Portofolio Rikopedia klik disini
Cara join membership klik disini

Arah IHSG selanjutnya

IHSG setelah pemilu 17 April 2019 turun tajam dari level 6636 turun ke level 5767 hanya dalam waktu 1 bulan,Banyak saham koreksi tajam. Penurunan IHSG dampak dari beberapa faktor antara lain perang dagang antara AS China, Pelemahan rupiah dampak dari defisit neraca dagang, defisit transaksi berjalan /CAD, kemudian memanasnya situasi politik setelah pilpres. Minggu ini IHSG mulai rebound dan melanjutkan penguatan di atas level psikologis 6000 lagi. Situasi politik dalam negeri yang mulai kondusif menjadi salah satu katalis positif IHSG rebound. Rebound IHSG ini sudah saya prediksi sebelumnya di group premium Rikopedia pada tanggal 16 Mei 2019. Kami memprediksi level rebound IHSG dengan tepat pada tanggal 16 Mei 2019.

Arah pergerakan IHSG setelah pemilu

Bagaimana arah IHSG selanjutnya?

IHSG kedepan akan dibebani sentimen trade war dan perlambatan ekonomi global dampak dari perang dagang. 2 hari yang lalu Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) memprediksi pertumbuhan ekonomi global menjadi 3.2% dari sebelumnya 3.3%.Organisasi yang berbasis di Paris tersebut telah memperingatkan bahwa gangguan perdagangan dapat berdampak pada seluruh ekonomi dunia.

Arah pergerakan IHSG setelah pemilu

Arah pergerakan IHSG setelah pemilu
Arah pergerakan IHSG setelah pemilu
Tantangan lainnya adalah perlambatan ekonomi china. Pertumbuhan ekonomi diprediksi akan terpangkas 1% sebagai dampak dari perang dagang dengan AS (Sumber south china morning post). 
Perhatikan data ekport china di bawah ini yang terus mengalami penurunan,Pertumbuhan ekonomi china juga terus mengalami penurunan. 

Arah pergerakan IHSG setelah pemilu

Perlambatan ekonomi china akan jadi ancaman serius terhadap pertumbuhan ekonomi global dan indonesia. Mengingat China merupakan negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia, tentu perlambatan ekonomi di sana akan membuat perekonomian negara-negara lain ikut berada dalam tekanan.

Dari dalam negeri terpilihnya jokowi dan ma'ruf amin sesuai dengan harapan investor, Terbukti setelah hasil quick count keluar bursa saham langsung gap up. Berjuluk Father of Infrastructure, Jokowi dipercayai akan terus mengeluarkan masterplan infrastrukturnya (misalnya jalan tol, pelabuhan, MRT, LRT, listrik pabrik, dan konektivitas broadband).

Akankah siklus jokowi effect tahun 2014 terulang lagi di tahun 2019??

Analisa teknikal IHSG


Arah IHSG setelah pemilu

IHSG fase bearish, penguatan IHSG estimasi akan tertahan level MA200 kisaran 61xx. Penguatan IHSG minggu ini cenderung teknikal rebound atau penguatan sementara dalam trend turun. Estimasi kami setelah target teknikal rebound tercapai IHSG akan konsolidasi / sideways range 5800-6100. Selama IHSG di bawah MA200 kami masih menggunakan strategy trading hit & run. Jika IHSG kembali masuk fase bullish atau mampu naik di atas MA200 lagi kami akan mempertimbangkan strategy buy & hold. Untuk trading jangka pendek kami memilih saham HOKI WEGE BEST. 


Join member Rikopedia disini 
Testimoni member premium disini  
Channel telegram klik disini
Facebook fanpage klik disini



Postingan terkait: