Langsung ke konten utama

Strategy Yang Bisa Dipakai Investor Saham Dalam Menghadapi Resesi

Strategy Yang Bisa Dipakai Investor Saham Dalam Menghadapi Resesi

 

Saat terjadi resesi, investor saham biasanya mengalami ketidakpastian karena kondisi perekonomian yang lemah. Namun, ada beberapa strategi yang dapat dipakai investor saham dalam menghadapi resesi, antara lain:

  1. Diversifikasi portofolio: Diversifikasi portofolio dapat membantu mengurangi risiko investasi karena Anda tidak terlalu bergantung pada satu saham atau sektor yang mungkin terdampak oleh resesi. Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli saham dari sektor yang berbeda dan menyebar investasi Anda.

  2. Fokus pada saham yang stabil: Selama resesi, beberapa sektor dan saham cenderung lebih stabil daripada yang lain. Saham dari perusahaan yang memiliki laba yang stabil, arus kas yang cukup, dan utang yang rendah dapat menjadi pilihan yang menarik.

  3. Investasi jangka panjang: Resesi biasanya berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga strategi investasi jangka panjang dapat membantu Anda tetap tenang selama periode ini. Dengan fokus pada tujuan investasi jangka panjang, Anda dapat menghindari tekanan emosional untuk melakukan perdagangan yang berisiko dan berpotensi merugikan.

  4. Menjaga likuiditas: Selama resesi, penting untuk menjaga likuiditas dan mempertimbangkan cadangan dana darurat. Ini dapat membantu Anda menangani situasi keuangan yang sulit, seperti kehilangan pekerjaan atau penurunan pendapatan.

  5. Mengambil keuntungan dari harga saham yang rendah: Saat saham berada pada harga rendah selama resesi, beberapa investor mengambil kesempatan untuk membeli saham dengan harga diskon. Ini dapat menghasilkan keuntungan ketika kondisi ekonomi kembali membaik.

  6. Membeli saham dengan dividennya yang stabil: Saham yang membayar dividen stabil selama resesi dapat menjadi pilihan yang menarik karena membantu memberikan pendapatan reguler kepada investor, meskipun nilai saham menurun.

  7. Berinvestasi di obligasi: Obligasi dapat menjadi alternatif investasi yang menarik selama resesi karena biasanya dianggap sebagai investasi yang relatif aman dan stabil.

Namun, perlu diingat bahwa tidak ada strategi investasi yang sepenuhnya aman. Selalu lakukan riset dan konsultasikan dengan profesional keuangan sebelum membuat keputusan investasi. Join membership Rikopedia klik (disini) Channel telegram Rikopedia klik (disini)

Postingan populer dari blog ini

Membership Rikopedia

Selamat datang di halaman registrasi membership Rikopedia. Dengan join membership anda akan mendapatkan update saham pilihan yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia.  Bimbingan trading saham dipandu langsung lewat group whatsApp.   Kinerja Portofolio Rikopedia dan testimoni member klik  di sini Fasilitas membership detailnya sebagai berikut : Update saham yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia.  Analisa saham secara teknikal, fundamental & analisa makro. Update news, Sentimen, Trading plan, Money dan risk management. Sharing strategy & ilmu trading saham dari pengalaman Rikopedia sejak tahun 2008. Semua dipandu dengan detail lewat group whatsapp. Biaya join membership Rp.500,000/Bulan. Bagi anda yang berminat join membership dapat melakukan transfer ke rekening di bawah ini: 1. Bank Mandiri 1440013474108 Rikosiwi sandi Saputro. 2. Bank BCA 7915239226 Rikosiwi sandi Saputro. Membership akan terhitung dari mulai tanggal konfirmasi pembayaran diterima

Portofolio Rikopedia dan Testimoni Member

Screenshot salah satu portofolio Rikopedia dengan modal awal 500 juta Kinerja Tahun 2018 Kinerja Tahun 2019 Januari February Maret April Mei Juni July  Agustus  September Oktober November  Desember Kinerja Tahun 2020 Tanggal 11 Mei akumulasi BBRI 2250 lot harga 2630 Trading SCMA 27-28 Mei 2020  Tanggal 4 Juni 2020 profit 36 juta dari BBNI Profit 68 Juta dari saham BBNI Profit 37 juta dari saham ELSA Profit 40 juta tanggal 19 Juni 2020  Profit 61 Juta tanggal 3 July 2020                                      Tanggal 19 Oktober 2020 Rikopedia beli BSDE 18361 lot November 2020 Desember 2020 Kinerja Tahun 2021 Januari 2021 Trading ELSA 27 Januari 2021 Bulan February profit 268 juta Bulan Maret minus 5 juta PTBA profit 123 juta BBTN profit 65 juta                                                         Porto