Langsung ke konten utama

Anda trader saham pemula sebaiknya anda baca ini dulu

Tips sukses trading saham. Anda seorang pemula yang baru masuk bursa saham? sebaiknya anda membaca tulisan ini sampai selesai. saya akan berbagi tips penting supaya anda tidak salah jalan dalam membeli saham. Banyak pemula yang gagal dan bangkrut gara-gara membeli saham, saya harap tulisan ini bisa sedikit membantu para pemula yang baru masuk bursa saham supaya terhindar dari kebangkrutan. selama hampir 7 tahun di bursa saham saya mengenal banyak trader dan investor yang jatuh bangun, bahkan ada yang sampai bangkrut. Tips yang akan saya bagikan ini simple dan yang pasti powerfull. Jika  dijalankan dengan baik dan disiplin anda akan terhindar dari kegagalan dan kebangkrutan yang biasa dialami trader pemula atau newbie

Tips penting sebelum anda membeli saham :

1.Sebelum anda membeli saham berinvestasilah di ilmu pengetahuan dulu.

Saham itu sangat kejam bagi trader yang memiliki sedikit pengetahuan.Masuk saham jangan hanya modal nekat. yang ada malah bangkrut. Perbanyak pengetahuan tentang ilmu investasi saham atau ilmu trading saham.Jika pengetahuan anda tentang saham semakin luas kemungkinan anda sukses semakin besar. Perdalam ilmu analisa saham seperti analisa tehnikal, fundamental. Selain itu belajarlah dari orang yang berpengalaman di bursa saham. ikut seminar or baca buku tentang saham. ingat pepatah penting ini " Knowledge is new money "

2.Sebelum membeli saham tentukan tujuan anda.

Banyak pemula yang tidak memiliki tujuan dalam membeli saham. Misal niat awal investasi saham long-term atau jangka panjang tapi ternyata setelah membeli saham baru profit  3% to 5% sudah di jual. Akhirnya profit yang di dapatkan tidak maksimal. niat awal investasi tapi di tengah perjalanan jadi trading. Sebelum membeli saham tentukan tujuan utama anda membeli saham untuk trading or investasi. Karena antara trading dan investasi cara yang digunakan berbeda.

3.Jika anda trader pemula jangan langsung berharap cepat kaya di bursa saham

Jika anda pemula baru masuk saham kemarin sore jangan berharap cepat kaya karena ini akan jadi bumerang buat anda, yang akan menghancurkan anda dalam sekejap. Nikmati prosesnya mulai dari profit 1% seminggu atau 2% sebulan. itu sudah sangat bagus untuk seorang pemula. Kenapa banyak pemula yang bangkrut di saham?? salah satu penyebabnya karena ingin cepat kaya. seorang trader pemula yang memiliki mindset ingin buru-buru dapat profit besar biasanya akan salah mengambil jalan. Kebanyakan akan mengambil jalan pintas yaitu membeli saham-saham gorengan. hasilnya banyak yang bangkrut dari pada untung. Ingat kalau anda adalah trader kemarin sore yang pengalaman atau jam terbangnya masih di bawah 5 tahun jangan coba-coba membeli saham gorengan.

4.Jika anda pemula trading lah di saham-saham yang fundamentalnya bagus

Pilih saham-saham yang fundamentalnya bagus, management nya bagus, punya track record yang bagus, menjual barang yang punya merek terkenal. Baca laporan keuangannya. Hindari membeli perusahaan yang sukanya cuma berhutang, yang suka jual aset, dan punya management yang punya track record yang buruk. Dengan membeli saham yang fundamental nya bagus anda telah mengurangi resiko dalam membeli saham.

5. Hindari saham downtrend, pilih saham uptrend.

Setelah anda melakukan analisa saham dan anda menemukan saham yang fundamentalnya bagus. Anda harus melihat trend saham yang akan anda beli. Hindari trading saham yang trend nya turun pilih saham yang trend naiknya kuat.Belajar menentukan trend lebih detail anda bisa baca disini 

6. Plan your trade, trade your plan

Sebelum membeli saham anda harus menentukan level entry, target price dan level cutloss. setelah membuat plan dengan jelas jalankan trading plan dengan disiplin.

7. Batasi kerugian anda.

Dalam trading saham salah open posisi adalah hal wajar dan manusiawi. Trader atau investor sehebat apapun pasti pernah salah open posisi. Yang terpenting saat anda salah open posisi segera keluar dari posisi anda. ini yang paling penting. pilih saham lain yang lebih baik. Trading batasi kerugian anda maksimal 5% to 10%. Jangan melakukan average down. Kesalahan seorang trader pemula adalah melakukan average down pada posisi yang salah. ini adalah salah satu kesalahan fatal seorang trader. Averaging down = looser average loosers.

8.Gunakan money management yang baik

Bagaimana melakukan money management yang baik? Berikut saya share cara money management yang saya gunakan selama ini :

  1. Jangan tempatkan telur pada satu keranjang. Artinya jangan menempatkan seluruh modal pada satu kali open posisi. karena itu sangat beresiko. Misal anda punya uang 100 juta bagi untuk 10 kali open posisi pada saham yang berbeda. masing-masing open posisi 10 juta. kemudian batasi stoploss masing-masing open posisi maksimal 5% to 10%.
  2. Saat market tidak kondusif  downtrend or bearish sebaiknya keluar dulu (reduce posisi) atau gunakan modal kecil dulu misal 30% or 20% dari total modal. sisanya biarkan cash dulu.
Dan masih banyak lagi cara money management yang baik selanjutnya anda bisa baca-baca di internet. 

Sebenarnya tips-tips nya masih sangat banyak , tapi karena keterbatasan waktu saya akan saya lanjutkan di tulisan berikutnya. Semoga bisa membantu ..

Join member premium klik disini 

Postingan populer dari blog ini

Membership Rikopedia

Selamat datang di halaman Registrasi membership Rikopedia Research. Dengan join membership anda akan mendapatkan update saham pilihan Rikopedia. Bimbingan melihat peluang di pasar saham dari sudut pandang trader dan investor.   Kinerja Portofolio Rikopedia dan testimoni member klik  di sini Fasilitas membership detailnya sebagai berikut : Member akan mendapatkan update saham yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia. Informasi beli dan jual secara spesifik. Analisa saham secara teknikal, fundamental & analisa makro. Update news, Sentimen, Trading plan, Money dan risk management. Member bisa tanya jawab langsung melalui whatsapp. Sharing strategy trading dan investasi saham berdasarkan pengalaman Rikopedia sejak tahun 2008 Biaya join membership Rp.500,000/Bulan. Bagi anda yang berminat join membership dapat melakukan transfer ke rekening di bawah ini: 1. Bank Mandiri 1440013474108 Rikosiwi sandi Saputro. 2. Bank BCA 7915239226 Rikosiwi sandi Saputro. Members

Portofolio Rikopedia dan Testimoni Member

Screenshot salah satu portofolio Rikopedia dengan modal awal 500 juta Kinerja Tahun 2018 Kinerja Tahun 2019 Januari February Maret April Mei Juni July  Agustus  September Oktober November  Desember Kinerja Tahun 2020 Tanggal 11 Mei akumulasi BBRI 2250 lot harga 2630 Trading SCMA 27-28 Mei 2020  Tanggal 4 Juni 2020 profit 36 juta dari BBNI Profit 68 Juta dari saham BBNI Profit 37 juta dari saham ELSA Profit 40 juta tanggal 19 Juni 2020  Profit 61 Juta tanggal 3 July 2020                                      Tanggal 19 Oktober 2020 Rikopedia beli BSDE 18361 lot November 2020 Desember 2020 Kinerja Tahun 2021 Januari 2021 Trading ELSA 27 Januari 2021 Bulan February profit 268 juta Bulan Maret minus 5 juta PTBA profit 123 juta BBTN profit 65 juta                                                         Porto