Analisa value saham WSKT

Waskita karya Tbk dengan kode saham WSKT adalah salah satu perusahaan konstruksi BUMN yang didirikan pada tahun 1961 kemudian mulai listing di bursa saham indonesia pada bulan desember 2012 dan sekarang merupakan salah satu saham konstruksi terbesar di indonesia dengan kapitalisasi market sebesar 8.1T. Pertumbuhan perusahaan mengalami pasang surut terutama terjadi pada tahun 2010 perusahaan memiliki kinerja yang tidak cukup baik manajemen yang buruk pada tahun 2010 adalah penyebab utama buruknya kinerja saham konstruksi ini. Sebelum tahun 2008 WSKT  memiliki track record yang tidak cukup baik, WSKT pernah di kendalikan oleh PPA (perusahaan pengelola aset) akibat kondisi keuangan yang buruk. Namun sekarang setelah perusahaan dikendalikan management yang baru yaitu dengan masuknya directur baru muchamad choliq (salah satu orang terbaik milik perusahaan adhi karya) membuat perusahaan WSKT menjadi salah satu perusahaan dengan kinerja keuangan terbaik dan terkuat. Bidang usaha WSKT antara lain konstruksi,precast,reality,energi dan jalan tol. Keunggulan perusahaan WSKT adalah salah satu perusahaan konstruksi BUMN yang dijalankan oleh managemen yang baik sekarang. Banyak kontrak dari pemerintah yang ditangani perusahaan.selain itu perusaaan juga sudah memiliki 4 pabrik beton, 50% produksi beton digunakan untuk mencukupi kebutuhan internal sisanya dijual kepada pihak luar. WSKT dalam bidang energi juga berekspansi dalam pembangunan pembangkit listrik tenaga minihidro melalui anak usahanya dengan total investasi sebesar 180 milyar rupiah dengan kapasitas 10 megawatt.
Saham WSKT sebagai perusahaan BUMN memiliki beberapa keunggulan:


  • Sebagai perusahaan BUMN perusahaan memiliki tempat yang bagus untuk mendapatkan proyek-proyek besar dari pemerintah. hal tersebut sudah terbukti sejak tahun 1990 perusahaan selalu mendapatkan proyek-proyek unggulan dalam pembangunan infrastruktur,jalan tol, pelabuhan,bandar udara dan pembangkit listrik.
  • salah satu perusahaan besar nasioal yang sudah memiliki kepercayaan costumer base yang cukup luas.
  • Memiliki produk-produk unggulan yang berkualitas yang tidak dimiliki pesaing sehingga produk unggulan tersebut membantu dalam pelaksanaan proyek-proyeknya dan lebih dipercaya oleh konsumen.
  • sejak tahun 2010 perusahaan memiliki pertumbuhan pendapatan yang sangat stabil dan meningkatnya daya saing perusahaan.
  • Memiliki wilayah operasional hampir diseluruh indonesia.
Analisa value saham WSKT

Kinerja keuangan saham WSKT 

Selama 5 tahun terakhir sejak tahun 2009 sampai 2013 memiliki kinerja keuangan yang sangat baik dengan dengan CAGR (Laba pertumbuhan majemuk tahunan) sebesar 64.2%. pada tahun 2013 perusahaan memiliki ROE sebesar 18.58% dan Liabilitas to ekuitas sebesar 2,69 sedang labilitas to assets sebesar 0.73. Aset perusahaan pun juga bertumbuh selama 5 tahun terakhir dengan CAGR sebesar 30.1%. Ekuitas perusahaan juga bertumbuh dengan CAGR sebesar 63.2%. Peningkatan kinerja keuangan ini akibat banyaknya kontrak proyek-proyek infrastruktur yang ditangani perusahaan dan juga dari tambahan dana hasil IPO perusahaan pada tahun 2012 yang menyebabkan perusahaan lebih mudah dalam melakukan ekspansi bisnisnya.

Prospek usaha saham WSKT 
Dengan terpilihnya bpk Jokowidodo sebagai presiden RI akan berdampak positif pada sektor-sektor konstruksi di indonesia. karena salah satu rencana kedepannya setelah jokowidodo terpilih menjadi presiden RI adalah melakukan reformasi infrastruktur dan yang kedua ditahun 2015 akan dikeluarkan nya undang-undang pembebasan lahan ditambah dengan agresifnya pemerintah dalam menggenjot sektor infratrusktur dan konstruksi sehingga menyebabkan dampak positif dengan banyaknya kontrak yang akan diterima kedepannya.
Masih ingat dengan proyek masterplan percepatan dan perluasaan pembangunan indonesia (MP3I) dengan total nilai (value) 2000 triliun, proyek tersebut pada kuartal 1 2014 baru tercapai 41% atau senilai 838.9 triliun rupiah. Oleh karena hal tersebut kedepannya saham-saham sektor konstruksi terutama saham WSKT yang notabene saham perusahaan BUMN akan memiliki prospek yang sangat cerah karena memiliki tempat yang solid untuk mendapatkan orderbook dari pemerintah.

Valuasi saham WSKT 
Dibawah ini saya akan membandingkan valuasi saham-saham konstruksi di bei


ADHIWSKTWIKAPTPPSSIANRCATOTL
P/E11,6721,827,9626,046,45,218,2
PBV3,093,43,95,41,352,634,33
EPS ttm220,6338,493,387,54106,9175,9650,53


Dari data valuasi diatas terlihat saham-saham konstruksi BUMN dihargai diatas 3 kali book value nya hal ini karena ekspektasi pasar yang lebih tinggi akan kinerja saham konstruksi BUMN dimasa depan. secara valuasi saham WSKT pada harga sekarang 840 diharga dengan PBV 3.4 dan P/E sebesar 21.8. Rata-rata P/E saham-saham konstruksi adalah 16.75.

Analisa Fair value atau harga wajar saham WSKT

menghitung harga wajar saham WSKT dengan metode discount cashflow (DCF) dengan asumsi CAGR masa depan sebesar 20% (mengingat prospek saham konstruksi yang sangat bagus) dengan rata-rata proyeksi dividen payout pertahunnya sebesar 25% dengan asumsi P/E masa depan sebesar 15 (konservatif) maka harga wajar saham WSKT adalah 1265 dengan margin of safety sebesar 50.69%. 

"Dalam sebuah perlombaan kehidupan tidaklah penting apakah anda akan tertinggal ataukah akan memimpin suatu perlombaan, yang terpenting adalah memiliki daya tahan untuk menyelesaikan perlombaan dan keberanian melanjutkannya" Rikopedia new situs analisa value saham indonesia.

Penulis

Rikosiwi sandi saputro
Analis saham junior
09 oktober 2014


Comments

Popular posts from this blog

Member premium Rikopedia research

Level entry saham BUMI