Langsung ke konten utama

Strategy Trading Saham Rikopedia

Strategi trading saham Rikopedia terdiri dari 4 tahap:

1. Penentuan kapan untuk membeli dan menjual.
2. Pemilihan saham dan kriteria yang cocok untuk trading.
3. Penerapan money manajemen dalam trading.
4. Pengelolaan resiko trading

Strategy Trading Saham Rikopedia

Penentuan kapan untuk membeli dan menjual

Pertama, menentukan kapan membeli. Rikopedia menggunakan analisis makro. Apakah kondisi makro mendukung, sedang lesu, atau sedang bergairah. Sektor apa yang sedang diuntungkan dengan kondisi makro saat ini. Selain itu, juga melihat chart dan analisis teknikalnya. Apakah secara teknikal layak untuk dibeli, apakah trennya mendukung, dan seberapa besar probabilitas cuannya.

Selanjutnya, penentuan kapan menjual saham. Rikopedia akan menggunakan analisis teknikal, apakah tren naiknya sudah habis, apakah sudah ada sinyal jual dari chart yang terlihat.

Pemilihan saham dan kriteria yang cocok untuk trading

Aturan pertama Rikopedia hanya memilih saham yang likuid dengan jumlah transaksi harian minimal di atas 10 milyar per hari. Rikopedia tidak menyukai saham yang tidak likuid karena rawan digoreng, rawan dimanipulasi segelintir spekulan dan cenderung volatile. 

Selanjutnya Rikopedia memilih saham yang momentum naiknya kuat. Lebih mudah trading di saham yang momentum naiknya kuat daripada trading di saham yang sideways atau downtrend. Kuncinya adalah sabar menunggu MOMENTUM

Penerapan money manajemen dalam trading

Money management trading Rikopedia simple. Diversifikasi tidak all in di satu saham, Beli nyicil or bertahap, alokasi dana maksimal per saham 20% dari total modal, Jangan pakai hutang. 

Pengelolaan resiko trading

Risk management Rikopedia cut loss secepatnya saat salah. Batasi kerugian sekecil mungkin jangan sampai kerugian membengkak jadi besar. Jika tidak siap cut loss jangan trading. Batas cut loss Rikopedia maksimal 10% per saham. Jika saham sudah turun 10% langsung cut. Jika tidak berani cut loss jangan trading saham. 

Selanjutnya Jangan pernah average down di saham yang sudah masuk risk level. Lebih baik cut loss daripada average down. Lebih baik buang saham yang salah daripada menambah posisi lebih besar.

Banyak yang mengatakan pasar saham itu kejam padahal yang kejam diri mereka sendiri karena tidak membatasi resiko sekecil mungkin. Di market kita punya kendali penuh kapan membeli dan menjual suatu saham. Kita punya kendali penuh membiarkan kerugian membesar atau membatasi kerugian sekecil mungkin.


Postingan populer dari blog ini

Membership Rikopedia

Selamat datang di halaman registrasi membership Rikopedia. Dengan join membership anda akan mendapatkan update saham pilihan yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia.  Bimbingan trading saham dipandu langsung lewat group whatsApp.   Kinerja Portofolio Rikopedia dan testimoni member klik  di sini Fasilitas membership detailnya sebagai berikut : Update saham yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia.  Analisa saham secara teknikal, fundamental & analisa makro. Update news, Sentimen, Trading plan, Money dan risk management. Sharing strategy & ilmu trading saham dari pengalaman Rikopedia sejak tahun 2008. Semua dipandu dengan detail lewat group whatsapp. Biaya join membership Rp.500,000/Bulan. Bagi anda yang berminat join membership dapat melakukan transfer ke rekening di bawah ini: 1. Bank Mandiri 1440013474108 Rikosiwi sandi Saputro. 2. Bank BCA 7915239226 Rikosiwi sandi Saputro. Membership akan terhitung dari mulai tanggal konfirmasi pembayaran diterima

Portofolio Rikopedia dan Testimoni Member

Screenshot salah satu portofolio Rikopedia dengan modal awal 500 juta Kinerja Tahun 2018 Kinerja Tahun 2019 Januari February Maret April Mei Juni July  Agustus  September Oktober November  Desember Kinerja Tahun 2020 Tanggal 11 Mei akumulasi BBRI 2250 lot harga 2630 Trading SCMA 27-28 Mei 2020  Tanggal 4 Juni 2020 profit 36 juta dari BBNI Profit 68 Juta dari saham BBNI Profit 37 juta dari saham ELSA Profit 40 juta tanggal 19 Juni 2020  Profit 61 Juta tanggal 3 July 2020                                      Tanggal 19 Oktober 2020 Rikopedia beli BSDE 18361 lot November 2020 Desember 2020 Kinerja Tahun 2021 Januari 2021 Trading ELSA 27 Januari 2021 Bulan February profit 268 juta Bulan Maret minus 5 juta PTBA profit 123 juta BBTN profit 65 juta                                                         Porto