Langsung ke konten utama

Cara investasi saham metode value investing

Cara investasi saham metode value investing. Salah satu cara melipat gandakan uang dimasa depan adalah dengan cara investasi. salah satunya adalah investasi saham. Saham adalah salah satu surat berharga yang menunjukan kepemilikan atas suatu perusahaan. Nilai suatu saham naik turun berdasarkan kinerja perusahaan. semakin bagus kinerja perusahaan dengan ditandai laba perusahaan yang konsisten selalu naik maka nilai saham dimasa depan juga akan selalu naik. Untuk sukses dalam investasi saham dibutuhkan kemampuan dalam analisa saham. Dengan kemampuan tersebut kita bisa mengetahui suatu perusahaan bagus atau tidak. sehingga kita bisa membeli saham yang benar-benar cocok untuk investasi dan terhindar dari kerugian. Investasi saham termasuk high risk high return, dibutuhkan kemampuan analisa saham dan kendali emosi yang bagus supaya sukses dalam investasi saham. Analisa saham meliputi analisa tehnikal dan fundamental. analisa tehnikal cenderung digunakan untuk menganalisa fluktuasi harga saham. Analisa tehnikal cocok untuk trading.Sedangkan analisa fundamental adalah salah satu analisa saham dengan cara menganalisa kinerja perusahaan, seperti kinerja keuangan,management dan track record nya. Analisa fundamental saham sangat cocok untuk investasi saham. Ada salah satu metode investasi saham yang sangat terkenal dan sudah terbukti membuat investor saham menjadi orang terkaya didunia yaitu warrent buffet. metode tersebut adalah value investing atau investasi nilai. Metode value investing adalah suatu metode untuk mengetahui nilai instrinsik suatu saham.
Artikel terkait: cara sukses investasi saham 

Difinisi value investing adalah strategi memilih saham yang dijual dibawah nilai instrinsiknya. Investor sejati membeli saham yang undervalue. karena pasar terkadang terlalu berlebihan menanggapi suatu berita baik dan buruk sehingga banyak saham yang dihargai tidak sesuai fundamental perusahaan yang sesungguhnya. Dan tugas seorang investor yang menganut metode value investing adalah mencari saham-saham yang dijual dibawah nilai wajarnya akibat dari pasar salah dalam menilai harga suatu saham. Untuk mengetahui saham dijual dibawah harga wajarnya atau tidak biasanya adalah dengan melihat indikator Price book value (PBV) atau price earning ratio (PER).

Masalah terbesar dalam metode value investing adalah kita tidak pernah benar 100% dalam menghitung nilai suatu saham. karena perhitungan nilai dan pertumbuhan perusahaan dimasa depan hanya dengan menggunakan asumsi-asumsi dan data-data masa lampau. Ada yang menggunakan asumsi yang konservatif ada pula investor yang menggunakan asumsi yang agresif. Menghitung nilai instrinsik sangat bersifat subjektif. Penulis sendiri menggunakan asumsi-asumsi yang konservatif dalam metode value investing, Untuk mengurangi resiko kesalahan dalam analisa saham.

Postingan populer dari blog ini

Membership Rikopedia

Selamat datang di halaman Registrasi membership Rikopedia Research. Dengan join membership anda akan mendapatkan update saham pilihan Rikopedia. Bimbingan melihat peluang di pasar saham dari sudut pandang trader dan investor.   Kinerja Portofolio Rikopedia dan testimoni member klik  di sini Fasilitas membership detailnya sebagai berikut : Member akan mendapatkan update saham yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia. Informasi beli dan jual secara spesifik. Analisa saham secara teknikal, fundamental & analisa makro. Update news, Sentimen, Trading plan, Money dan risk management. Member bisa tanya jawab langsung melalui whatsapp. Sharing strategy trading dan investasi saham berdasarkan pengalaman Rikopedia sejak tahun 2008 Biaya join membership Rp.500,000/Bulan. Bagi anda yang berminat join membership dapat melakukan transfer ke rekening di bawah ini: 1. Bank Mandiri 1440013474108 Rikosiwi sandi Saputro. 2. Bank BCA 7915239226 Rikosiwi sandi Saputro. Members

Portofolio Rikopedia dan Testimoni Member

Screenshot salah satu portofolio Rikopedia dengan modal awal 500 juta Kinerja Tahun 2018 Kinerja Tahun 2019 Januari February Maret April Mei Juni July  Agustus  September Oktober November  Desember Kinerja Tahun 2020 Tanggal 11 Mei akumulasi BBRI 2250 lot harga 2630 Trading SCMA 27-28 Mei 2020  Tanggal 4 Juni 2020 profit 36 juta dari BBNI Profit 68 Juta dari saham BBNI Profit 37 juta dari saham ELSA Profit 40 juta tanggal 19 Juni 2020  Profit 61 Juta tanggal 3 July 2020                                      Tanggal 19 Oktober 2020 Rikopedia beli BSDE 18361 lot November 2020 Desember 2020 Kinerja Tahun 2021 Januari 2021 Trading ELSA 27 Januari 2021 Bulan February profit 268 juta Bulan Maret minus 5 juta PTBA profit 123 juta BBTN profit 65 juta                                                         Porto