Langsung ke konten utama

Cara menghitung harga wajar saham


 Cara menghitung harga wajar saham

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang menawarkan potensi keuntungan tinggi, namun juga memiliki risiko yang cukup besar. Oleh karena itu, sebelum membeli saham, kita perlu mengetahui apakah saham tersebut sudah berada pada harga yang wajar atau tidak. Harga wajar saham adalah harga yang mencerminkan nilai intrinsik atau nilai sebenarnya dari suatu perusahaan.

Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk menghitung harga wajar saham, antara lain:

- Metode diskonto arus kas (discounted cash flow atau DCF). Metode ini menghitung harga wajar saham dengan mendiskontokan arus kas yang diharapkan akan diperoleh dari perusahaan di masa depan. Arus kas ini bisa berasal dari dividen, laba bersih, atau free cash flow. Diskonto arus kas bisa menggunakan tingkat bunga bebas risiko, tingkat pengembalian saham pasar, atau tingkat pengembalian yang diharapkan oleh investor.

- Metode rasio harga/laba (price to earnings ratio atau P/E). Metode ini menghitung harga wajar saham dengan membandingkan rasio harga/laba dari saham tersebut dengan rasio harga/laba rata-rata dari industri yang sama atau pasar secara keseluruhan. Rasio harga/laba adalah hasil bagi antara harga saham dengan laba per saham. Semakin rendah rasio harga/laba, semakin murah saham tersebut.

- Metode rasio nilai buku (price to book value ratio atau P/BV). Metode ini menghitung harga wajar saham dengan membandingkan rasio nilai buku dari saham tersebut dengan rasio nilai buku rata-rata dari industri yang sama atau pasar secara keseluruhan. Rasio nilai buku adalah hasil bagi antara harga saham dengan nilai buku per saham. Nilai buku per saham adalah selisih antara total aset dan total kewajiban dibagi dengan jumlah saham beredar. Semakin rendah rasio nilai buku, semakin murah saham tersebut.

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga tidak ada metode yang sempurna untuk menghitung harga wajar saham. Namun, dengan menggunakan beberapa metode secara bersamaan, kita bisa mendapatkan gambaran yang lebih akurat tentang nilai intrinsik dari suatu perusahaan dan membandingkannya dengan harga pasar saat ini. Dengan demikian, kita bisa menentukan apakah saham tersebut layak untuk dibeli atau tidak.

Kalkulator harga wajar saham klik disini

Follow channel : https://telegram.me/rikopedia

Postingan populer dari blog ini

Membership Rikopedia

Selamat datang di halaman registrasi membership Rikopedia. Dengan join membership anda akan dapat panduan trading saham lewat group WhatsApp. Dibimbing langsung Rikopedia yang sudah mendalami trading saham sejak tahun 2008.    Kinerja Portofolio Rikopedia dan testimoni member klik  di sini Fasilitas membership detailnya sebagai berikut : Update saham yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia .  Hanya fokus trading 3-4 saham Analisa saham secara teknikal, fundamental & analisa makro. Update news, Sentimen, Trading plan, Money & risk management. Konsultasi portofolio saham. Strategy trading diulas dengan detail di group WhatsApp. Biaya join membership Rp.500,000/Bulan. Bagi anda yang berminat join membership dapat melakukan transfer ke rekening di bawah ini: 1. Bank Mandiri 1440013474108 Rikosiwi sandi Saputro. 2. Bank BCA 7915239226 Rikosiwi sandi Saputro. Membership akan terhitung dari mulai tanggal konfirmasi pembayaran diterima dan aktifasi pertama kal

Portofolio Rikopedia dan Testimoni Member

Screenshot salah satu portofolio Rikopedia dengan modal awal 500 juta Kinerja Tahun 2018 Kinerja Tahun 2019 Januari February Maret April Mei Juni July  Agustus  September Oktober November  Desember Kinerja Tahun 2020 Tanggal 11 Mei akumulasi BBRI 2250 lot harga 2630 Trading SCMA 27-28 Mei 2020  Tanggal 4 Juni 2020 profit 36 juta dari BBNI Profit 68 Juta dari saham BBNI Profit 37 juta dari saham ELSA Profit 40 juta tanggal 19 Juni 2020  Profit 61 Juta tanggal 3 July 2020                                      Tanggal 19 Oktober 2020 Rikopedia beli BSDE 18361 lot November 2020 Desember 2020 Kinerja Tahun 2021 Januari 2021 Trading ELSA 27 Januari 2021 Bulan February profit 268 juta Bulan Maret minus 5 juta PTBA profit 123 juta BBTN profit 65 juta                                                         Porto