JOIN MEMBER PREMIUM SILAHKAN MASUK DISINI

Kesalahan yang menyebabkan trader saham GAGAL

Saya hampir 6 tahun menekuni bisnis saham mulai dari investasi, ODT,swing trading. banyak mengenal pemain saham mulai dari pemain saham pemula sampai dengan yang sangat senior. saya memiliki group saham dengan anggota trader saham senior dan junior (newbie). Saya melakukan riset selama 3 tahun terakhir pada anggota group chat di whatsapp saya yang anggotanya mungkin sudah gonta-ganti lebih dari 1000 orang. saya menarik kesimpulan lebih banyak trader saham yang gagal atau mampu bertahan di kerasnya bursa saham. rata-rata trader pemula hanya mampu bertahan kurang dari 1 tahun setelah itu putus asa dan berhenti. Untuk tulisan kali ini Saya ingin merangkum faktor-faktor yang menyebabkan trader saham pemula gagal dan berhenti trading saham. 


Kesalahan yang menyebabkan trader saham GAGAL
Kesalahan yang menyebabkan trader saham GAGAL


  • Tidak berani CUT LOSS 
Kesalahan ini adalah kesalahan umum yang biasanya di lakukan trader. tetap memegang saham yang salah dan membiarkan kerugian berlanjut. Banyak trader pemula yang tidak berani move on atau cutloss sehingga menyebabkan dana mereka nyangkut akhirnya saham yang mereka pegang harus turun lebih dalam dan harus menunggu lebih lama supaya saham yang mereka pegang kembali ke level semula atau bahkan saham tersebut tidak akan pernah kembali dan hanya melakukan pengharapan kosong. 

Tipsnya : Jika anda berada posisi yang salah segera beralih (cut) jangan membiarkan kerugian terus berlanjut. walaupun cutloss itu menyakitkan percayalah itu akan menyelamatkan portofolio anda. Banyak pengalaman dari beberapa anggota group saya yang nyangkut saham harga yang sangat tinggi bahkan ada yang loss hampir 80% karena tidak cutloss dan tetap keras kepala untuk hold walaupun tahu saham yang dia pegang kinerja nya sangat buruk. Biasanya saya untuk trading or swing trading membatasi loss maksimal 4-5%.

"Saya hanya kaya karena saya tahu ketika saya salah. Pada dasarnya, saya bisa bertahan dalam forex dengan mengenali kesalahan saya."

  • Tidak memiliki money management
money management adalah salah satu bagian terpenting dari trading saham. money management adalah salah satu cara yang digunakan seorang trader untuk menjadi pemenang dalam jangka panjang. Kunci utama kesuksesan trading saham bukan hanya pada trading system saja seperti buy saat breakout, trend,reversal, short-term. kesuksesan trading saham juga di pengaruhi kemampuan trader dalam memanage uangnya dalam trading saham. trading sistem tanpa money management = omong kosong. tujuan money management adalah mencegah kerugian terjadi. atau biasa dibilang menjaga seorang trader tetap survive ketika mengalami hari-hari yang buruk dalam trading saham. seorang trader saham tanpa money management yang baik tidak akan mampu bertahan lama di bursa saham. 

Beberapa tips money management dalam trading saham :

  1. Tentukan berapa banyak modal yang siap anda resiko kan.
  2. tentukan berapa banyak modal yang anda gunakan pada setiap ambil posisi trading.
  3. Tentukan berapa banyak modal  yang anda resikokan pada setiap trading.
  4. Tentukan berapa jumlah posisi trading yang akan anda lakukan pada saat bersamaan.
  5. Tentukan berapa rasio Risk : Reward anda
  6. Tentukan berapa persen kekalahan yang anda sanggupi dalam sehari.
  • Ingin cepat kaya dengan bermain saham gorengan.
Trader yang baru trading saham karena ingin cepat kaya biasanya coba-coba bermain saham gorengan. Padahal trading saham gorengan resikonya sangat besar. harus disiplin ketat dengan batas cutloss dengan range lumayan lebar. main saham gorengan tanpa disiplin ketat peluang untuk gagal lebih besar. Jika anda masih pemula dan tidak punya skill yang mumpuni saran hindari saham-saham gorengan.
  • Tidak disiplin menjalankan trading plan.
Trading adalah bisnis. bisnis tanpa rencana yang matang pasti akan gagal atau bangkrut. begitu juga dengan trading. Dalam trading harus memiliki trading plan yang jelas seperti level entry, target price, level stop loss.selain itu sebuah trading plan yang bagus harus bisa menjabarkan target trading Anda, manajemen keuangan dan resiko, trading system, dan juga berbagai detail kecil seperti waktu trading, catatan harian, dan analisa kegagalan.
  • Terlalu Tamak dan rakus
Trader yang terlalu TAMAK akan sulit melihat resiko, sebaliknya trader yang terlalu takut akan sulit melihat peluang.

  • Karena ingin cepat kaya trader pemula biasanya menggunakan margin trading
Margin trading bagaikan pisau bermata 2. Jika tidak mempunyai kemampuan dan pengalaman yang mumpuni dalam mengelola margin trading akan menjadi boomerang yang akan menghancurkan seorang trader.Banyak trader kenalan saya yang hancur karena rakus menggunakan margin trading. Saran jika belum memiliki pengalaman di bursa saham hindari menggunakan margin trading.

sebenarnya masih banyak lagi beberapa faktor yang menyebabkan seorang trader saham gagal. Untuk mempersingkat tulisan saya, saya bagikan 6 faktor penting itu dulu saja yang menyebabkan seorang trader gagal. 


Good luck.

Join group telegram




Dibawah ini beberapa tulisan dan analisa lama saya :

Postingan terkait: