menunggu dengan sabar untuk kesempatan yang tepat sambil menjaga dana dalam portofolio saya.. Ketika peluang itu muncul dengan peluang kerugian paling kecil, saya siap menyerang. Kesabaran adalah kuncinya. Berdagang dengan mudah adalah tujuan dalam trading
Hindari perdagangan yang membuat stress. Jika trading anda masih membuat stress ada kesalahan dalam timing yang anda ambil dan mungkin anda menggunakan alokasi dana terlalu besar. 

Supaya anda bisa trading dengan mudah, Anda harus belajar menunggu dengan sabar sampai angin ada di belakang Anda. Jika Anda sedang berlayar saat cuaca sedang buruk or saat tidak ada angin yang mendorong layar kapal anda akan duduk mengambang di air sepanjang hari menunggu angin menjemput. Mengapa tidak menunggu hari yang cerah untuk berlayar? 

Alasan simple lain kenapa anda harus menjauh saat market bearish adalah logika aritmatika sekolah dasar.  Jika Anda rugi 50% , Anda harus menggandakan uang Anda untuk mendapatkan profit. " loss 50% saat bearish, Anda harus membuat profit 100% untuk memulihkan kekalahan Anda pada saat bull market ". 

Singkatnya, "menjauh dan menunggu market bearish selesai" mungkin merupakan strategi terbaik Anda dalam menghadapi bear market.

Jika ingin mengetahui dan mengidentifikasi lebih dini market bearish dan market bullish bisa join member premium Rikopedia. dapatkan banyak ide trading melalui group whatsapp yang kami buat khusus member premium. 


Dapatkan update analisa saham dari kami dengan join member premium disini 
Channel telegram disini
Facebook fanpage rikopedia disini


 




Postingan populer dari blog ini

Membership Rikopedia

Selamat datang di halaman registrasi membership Rikopedia. Dengan join membership anda akan dapat panduan trading saham lewat group WhatsApp. Dibimbing langsung Rikopedia yang sudah mendalami trading saham sejak tahun 2008.    Kinerja Portofolio Rikopedia dan testimoni member klik  di sini Fasilitas membership detailnya sebagai berikut : Update saham yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia .  Hanya fokus trading 3-4 saham Analisa saham secara teknikal, fundamental & analisa makro. Update news, Sentimen, Trading plan, Money & risk management. Konsultasi portofolio saham. Strategy trading diulas dengan detail di group WhatsApp. Biaya join membership Rp.500,000/Bulan. Bagi anda yang berminat join membership dapat melakukan transfer ke rekening di bawah ini: 1. Bank Mandiri 1440013474108 Rikosiwi sandi Saputro. 2. Bank BCA 7915239226 Rikosiwi sandi Saputro. Membership akan terhitung dari mulai tanggal konfirmasi pembayaran diterima dan aktifasi pertama kal

Portofolio Rikopedia dan Testimoni Member

Screenshot salah satu portofolio Rikopedia dengan modal awal 500 juta Kinerja Tahun 2018 Kinerja Tahun 2019 Januari February Maret April Mei Juni July  Agustus  September Oktober November  Desember Kinerja Tahun 2020 Tanggal 11 Mei akumulasi BBRI 2250 lot harga 2630 Trading SCMA 27-28 Mei 2020  Tanggal 4 Juni 2020 profit 36 juta dari BBNI Profit 68 Juta dari saham BBNI Profit 37 juta dari saham ELSA Profit 40 juta tanggal 19 Juni 2020  Profit 61 Juta tanggal 3 July 2020                                      Tanggal 19 Oktober 2020 Rikopedia beli BSDE 18361 lot November 2020 Desember 2020 Kinerja Tahun 2021 Januari 2021 Trading ELSA 27 Januari 2021 Bulan February profit 268 juta Bulan Maret minus 5 juta PTBA profit 123 juta BBTN profit 65 juta                                                         Porto