JOIN MEMBER PREMIUM SILAHKAN MASUK DISINI

Cara bermain saham yang wajib anda baca

Saham adalah salah satu instrumen finansial yang menunjukan kepemilikan pada sebuah perusahaan. Dengan mengeluarkan atau menjual saham Perusahaan yang membutuhkan modal untuk pendanaan jangka panjang akan menjual kepentingan dalam suatu bisnis dengan imbalan uang tunai.  Tujuan dari menerbitkan saham adalah untuk menambah serta meningkatkan equitas atau modal bisnis.  Begitulah pengertian sederhana tentang saham. Sederhana nya adalah dengan anda membeli suatu saham misalnya membeli saham PT.Unilever Tbk  melalui sekuritas yaitu BNI securitas anda terdaftar sebagai pemiliki bisnis di PT.Unilever indonesia.Tbk dan anda berhak mendapatkan pembagian keuntungan yang didapatkan perusahaan yaitu PT.Unilever Tbk berdasarkan jumlah saham yang anda miliki.



Cara bermain saham yang wajib anda bacaBermain di pasar saham mampu menghasilkan keuntungan yang sangat besar daripada anda investasi di instrumen investasi lainnya misal obligasi atau deposito. Tetapi bermain saham juga memiliki resiko yang sangat tinggi. Oleh sebab itu anda sebelum terjun untuk bermain saham anda harus memiliki pengetahuan tentang bursa saham untuk memahami resiko dan peluangnya. Resiko yang besar jika kita mampu mengatasinya kita akan mendapatkan keuntungan yang sepadan. Jika resiko yang kita tanggung sangat besar tetapi return yang kita dapatkan sangat kecil maka anda harus melakukan evaluasi sistem keuangan anda. Anda masih ingat slogan keuangan yang sering dibicarakan ahli ekonomi Higher risk higher profit. Selain itu ada prinsip ekonomi lain nya yaitu lower risk lower profit. Itulah salah satu penyebab mengapa return deposito sangat rendah. Karena risk deposito nya juga rendah.  Jika anda mempertaruhkan uang anda untuk  bermain saham maka anda harus mendapatkan keuntungan diatas return deposito. Jika return anda masih kalah dengan bunga deposito berarti bisa di simpulkan bukan saham yang salah tapi cara bermain saham anda yang sebenarnya perlu diperbaiki. Disini penulis akan memberikan step by step ilmu bagaimana bermain saham yang benar. Cara yang akan saya bahas disini mengasumsikan anda sudah memahami dasar-dasar tentang saham, seperti membuka rekening efek, jual beli saham lewat broker maupun via online trading.

Step by step bermain saham di bursa efek indonesia :

  • Anda perlu memiliki keinginan serta motivasi yang cukup kuat untuk bermain saham. Hal ini kunci dasar kesuksesan anda untuk bermain saham. Step pertama adalah motivasi yang kuat. Tanpa motivasi yang kuat anda akan berhenti ditengah jalan sebelum anda sukses bermain saham.
  • Jika anda masih pemula dan belum memiliki pengalaman cukup lama maka penulis menyarankan bermain saham dalam jumlah kecil dulu. Misalnya anda bisa coba-coba dengan uang 5-10 juta dulu. Kalau anda sudah mampu menggandakan uang anda, anda boleh bermain dengan modal besar. Karena anda harus selalu ingat kalau saham itu high risk. Kalau anda mulai nyaman dalam bermain saham serta sudah memiliki sebuah sistem yang cocok untuk style anda, maka anda boleh menambah uang yang anda investasikan. Ketika anda melakukan top up di portofolio anda selalu ingat nasihat ini baik-baik uang yang anda investasikan bisa menguap habis di bursa saham.
  • Pelajari baik-baik ilmu tehnikal jika anda bermain saham jangka pendek, serta ilmu fundamental jika anda bermain saham jangka panjang.



Rumusan spesifiknya adalah sebagai berikut :

  • Analisa ekonomi makro global dan regional, Ini penting untuk mengetahui arah market selanjutnya. Saat ekonomi krisis anda harus lebih hati-hati karena harga saham bisa anjlok tiba-tiba. Hindari bermain saham jika pertumbuhan ekonomi negatif.
  • Pilihlah bermain saham di industri yang selalu bertumbuh,tahan banting dan sudah teruji lama bertahan menghadapi gejolak ekonomi. Salah satu contohnya unilever yang selalu bertumbuh naik melewati berbagai macam siklus ekonomi dan badai krisis.
  • Analisa price earning ratio.Sebelum anda membeli atau memilih suatu saham anda harus menganalisa price earning ratio (PER) suatu saham. Price earning ratio adalah salah satu indikator sederhana untuk mengetahu suatu saham dihargai mahal atau murah dalam sektor industrinya. Secara teori PER adalah perbandingan antara harga saham dengan laba bersih per saham (Earning per share). Anda harus benar-benar memahami tentang analisa PER ini sebelum anda bermain saham.
  • Analisa kapitalisasi pasar.Belilah saham-saham perusahaan yang memiliki kapitalisasi besar. Saham-saham yang memiliki kapitalisasi besar tidak mudah di goreng oleh bandar. Jika kapitalisasi market kecil maka pemain perorangan atau bandar dengan mudah mengerakkan harga saham naik atau turun. Dan itu sangatlah beresiko bagi pemain saham pemula. Karena naim turun nya range nya sangat lebar. Hindari saham seperti itu jika anda adalah seorang  pemula dalam bermain saham.
  • Analisa sentimen pasar.Sebelum anda terjun di pasar saham selain memperhatikan price earning ratio suatu saham anda juga harus mengamati sentimen pasar. Sentimen pasar biasanya yang menentukan suatu saham naik atau turun. Sentimen yang paling sering kita dengar adalah indeks harga saham gabungan atau IHSG. Selanjutnya penentu sentimen pasar selanjutnya dalah sektor industri saham yang kita beli. Misalnya kita membeli perusahaan yang bergerak di sektor komoditas misa batu bara. Maka naik turun nya harga batu bara menjadi penentu arah harga saham kita.  Selain itu angka-angka ekonomi  juga menjadi penentu sentimen pasar saham. Misalnya angka inflasi, BI rate, angka pengangguran, daya beli konsumen.


Demikian sedikit panduan bagi anda yang berminat bermain saham di pasar modal. Jika anda menerapkan panduan diatas dengan benar dan disiplin kemungkinan besar anda akan sukses dalam bermain saham. Saya harap dengan tulisan ini anda tidak menjadi 90% pemain saham pemula yang gagal sebelum sukses. Jika anda ingin mendapatkan panduan dan analisa saham secara lebih detail dari  kami anda bisa bergabung di member premium (silahkan lihat di kanan atas blog).



Tim Rikopedia Research

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara bermain saham yang wajib anda baca"

Post a Comment