JOIN MEMBER PREMIUM SILAHKAN MASUK DISINI

Analisa fundamental saham APLN 2016

Kali ini saya mau memberikan analisa salah satu saham properti yang menurut kami saham tersebut sangat menarik dari sisi valuasi dan fundamental. saham tersebut adalah saham APLN. APLN Salah satu perusahaan properti yang fundamentalnya sangat bagus.. PT.Agung Podomoro Land (IDX: saham APLN) merupakan salah satu konsorsium dari tujuh pengembang properti terkemuka yang sukses membangun delapan proyek prestisius di Jakarta dan Bandung. perusahaan induknya adalah Agung Podomoro Group, telah tampil di bisnis properti selama lebih dari 40 tahun.

Saham APLN selama tahun 2016 stagnan dan cenderuh melemah karena beberapa kasus diantaranya direktur malakukan suap sehingga membuat reputasi perusahaan turun. Tapi setelah direkturnya tersandung kasus tersebut dengan segera bapak Ariesman sudah mengundurkan diri sebagai dirut APLN pada bulan Mei lalu.dan segera di ganti mr.cosmas batubara setelah itu kegiatan perusahaan juga berjalan seperti biasa.

Selain kasus suap  yang menyebabkan saham APLN tertekan  ada kasus lain yang membuat saham APLN tertekan yaitu kasus reklamasi pulau G (bagian proyek pluit city). izin reklamasi belum di keluarkan oleh pemerintah pusat dalam hal ini adalah LHK karena di nilai belum layak.

Bagaimana update kasus reklamasi itu sekarang???

Bulan kemarin muncul berita Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyetujui proyek reklamasi di Teluk Jakarta dilanjutkan. baca beritanya disini . Padahal menteri sebelumnya yaitu bapak rizal ramli mengatakan pembangunan Pulau G yang merupakan bagian dari megaproyek tersebut harua dihentikan lantaran banyak pelanggaran.

Berita terakhir proyek reklamasi tetap akan dilanjutkan karena Ahok mengaku belum mendapatkan surat resmi yang menyatakan proyek reklamasi Pulau G, Teluk Jakarta, bermasalah. baca beritanya disini 

Jika reklamasi dilanjutkan akan jadi sentimen positif untuk saham APLN. Tapi apakah semudah itu melanjutkan reklamasi pulau G???? pembangunan proyek reklamasi menabrak keputusan hukum dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Yang menyatakan pembangunan Pulau G sebagai bagian dari proyek reklamasi Teluk Jakarta harus dihentikan

Tapi sepertinya bapak luhut dan ahok mengabaikan keputusan pengadilan tersebut dan akan tetap memberikan izin untuk melakukan reklamasi. itu skenario saya. next jika reklamasi memang benar akan dilanjutkan bagaimana dengan saham APLN. Di bawah ini akan saya update analisa saham APLN secara fundamental dan tehnikal.

Analisa fundamental saham APLN 2016

APLN ini adalah salah satu perusahaan dengan fundamental yang sangat bagus. sejak tahun 2014 revenue perusahaan selalu bertumbuh dengan CAGR 8.39%. Pada harga sekarang APLN dihargai dengan PER anlz sebesar 9.54 dan PBV 0.62. 
Coba kita bandingkan dengan saham-saham property lainnya. lihat gambar dibawah ini


Jika dibandingkan dengan saham properti lainnya APLN bisa dibilang saham properti dengan valuasi sangat murah. perusahaan property bonafide dan terkenal yang iklannya biasanya muncul di TV tapi harga sahamnya yang dihargai dibawah book value nya.jika kasus reklamasi selesai estimasi APLN akan kembali pada valuasinya minimal dihargai di seharga book value nya yaitu sebesar 462.

Analisa tehnikal saham APLN


Saham APLN fase konsolidasi. estimasi saya jika reklamasi di lanjutkan maka APLN peluang membentuk pattern cup and handle dengan target 430. neckline 330. untuk trader bisa masuk saham APLN saat breakout neckline 330. 

Disclaimer on






Postingan terkait: