Langsung ke konten utama

Analisa fundamental saham APLN 2016

Kali ini saya mau memberikan analisa salah satu saham properti yang menurut kami saham tersebut sangat menarik dari sisi valuasi dan fundamental. saham tersebut adalah saham APLN. APLN Salah satu perusahaan properti yang fundamentalnya sangat bagus.. PT.Agung Podomoro Land (IDX: saham APLN) merupakan salah satu konsorsium dari tujuh pengembang properti terkemuka yang sukses membangun delapan proyek prestisius di Jakarta dan Bandung. perusahaan induknya adalah Agung Podomoro Group, telah tampil di bisnis properti selama lebih dari 40 tahun.

Saham APLN selama tahun 2016 stagnan dan cenderuh melemah karena beberapa kasus diantaranya direktur malakukan suap sehingga membuat reputasi perusahaan turun. Tapi setelah direkturnya tersandung kasus tersebut dengan segera bapak Ariesman sudah mengundurkan diri sebagai dirut APLN pada bulan Mei lalu.dan segera di ganti mr.cosmas batubara setelah itu kegiatan perusahaan juga berjalan seperti biasa.

Selain kasus suap  yang menyebabkan saham APLN tertekan  ada kasus lain yang membuat saham APLN tertekan yaitu kasus reklamasi pulau G (bagian proyek pluit city). izin reklamasi belum di keluarkan oleh pemerintah pusat dalam hal ini adalah LHK karena di nilai belum layak.

Bagaimana update kasus reklamasi itu sekarang???

Bulan kemarin muncul berita Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyetujui proyek reklamasi di Teluk Jakarta dilanjutkan. baca beritanya disini . Padahal menteri sebelumnya yaitu bapak rizal ramli mengatakan pembangunan Pulau G yang merupakan bagian dari megaproyek tersebut harua dihentikan lantaran banyak pelanggaran.

Berita terakhir proyek reklamasi tetap akan dilanjutkan karena Ahok mengaku belum mendapatkan surat resmi yang menyatakan proyek reklamasi Pulau G, Teluk Jakarta, bermasalah. baca beritanya disini 

Jika reklamasi dilanjutkan akan jadi sentimen positif untuk saham APLN. Tapi apakah semudah itu melanjutkan reklamasi pulau G???? pembangunan proyek reklamasi menabrak keputusan hukum dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Yang menyatakan pembangunan Pulau G sebagai bagian dari proyek reklamasi Teluk Jakarta harus dihentikan

Tapi sepertinya bapak luhut dan ahok mengabaikan keputusan pengadilan tersebut dan akan tetap memberikan izin untuk melakukan reklamasi. itu skenario saya. next jika reklamasi memang benar akan dilanjutkan bagaimana dengan saham APLN. Di bawah ini akan saya update analisa saham APLN secara fundamental dan tehnikal.

Analisa fundamental saham APLN 2016

APLN ini adalah salah satu perusahaan dengan fundamental yang sangat bagus. sejak tahun 2014 revenue perusahaan selalu bertumbuh dengan CAGR 8.39%. Pada harga sekarang APLN dihargai dengan PER anlz sebesar 9.54 dan PBV 0.62. 
Coba kita bandingkan dengan saham-saham property lainnya. lihat gambar dibawah ini


Jika dibandingkan dengan saham properti lainnya APLN bisa dibilang saham properti dengan valuasi sangat murah. perusahaan property bonafide dan terkenal yang iklannya biasanya muncul di TV tapi harga sahamnya yang dihargai dibawah book value nya.jika kasus reklamasi selesai estimasi APLN akan kembali pada valuasinya minimal dihargai di seharga book value nya yaitu sebesar 462.

Analisa tehnikal saham APLN


Saham APLN fase konsolidasi. estimasi saya jika reklamasi di lanjutkan maka APLN peluang membentuk pattern cup and handle dengan target 430. neckline 330. untuk trader bisa masuk saham APLN saat breakout neckline 330. 

Disclaimer on






Postingan populer dari blog ini

Membership Rikopedia

Selamat datang di halaman Registrasi membership Rikopedia Research. Dengan join membership anda akan mendapatkan update saham pilihan Rikopedia. Bimbingan melihat peluang di pasar saham dari sudut pandang trader dan investor.   Kinerja Portofolio Rikopedia dan testimoni member klik  di sini Fasilitas membership detailnya sebagai berikut : Member akan mendapatkan update saham yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia. Informasi beli dan jual secara spesifik. Analisa saham secara teknikal, fundamental & analisa makro. Update news, Sentimen, Trading plan, Money dan risk management. Member bisa tanya jawab langsung melalui whatsapp. Sharing strategy trading dan investasi saham berdasarkan pengalaman Rikopedia sejak tahun 2008 Biaya join membership Rp.500,000/Bulan. Bagi anda yang berminat join membership dapat melakukan transfer ke rekening di bawah ini: 1. Bank Mandiri 1440013474108 Rikosiwi sandi Saputro. 2. Bank BCA 7915239226 Rikosiwi sandi Saputro. Members

Portofolio Rikopedia dan Testimoni Member

Screenshot salah satu portofolio Rikopedia dengan modal awal 500 juta Kinerja Tahun 2018 Kinerja Tahun 2019 Januari February Maret April Mei Juni July  Agustus  September Oktober November  Desember Kinerja Tahun 2020 Tanggal 11 Mei akumulasi BBRI 2250 lot harga 2630 Trading SCMA 27-28 Mei 2020  Tanggal 4 Juni 2020 profit 36 juta dari BBNI Profit 68 Juta dari saham BBNI Profit 37 juta dari saham ELSA Profit 40 juta tanggal 19 Juni 2020  Profit 61 Juta tanggal 3 July 2020                                      Tanggal 19 Oktober 2020 Rikopedia beli BSDE 18361 lot November 2020 Desember 2020 Kinerja Tahun 2021 Januari 2021 Trading ELSA 27 Januari 2021 Bulan February profit 268 juta Bulan Maret minus 5 juta PTBA profit 123 juta BBTN profit 65 juta                                                         Porto