Langsung ke konten utama

Risk Management Rikopedia

Risk Management Rikopedia
Risk Management Rikopedia

Persiapan yang harus dilakukan seorang trader sebelum melakukan trading antara lain melakukan analisa saham, stock screening, Monitor portofolio, membuat trading plan. Persiapkan dengan matang trading anda. Plan your trade & trade your plan

Bagian paling penting dari trading menentukan timing kapan harus buy, kapan harus sell dan kapan tidak boleh buy. Seperti seorang pembalap tahu kapan harus injak rem, kapan harus injak gas. Jika pembalap injak gas terus bukannya sampai garis finish malah nyungsep di tikungan hehehe..

Pekerjaan penting seorang trader adalah menjaga modal saat kondisi pasar bullish maupun bearish jangan sampai modal tumbuh saat bullish tapi bangkrut saat bearish. Ingat saat anda loss 50% butuh profit 100% untuk balik modal. Fokus menjaga modal. Selain menjaga modal tugas selanjutnya seorang trader adalah melindungi keuntungan yang sudah didapat. Jangan sampai profit berubah menjadi loss. Lindungi profit dengan trailing stop. Tugas ketiga trader adalah mencari profit dengan menjaga resiko sekecil mungkin. Bukan seperti penjudi bisa profit besar tetapi juga bisa loss besar. Tugas trader adalah mencari profit sebesar mungkin dengan resiko sekecil mungkin. 

Risk management bicara tentang mengendalikan resiko dan melindungi modal. Resiko ada banyak macam seperti resiko perusahaan misal bangkrut, Resiko pasar misal pasar global crash, Resiko sektor contohnya sektor consumer sedang lesu karena daya beli rendah. Seorang trader harus bisa mengendalikan resiko. Cara mengendalikan resiko antara lain dengan membeli saham yang memiliki fundamental bagus dan likuid, Trend naiknya kuat dan sektornya sedang booming. Disiplin cut loss jika harga saham tidak berjalan sesuai keinginan, Batasi loss sekecil mungkin dan biarkan profit sebesar mungkin, Jangan average down, buang saham pecundang hold saham pemenang. Kendarai trend naik sampai trend benar-benar habis (Follow the trend till it ends) Jangan all in di satu saham lakukan diversifikasi, Jangan emosi saat trading jika anda mulai serakah dan takut saran berhenti trading dulu,  Anda tidak bisa mengontrol market tapi anda bisa mengontrol diri anda sendiri. Fokus pada kontrol diri dan disiplin. 

Yang harus dipelajari seorang trader antara lain belajar teknikal analisis seperti bagaimana melihat trend, support resistance, chart pattern. Belajar fundamental analisis untuk mengetahui perusahaan yang sehat dan yang sakit supaya bisa menghindari saham yang mau bangkrut, Belajar memahami siklus market dan analisa makro supaya bisa mengetahui sektor yang potensi naik. Seorang trader juga wajib belajar money management seperti position size, Risk reward rasio, Risk capital.

Jika anda tidak bisa melakukan pekerjaan rumah di atas sebaiknya jangan melakukan trading. Masukan uang anda di deposito, obligasi or reksadana. 

Cara join membership Rikopedia di sini Portofolio Rikopedia di sini















 





 







Postingan populer dari blog ini

Membership Rikopedia

Selamat datang di halaman Registrasi membership Rikopedia Research. Dengan join membership anda akan mendapatkan update saham pilihan Rikopedia. Bimbingan melihat peluang di pasar saham dari sudut pandang trader dan investor.   Kinerja Portofolio Rikopedia dan testimoni member klik  di sini Fasilitas membership detailnya sebagai berikut : Member akan mendapatkan update saham yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia. Informasi beli dan jual secara spesifik. Analisa saham secara teknikal, fundamental & analisa makro. Update news, Sentimen, Trading plan, Money dan risk management. Member bisa tanya jawab langsung melalui whatsapp. Sharing strategy trading dan investasi saham berdasarkan pengalaman Rikopedia sejak tahun 2008 Biaya join membership Rp.500,000/Bulan. Bagi anda yang berminat join membership dapat melakukan transfer ke rekening di bawah ini: 1. Bank Mandiri 1440013474108 Rikosiwi sandi Saputro. 2. Bank BCA 7915239226 Rikosiwi sandi Saputro. Members

Portofolio Rikopedia dan Testimoni Member

Screenshot salah satu portofolio Rikopedia dengan modal awal 500 juta Kinerja Tahun 2018 Kinerja Tahun 2019 Januari February Maret April Mei Juni July  Agustus  September Oktober November  Desember Kinerja Tahun 2020 Tanggal 11 Mei akumulasi BBRI 2250 lot harga 2630 Trading SCMA 27-28 Mei 2020  Tanggal 4 Juni 2020 profit 36 juta dari BBNI Profit 68 Juta dari saham BBNI Profit 37 juta dari saham ELSA Profit 40 juta tanggal 19 Juni 2020  Profit 61 Juta tanggal 3 July 2020                                      Tanggal 19 Oktober 2020 Rikopedia beli BSDE 18361 lot November 2020 Desember 2020 Kinerja Tahun 2021 Januari 2021 Trading ELSA 27 Januari 2021 Bulan February profit 268 juta Bulan Maret minus 5 juta PTBA profit 123 juta BBTN profit 65 juta                                                         Porto