Langsung ke konten utama

Pengertian Right Issue Saham Dan Strategy Supaya Profit

 

Right issue saham adalah suatu bentuk penerbitan saham tambahan oleh sebuah perusahaan kepada pemegang saham lama. Dalam right issue, perusahaan menawarkan saham baru dengan harga yang lebih rendah atau bisa juga di atas harga pasar saat ini kepada para pemegang saham lama dengan proporsi tertentu. Perusahaan bisa saja menawarkan saham baru dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar saat ini. Hal ini dapat terjadi jika perusahaan menganggap nilai sahamnya sedang terlalu rendah atau jika tujuan dari right issue adalah untuk memperbaiki struktur modal perusahaan.

Namun, umumnya harga pelaksanaan right issue cenderung lebih rendah daripada harga pasar saat itu, untuk memberikan insentif bagi pemegang saham lama untuk membeli saham baru dan mendukung penerbitan saham baru tersebut. Investor perlu memperhatikan harga pelaksanaan right issue dan membandingkannya dengan harga pasar saham saat itu sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Strategi supaya bisa profit dari right issue saham antara lain:

  1. Memahami tujuan right issue Sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam right issue saham, pastikan untuk memahami tujuan dari right issue tersebut. Tujuan dari right issue bisa bervariasi, seperti untuk mengumpulkan dana segar guna pengembangan usaha atau untuk mengurangi utang perusahaan. Pastikan tujuan tersebut sesuai dengan kebijakan investasi Anda.

  2. Memeriksa harga pelaksanaan Periksa harga pelaksanaan right issue untuk mengetahui apakah harga tersebut cukup murah dibandingkan dengan harga pasar saat ini. Jika harga pelaksanaan relatif rendah, maka bisa menjadi kesempatan untuk memperoleh keuntungan yang besar.

  3. Membeli hak yang cukup Pastikan Anda membeli hak yang cukup untuk membeli saham pada harga pelaksanaan. Jangan membeli hak terlalu sedikit sehingga tidak dapat membeli saham tambahan yang cukup banyak dan jangan membeli hak terlalu banyak sehingga terjadi pemborosan dana.

  4. Jual hak jika tidak ingin membeli saham tambahan Jika tidak ingin membeli saham tambahan, maka hak tersebut dapat dijual ke investor lain. Hal ini dapat memberikan keuntungan bagi investor karena harga hak biasanya akan naik seiring dengan peningkatan harga saham.

  5. Perhatikan jangka waktu dan syarat-syarat lainnya Perhatikan jangka waktu yang ditetapkan untuk melakukan pembelian saham tambahan dan syarat-syarat lainnya yang terkait dengan right issue. Pastikan Anda memahami syarat-syarat tersebut sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam right issue saham.

  6. Diversifikasi portofolio investasi Diversifikasi portofolio investasi sangat penting dalam investasi saham, termasuk dalam right issue saham. Oleh karena itu, pastikan untuk memperhatikan diversifikasi portofolio investasi Anda dengan mengalokasikan sebagian kecil dana ke dalam right issue saham, sementara sebagian besar dana dialokasikan ke dalam saham yang sudah terbukti stabil dan menghasilkan keuntungan yang konsisten.

Perlu diingat bahwa investasi dalam right issue saham tetap memiliki risiko yang terkait, seperti risiko pasar dan risiko bisnis. Pastikan untuk melakukan riset dan analisis yang cermat sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam right issue saham dan memiliki strategi yang matang untuk mengelola risiko tersebut.

Ikuti channel telegram Rikopedia untuk dapat update analisa seputar investasi dan trading saham klik (disini) Cara join membership Rikopedia (disini)

 

Postingan populer dari blog ini

Membership Rikopedia

Selamat datang di halaman registrasi membership Rikopedia. Dengan join membership anda akan dapat panduan trading saham lewat group WhatsApp. Dibimbing langsung Rikopedia yang sudah mendalami trading saham sejak tahun 2008.    Kinerja Portofolio Rikopedia dan testimoni member klik  di sini Fasilitas membership detailnya sebagai berikut : Update saham yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia .  Hanya fokus trading 3-4 saham Analisa saham secara teknikal, fundamental & analisa makro. Update news, Sentimen, Trading plan, Money & risk management. Konsultasi portofolio saham. Strategy trading diulas dengan detail di group WhatsApp. Biaya join membership Rp.500,000/Bulan. Bagi anda yang berminat join membership dapat melakukan transfer ke rekening di bawah ini: 1. Bank Mandiri 1440013474108 Rikosiwi sandi Saputro. 2. Bank BCA 7915239226 Rikosiwi sandi Saputro. Membership akan terhitung dari mulai tanggal konfirmasi pembayaran diterima dan aktifasi pertama kal

Portofolio Rikopedia dan Testimoni Member

Screenshot salah satu portofolio Rikopedia dengan modal awal 500 juta Kinerja Tahun 2018 Kinerja Tahun 2019 Januari February Maret April Mei Juni July  Agustus  September Oktober November  Desember Kinerja Tahun 2020 Tanggal 11 Mei akumulasi BBRI 2250 lot harga 2630 Trading SCMA 27-28 Mei 2020  Tanggal 4 Juni 2020 profit 36 juta dari BBNI Profit 68 Juta dari saham BBNI Profit 37 juta dari saham ELSA Profit 40 juta tanggal 19 Juni 2020  Profit 61 Juta tanggal 3 July 2020                                      Tanggal 19 Oktober 2020 Rikopedia beli BSDE 18361 lot November 2020 Desember 2020 Kinerja Tahun 2021 Januari 2021 Trading ELSA 27 Januari 2021 Bulan February profit 268 juta Bulan Maret minus 5 juta PTBA profit 123 juta BBTN profit 65 juta                                                         Porto