Langsung ke konten utama

Aturan ARB Simetris Berlaku Normal Mulai Tanggal 4 September 2023, Begini Strategy Tradingnya

Aturan ARB Simetris Berlaku Normal Mulai Tanggal 4 September 2023

 Aturan ARB Simetris dan Bagaimana Dampaknya bagi Investor?

Aturan ARB simetris adalah kebijakan yang akan diberlakukan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai 4 September 2023. Penggunaan istilah ARB dan ARA dalam dunia saham berkaitan erat dengan sifat saham yang fluktuatif. ARB adalah auto rejection bawah. Penggunaannya adalah untuk menentukan batas minimum penurunan harga sebuah saham. Ketika nilai saham sudah mencapai ARB, sistem akan melakukan penolakan untuk semua order pembelian. Sebelumnya, ARB berbeda-beda tergantung pada fraksi harga saham, mulai dari 7% hingga 35%. Namun, dengan aturan ARB simetris, batas penurunan harga saham akan disesuaikan dengan batas kenaikan harga saham atau Auto Rejection Atas (ARA), yang juga berkisar antara 20% hingga 35%.

Aturan ARB simetris ini bertujuan untuk mengembalikan kondisi pasar modal ke normal setelah mengalami relaksasi akibat pandemi Covid-19. Selama pandemi, BEI menurunkan batas ARB menjadi 7% untuk semua fraksi harga saham untuk mengurangi kepanikan investor dan menjaga stabilitas pasar. Namun, hal ini juga menimbulkan ketidaksimetrisan antara ARA dan ARB.

Dengan aturan ARB simetris, investor diharapkan dapat lebih berhati-hati dalam memilih saham dan melakukan evaluasi terhadap kinerja perusahaan. Selain itu, aturan ini juga dapat meningkatkan volatilitas pasar dan memberikan peluang bagi investor untuk mendapatkan keuntungan lebih besar dalam waktu singkat. Namun, di sisi lain, aturan ini juga meningkatkan risiko kerugian yang lebih besar jika investor salah membeli saham di level ARA atau menjual saham di level ARB.

Untuk mengantisipasi dampak dari aturan ARB simetris, investor perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

- Memahami karakteristik dan fundamental saham yang dibeli atau dijual. Jangan hanya mengandalkan rumor atau spekulasi tanpa dasar.

- Membuat strategi jangka pendek dan jangka panjang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi. Jangan tergoda untuk melakukan trading spekulatif yang berisiko tinggi tanpa persiapan yang matang.

- Membuat diversifikasi portofolio dengan menyertakan saham-saham yang memiliki kinerja stabil dan prospek baik di masa depan. Jangan hanya fokus pada saham-saham yang memiliki volatilitas tinggi atau sedang naik daun.

- Membuat batas stop loss dan take profit untuk meminimalisir kerugian dan merealisasikan keuntungan. Jangan terlalu serakah atau takut untuk menjual saham jika sudah mencapai target atau melewati batas toleransi.

- Membuat analisis teknikal dan fundamental secara rutin untuk memantau pergerakan harga saham dan kondisi pasar secara umum. Jangan mengabaikan informasi-informasi penting yang dapat mempengaruhi nilai saham.



Postingan populer dari blog ini

Membership Rikopedia

Selamat datang di halaman registrasi membership Rikopedia. Dengan join membership anda akan dapat panduan trading saham lewat group WhatsApp. Dibimbing langsung Rikopedia yang sudah mendalami trading saham sejak tahun 2008.    Kinerja Portofolio Rikopedia dan testimoni member klik  di sini Fasilitas membership detailnya sebagai berikut : Update saham yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia .  Hanya fokus trading 3-4 saham Analisa saham secara teknikal, fundamental & analisa makro. Update news, Sentimen, Trading plan, Money & risk management. Konsultasi portofolio saham. Strategy trading diulas dengan detail di group WhatsApp. Biaya join membership Rp.500,000/Bulan. Bagi anda yang berminat join membership dapat melakukan transfer ke rekening di bawah ini: 1. Bank Mandiri 1440013474108 Rikosiwi sandi Saputro. 2. Bank BCA 7915239226 Rikosiwi sandi Saputro. Membership akan terhitung dari mulai tanggal konfirmasi pembayaran diterima dan aktifasi pertama kal

Portofolio Rikopedia dan Testimoni Member

Screenshot salah satu portofolio Rikopedia dengan modal awal 500 juta Kinerja Tahun 2018 Kinerja Tahun 2019 Januari February Maret April Mei Juni July  Agustus  September Oktober November  Desember Kinerja Tahun 2020 Tanggal 11 Mei akumulasi BBRI 2250 lot harga 2630 Trading SCMA 27-28 Mei 2020  Tanggal 4 Juni 2020 profit 36 juta dari BBNI Profit 68 Juta dari saham BBNI Profit 37 juta dari saham ELSA Profit 40 juta tanggal 19 Juni 2020  Profit 61 Juta tanggal 3 July 2020                                      Tanggal 19 Oktober 2020 Rikopedia beli BSDE 18361 lot November 2020 Desember 2020 Kinerja Tahun 2021 Januari 2021 Trading ELSA 27 Januari 2021 Bulan February profit 268 juta Bulan Maret minus 5 juta PTBA profit 123 juta BBTN profit 65 juta                                                         Porto