Langsung ke konten utama

Strategi investasi saham part 2

Sebelumnya saya sudah membahas strategy investasi saham di postingan saya sebelumnya bisa baca disini cara simple investasi saham untuk pemula. Saya akan melanjutkan strategy sukses dalam berinvestasi saham. Strategy ini saya bagi menjadi 3 bagian yaitu :

  • Strategy memilih perusahaan hebat
  • Investasi di saham yang valuasinya murah dan dalam trend naik
  • Menjual ketika harga saham berbalik ke trend turun. 
1. Strategi memilih perusahaan hebat 

Ingat selalu ketika anda membeli suatu saham anda tidak sedang membeli sebuah lotere. Anda membeli sebagian hak milik suatu perusahaan. Jika anda mau harga saham naik anda harus mampu melakukan analisa dan berinvestasi hanya pada perusahaan-perusahaan bagus. Anda harus memahami model bisnis dari perusahaan yang anda beli. 

Apa sih ciri-ciri perusahaan bagus itu?

Perusahaan bagus adalah perusahaan yang mampu menaikan penjualan dan keuntungan secara konsisten dalam jangka panjang, Selain itu perusahaan memiliki keunggulan kompetitif yang kuat yang mampu mencegah kompetitor masuk dan mengambil alih pelanggan atau pangsa pasar. Perusahaan hebat juga kuat secara finansial untuk bertahan dari resesi dan penurunan ekonomi. Contoh perusahaan hebat di bursa efek indonesia antara lain Bank BCA kode saham BBCA, PT Unilever indonesia Tbk kode saham UNVR, Astra international kode saham ASII. 

Untuk sukses dalam investasi saham anda harus berinvestasi dalam perusahaan-perusahaan berkualitas dan menjauhi perusahaan berkinerja buruk yang merugi atau menghasilkan keuntungan tidak konsiten. 

8 kriteria perusahaan hebat yang bagus untuk investasi saham jangka panjang  :
  1. Sejarah penjualan,pendapatan dan arus kas yang meningkat secara konsisten
  2. Keunggulan kompetitif yang berkelanjutan
  3. Penggerak pertumbuhan di masa depan
  4. Utang konservatif / DER < 1
  5. Laba atas saham di atas rata2
  6. Manajemen terus bertahan dan membeli saham tersebut
  7. Dinilai rendah atau harga saham di bawah nilai instrinsiknya
  8. Harga saham dalam trend naik

2. Investasi ketika harga saham dianggap murah dan dalam trend naik

Hanya karena anda telah mengidentifikasi perusahaan-perusahaan hebat tak berarti anda harus membeli perusahaan tersebut, Perusahaan hebat biasanya dihargai mahal karena semua orang menginginkan perusahaan tersebut. Anda harus membeli hanya saham perusahaan hebat yang dijual di bawah harga wajarnya. Harga wajar saham atau nilai instrinsik dari sebuah saham adalah nilai sebenarnya dari sebuah saham berdasarkan kemampuan suatu perusahaan memberikan keuntungan. 
Untuk menghitung harga wajar saham anda bisa menggunakan kalkulator harga wajar saham yang saya buat disini kalkulator untuk menghitung valuasi saham 

3. Jika ketika harga saham berbalik ke trend turun

Strategi investasi saham part 2

Selain membeli perusahaan hebat di harga rendah atau di bawah nilai instrinsiknya anda juga harus mengetahui kapan menjual sebuah saham untuk merealisasikan keuntungan anda. Walaupun perusahaan hebat akan terus naik untuk jangka panjang tetapi harga saham tidak akan naik terus menerus.Resesi, penurunan dan masalah perusahaan di masa depan mungkin menyebabkan harga saham berbalik ke trend turun lainnya sebelum naik. Anda harus tahu kapan menjual suatu sebuah saham dan mengunci keuntungan maksimum sebelum saham turun dan menghapus semua keuntungan anda. Jika perusahaan masih kuat secara fundamental anda bisa membeli saham tersebut dengan harga bahkan lebih rendah. Salah satu strategy menjual saham untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan kerugian adalah gunakan aturan 8% yaitu jual saat ketika harga saham turun 8% dari level tertingginya. 

Follow channel telegram Rikopedia untuk dapat update analisa dari kami. Link disini 







Postingan populer dari blog ini

Membership Rikopedia

Selamat datang di halaman registrasi membership Rikopedia. Dengan join membership anda akan dapat panduan trading saham lewat group WhatsApp. Dibimbing langsung Rikopedia yang sudah mendalami trading saham sejak tahun 2008.    Kinerja Portofolio Rikopedia dan testimoni member klik  di sini Fasilitas membership detailnya sebagai berikut : Update saham yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia .  Hanya fokus trading 3-4 saham Analisa saham secara teknikal, fundamental & analisa makro. Update news, Sentimen, Trading plan, Money & risk management. Konsultasi portofolio saham. Strategy trading diulas dengan detail di group WhatsApp. Biaya join membership Rp.500,000/Bulan. Bagi anda yang berminat join membership dapat melakukan transfer ke rekening di bawah ini: 1. Bank Mandiri 1440013474108 Rikosiwi sandi Saputro. 2. Bank BCA 7915239226 Rikosiwi sandi Saputro. Membership akan terhitung dari mulai tanggal konfirmasi pembayaran diterima dan aktifasi pertama kal

Portofolio Rikopedia dan Testimoni Member

Screenshot salah satu portofolio Rikopedia dengan modal awal 500 juta Kinerja Tahun 2018 Kinerja Tahun 2019 Januari February Maret April Mei Juni July  Agustus  September Oktober November  Desember Kinerja Tahun 2020 Tanggal 11 Mei akumulasi BBRI 2250 lot harga 2630 Trading SCMA 27-28 Mei 2020  Tanggal 4 Juni 2020 profit 36 juta dari BBNI Profit 68 Juta dari saham BBNI Profit 37 juta dari saham ELSA Profit 40 juta tanggal 19 Juni 2020  Profit 61 Juta tanggal 3 July 2020                                      Tanggal 19 Oktober 2020 Rikopedia beli BSDE 18361 lot November 2020 Desember 2020 Kinerja Tahun 2021 Januari 2021 Trading ELSA 27 Januari 2021 Bulan February profit 268 juta Bulan Maret minus 5 juta PTBA profit 123 juta BBTN profit 65 juta                                                         Porto