Langsung ke konten utama

Tips Cara Bermain Saham Untuk Pemula dan Resikonya

 

Tips Cara Bermain Saham Untuk Pemula dan Resikonya

Bermain saham bisa menjadi aktivitas yang menarik dan menguntungkan jika dilakukan dengan benar. Bagi pemula, berikut beberapa tips cara bermain saham yang dapat membantu Anda memulai:

  1. Pelajari dasar-dasar saham: Sebelum memulai bermain saham, Anda perlu memahami dasar-dasar investasi saham seperti apa itu saham, bagaimana cara membeli dan menjual saham, dan bagaimana harga saham bergerak.

  2. Pilih perusahaan yang tepat: Lakukan riset terlebih dahulu tentang perusahaan yang akan Anda investasikan sahamnya. Cari tahu tentang kinerja perusahaan, sejarah, dan strategi bisnisnya. Pastikan Anda mengerti dan setuju dengan visi dan misi perusahaan tersebut.

  3. Tentukan tujuan investasi Anda: Tentukan tujuan investasi Anda, apakah itu investasi jangka panjang atau jangka pendek. Ini akan membantu Anda memilih strategi investasi yang sesuai.

  4. Diversifikasi portofolio: Diversifikasi portofolio dapat membantu mengurangi risiko dan memaksimalkan potensi keuntungan. Jangan hanya berinvestasi di satu perusahaan atau sektor saja, tetapi sebisa mungkin pilih beberapa perusahaan yang berbeda.

  5. Gunakan analisis fundamental dan teknikal: Ada dua jenis analisis utama yang digunakan dalam bermain saham, yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal. Analisis fundamental mempertimbangkan kinerja perusahaan, sementara analisis teknikal mempertimbangkan pergerakan harga saham. Cobalah untuk memahami kedua jenis analisis tersebut dan gunakanlah yang sesuai dengan tujuan investasi Anda.

  6. Gunakan batas beli dan jual: Ketika bermain saham, gunakanlah batas beli dan jual untuk membatasi risiko. Batas beli dan jual membantu Anda membeli atau menjual saham pada harga yang telah ditentukan sebelumnya.

  7. Berinvestasi dengan sabar: Bermain saham bukanlah cara cepat untuk menjadi kaya. Investasi saham memerlukan waktu, kesabaran, dan disiplin untuk menghasilkan keuntungan jangka panjang.

  8. Gunakan sumber daya yang tepat: Jangan ragu untuk menggunakan sumber daya seperti buku, seminar, atau mentor untuk meningkatkan pengetahuan Anda tentang saham dan investasi.

Terakhir, pastikan untuk selalu memantau investasi Anda secara teratur dan tetap berpegang pada rencana investasi yang telah ditetapkan.

Resiko main saham buat pemula

Bermain saham memiliki potensi keuntungan yang besar, namun juga memiliki risiko yang signifikan, terutama bagi pemula yang belum berpengalaman. Berikut beberapa risiko utama yang harus diwaspadai oleh pemula yang ingin bermain saham:

  1. Risiko kehilangan uang: Bermain saham memiliki risiko kehilangan uang yang cukup besar. Harga saham dapat berfluktuasi dengan cepat dan tak terduga, sehingga investasi Anda dapat mengalami kerugian dalam waktu singkat. Jika Anda tidak siap untuk menerima kerugian tersebut, bermain saham mungkin tidak cocok untuk Anda.

  2. Risiko likuiditas: Saham juga memiliki risiko likuiditas, yaitu kemampuan untuk menjual saham dengan cepat. Jika Anda ingin menjual saham Anda, tetapi tidak ada pembeli yang tertarik, Anda mungkin harus menjual saham tersebut dengan harga yang lebih rendah dari harga beli.

  3. Risiko perusahaan: Saham termasuk investasi di perusahaan, sehingga risiko yang terkait dengan perusahaan tersebut juga harus diperhatikan. Misalnya, perusahaan tersebut dapat mengalami kerugian atau menghadapi masalah hukum atau reputasi yang dapat mempengaruhi harga saham.

  4. Risiko volatilitas pasar: Pasar saham dapat sangat volatil dan dapat berfluktuasi secara drastis dalam waktu singkat, terutama dalam situasi seperti krisis ekonomi atau politik. Jika Anda tidak siap untuk menghadapi fluktuasi harga yang cepat dan ekstrem, bermain saham mungkin tidak cocok untuk Anda.

  5. Risiko investasi tidak sesuai: Bermain saham memerlukan pemahaman yang baik tentang pasar saham dan strategi investasi yang tepat. Jika Anda tidak memahami investasi yang Anda lakukan, atau tidak cocok dengan gaya investasi Anda, maka risiko kehilangan uang akan semakin tinggi.

Penting bagi pemula untuk memahami risiko-risiko ini dan bermain saham dengan hati-hati. Sebelum bermain saham, pastikan untuk melakukan riset tentang perusahaan, mengembangkan rencana investasi, dan menggunakan strategi manajemen risiko yang baik. Join channel telegram Rikopedia klik disini

Cara join membership Rikopedia klik disini

 

Postingan populer dari blog ini

Membership Rikopedia

Selamat datang di halaman registrasi membership Rikopedia. Dengan join membership anda akan mendapatkan update saham pilihan yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia.  Bimbingan trading saham dipandu langsung lewat group whatsApp.   Kinerja Portofolio Rikopedia dan testimoni member klik  di sini Fasilitas membership detailnya sebagai berikut : Update saham yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia.  Analisa saham secara teknikal, fundamental & analisa makro. Update news, Sentimen, Trading plan, Money dan risk management. Sharing strategy & ilmu trading saham dari pengalaman Rikopedia sejak tahun 2008. Semua dipandu dengan detail lewat group whatsapp. Biaya join membership Rp.500,000/Bulan. Bagi anda yang berminat join membership dapat melakukan transfer ke rekening di bawah ini: 1. Bank Mandiri 1440013474108 Rikosiwi sandi Saputro. 2. Bank BCA 7915239226 Rikosiwi sandi Saputro. Membership akan terhitung dari mulai tanggal konfirmasi pembayaran diterima

Portofolio Rikopedia dan Testimoni Member

Screenshot salah satu portofolio Rikopedia dengan modal awal 500 juta Kinerja Tahun 2018 Kinerja Tahun 2019 Januari February Maret April Mei Juni July  Agustus  September Oktober November  Desember Kinerja Tahun 2020 Tanggal 11 Mei akumulasi BBRI 2250 lot harga 2630 Trading SCMA 27-28 Mei 2020  Tanggal 4 Juni 2020 profit 36 juta dari BBNI Profit 68 Juta dari saham BBNI Profit 37 juta dari saham ELSA Profit 40 juta tanggal 19 Juni 2020  Profit 61 Juta tanggal 3 July 2020                                      Tanggal 19 Oktober 2020 Rikopedia beli BSDE 18361 lot November 2020 Desember 2020 Kinerja Tahun 2021 Januari 2021 Trading ELSA 27 Januari 2021 Bulan February profit 268 juta Bulan Maret minus 5 juta PTBA profit 123 juta BBTN profit 65 juta                                                         Porto