Portofolio Rikopedia klik disini
Cara join membership klik disini

Menghitung harga wajar saham KINO

PT KINO Indonesia Tbk (kode saham KINO) salah satu perusahaan terkemuka di indonesia yang bergerak dibidang barang-barang kebutuhan konsumen (fast moving consumer goods). Group perseroan mulai beroperasi dari sebuah perusahaan distribusi yaitu PT dutalestari sentratama yang didirikan pada tahun 1991. Perseroan memiliki 5 segmen usaha yaitu

  1. Segmen perawatan dan pemeliharaan tubuh
  2. segmen minuman
  3. segmen makanan
  4. segmen makanan hewan kesayangan 
  5. segmen farmasi
Menghitung valuasi saham KINO

Dari data laporan keuangan kuartal 2 tahun 2019 segmen pemeliharaan dan perawatan tubuh menyumbang 49% dari total penjualan, segmen minuman menyumbang 38%,segmen makan dan makanan hewan menyumbang 8% dan segmen farmasi menyumbang 5% dari total penjualan. 
Kino juga meluncurkan product baru yaitu Sasha – Halal Toothpaste and Lola Remedios yang mulai dipromosikan bulan Feb maret tahun 2019. 

Kinerja KINO

Menghitung valuasi saham KINO

Kuartal 2 tahun 2019 KINO membukukan laba bersih sebesar 365.1 milyar atau naik sebesar 409% dibandingkan kuartal 2 tahun 2018 yang hanya sebesar 71.7 milyar. Revenue perusahaan juga naik sebesar 30.42% secara YoY. Tahun 2019 kinerja KINO lebih baik dibandingkan tahun 2018. 

Valuasi saham KINO

Jika disetahunkan ROE KINO berada diangka 26.57% saat artikel ini ditulis price earning ratio KINO berada diangka 5.54 dan price book value 1.50. Debt to equity ratio KINO juga berada diangka 0.74. 
Dengan ROE diatas 20% harga KINO sekarang bisa dibilang undervalue. Karena rata-rata saham dengan ROE diatas 20% dihargai di atas PBV 2x. 

Harga wajar saham KINO

Dengan kalkulator saham yang saya buat disini kalkulator harga wajar saham saya akan menghitung harga wajar saham KINO dengan asumsi konservatif. 

Menghitung harga wajar saham KINO
Dengan asumsi konservatif harga wajar saham KINO adalah 5078. Harga sekarang saham KINO memiliki margin of safety sebesar 63%.


Follow channel telegram Rikopedia link klik disini









Postingan terkait: