Join membership Rikopedia disini

Analisa value saham consumer goods

Sektor Consumer goods di indonesia merupakan salah sektor yang memiliki prospek cerah dimasa depan. Perusahaan consumer goods dengan fundamental bagus biasanya lebih tahan banting saat menghadapi krisis.salah satu contohnya adalah saham PT.unilever indonesia Tbk (UNVR.JK) saham yang selalu bertumbuh dan salah satu saham dengan fundamental terkuat di Bei. Sektor consumer goods punya korelasi positif dengan pertumbuhan ekonomi indonesia. Banyak saham-saham consumer goods yang punya prospek cerah dimasa depan. Namun selain harus pintar-pintar memilih saham yang punya prospek cerah seorang investor pintar juga harus melihat valuasi dan cashflow perusahaan.Misalnya saja perusahaan bagus punya prospek cerah,punya nama besar tetapi banyak hutang dan dikelola oleh orang-orang yang curang tentu tidak akan menjadi investasi yang baik. Disini saya ingin menganalisa nilai-nilai perusahaan consumer good sehingga anda bisa memilih dengan bijak saham-saham yang baik untuk investasi.Saham-saham consumer goods dibei dibagi menjadi 5 kelompok yaitu:

  1. Food and beverages
  2. Tobacco manufactures
  3. pharmaceuticals
  4. Cosmetics and households
  5. House ware

Karena jumlah saham yang terlalu banyak tentunya tidak mungkin langsung penulis analisa semua disini tentunya lain kali pasti akan kami analisa lagi di blog ini. Bagi anda yang tidak ingin ketinggalan update analisa Rikopedia news silahkan follow akun G+ disebelah kanan blog ini.
Untuk sekarang akan kami analisa dulu saham-saham favorit penulis yaitu UNVR INDF

PT.unilever indonesia Tbk salah satu saham consumer goods kelompok cosmetic and households dengan kapitalisasi market sebesar 234.8 trilliun. Perusahaan dibei yang satu kelompok usaha adalah Mandom indonesia Tbk, martina berto Tbk, Mustika ratu tbk. Alasan saya sangat menyukai saham UNVR adalah saham ini konsisten bertumbuh, market leader dan punya daya saing yang bagus. saat pasar bebas asen 2015 saya yakin pangsa pasar unilever indonesia akan lebih besar. Namun biasanya perusahaan yang sudah terlalu besar akan lambat proses bertumbuhnya beda dengan saham-saham yang sedang bertumbuh yang biasanya mampu melipatkan laba bersihnya 2 kali lipat dalam satu periode. UNVR adalah saham yang sudah sangat besar satu-satunya cara agar unilever mampu bertumbuh dengan cepat adalah dengan memperluas pangsa pasar nya. Mengingat tahun 2015 akan diberlakukan pasar bebas asean ada peluang pangsa pasar UNVR tahun depan akan bertambah. Ingat UNVR adalah salah satu perusahaan yang sudah berdiri puluhan tahun dan sudah melewati banyak tantangan dan mampu bertahan dan terus  bertumbuh besar seperti sekarang. maka saham UNVR bisa kita kategorikan sebagai perusahaan 10X. Jumlah saham yang beredar dimasyarakat adalah 15% dan yang 85% dipegang oleh unilever indonesia holding B.V the netherlands. Biasanya apabila komposisi kepemilikan saham suatu perusahaan pemilik atau owner lebih banyak maka bisa dipastikan saham itu bagus. Saham UNVR sendiri jarang mengadakan right issue untuk melakukan ekspansi bisnis. jeleknya adalah UNVR selalu membagikan dividen dengan rasio dividen pay out sebesar 95% sehingga setiap laba bersih yang diterima selalu dibagikan sepenuhnya kepada pemegang saham sehingga sulit buat perusahaan melakukan ekspansi yang lebih besar. 

Secara kinerja keuangan saham UNVR bisa dibilang memiliki kinerja keuangan yang sangat sehat dan stabil. dengan pertumbuhan laba bersih yang selalu konsisten selama lima tahun terakhir sejak tahun 2009-2013 dengan CAGR sebesar 15.1%. selain itu unilever memiliki likuiditas yang sangat kuat dengan nilai kas setara kas pada Q2 2014 sebesar 1.06 T. 
Secara valuasi saham UNVR pada harga sekarang 30775 dihargai dengan P/E 43.672 dan PBV 54 bisa dibilang harga tersebut bisa dibilang sangat mahal hal tersebut dikarenakan ekspektasi pasar yang terlalu berlebihan sehingga pasar terlalu menilai tinggi saham UNVR, alasan lainnya adalah pasar memandang nama besar dan brand yang kuat pada saham UNVR. 
Sekarang mari kita hitung fair value atau harga wajar saham UNVR dengan metode discount cashflow , dengan EPS ttm sebesar 704.6 dengan asumsi CAGR 5 tahun kedepan sebesar 15% dengan rata-rata rasio dividen payout sebesar 50% (konservatif) dengan asumsi proyeksi P/E masa depan sebesar 30  maka harga wajar saham UNVR tahun ke 5 adalah 37867 dengan margin of safety sebesar 23.05%
menghitung harga wajar saham UNVR dengan metode ben graham dengan asumsi growth masa depan sebesar 15% dengan asumsi bi rate sebesar  7.5 dan bunga obligasi rating AAA sebesar 13% maka harga wajar saham UNVR adalah sebesar 15650

Kenapa hasil dari kedua perhitungan tersebut berbeda sangat jauh hal tersebut dikarenakan pada perhitungan ben graham menggunakan metode yang sangat konservatif yaitu menggunakan asumsi P/E masa depan sebesar 8.5 sedangkan dengan metode DCF kita bisa menggunakan asumsi P/E yang lebih tinggi yaitu sebesar 30. Kenapa saya berani menggunakan asumsi P/E 30 karena selama 5 tahun terakhir P/E saham UNVR selalu berada diarea tsb, kemudian UNVR sendiri adalah perusahaan besar dengan merek dan brand yang sangat kuat untuk pasar indonesia sehingga wajar kalau kita menggunakan asumsi P/E masa depan yang lebih tinggi. sehingga untuk menghitung harga wajar saham UNVR saya lebih nyaman menggunakan metode DCF  dengan asumsi fair value masa depan adalah 37876

Saham Indofood sukses makmur Tbk adalah salah satu saham consumer goods yang terkenal dengan produk indomie nya. Sebenarnya INDF memproduksi banyak produk antara lain seperti gambar dibawah ini
Analisa value saham consumer goods
Prospek masa depan INDF bisa dibilang sangat bagus mengingat produk yang dijual adalah produk keperluan sehari-hari yang dibutuhkan banyak orang salah satunya bimoli dan indomie. Kapitalisasi saham INDF adalah 59.4 triliun. 
Secara kinerja keuangan saham INDF bisa dibilang bagus tetapi tidak sangat bagus karena pada tahun 2013 kemarin ada sedikit penurunan hal tersebut terlihat dari ROE yang selalu turun sejak tahun 2011 yaitu turun dari 17.3% menjadi 9.4%. penurunan kinerja keuangan saham INDF banyak disebabkan dari beban keuangan yang terus membengkak. laba bersih menurun sebesar 23.3%. Beban usaha itu antara lain naiknya gaji karyawan, naiknya bahan baku dan penurunan harga CPO. 

Walaupun secara kinerja keuangan tidak begitu mengesankan namun secara fundamental saham INDF bisa dibilang sangat bagus karena indf menjual barang konsumsi sehari-hari yang selalu dibutuhkan banyak orang. faktor resiko yang bisa menyebabkan penurunan laba bersih saham INDF ditahun mendatang adalah apabila adanya persaingan bisnis yang merebut pangsa pasar Indofood. karena sekarang banyak pesaing-pesaing baru yang menjual produk serupa. 
Secara Valuasi saham INDF pada harga sekarang dengan EPS ttm 351.68 dihargai dengan P/E sebesar 19.26 PBV sebesar 2.4.

Sekarang mari kita valuasi harga wajar saham INDF metode ben graham  dengan asumsi CAGR sebesar 15% maka harga wajar saham INDF adalah sebesar 7811.35
Dengan metode discount cash flow dengan asumsi CAGR sebesar 15% dividen pay out sebesar 20% dan asumsi P/E sebesar 15 dengan tingkat diskon sebesar 20% maka harga wajar saham INDF  adalah 9336.
jadi bisa kita simpulkan range harga wajar saham INDF adalah 7811-9336

"Masa depan selamanya akan tetap menjadi sebuah misteri, hanya orang-orang yang bijak mempersiapkan masa depan dengan baiklah yang bisa kita sebut sebagai seorang pemenang"

Semoga artikel ini bermanfaat :)



Penulis


Rikosiwi sandi saputro






Postingan terkait: