Kinerja portofolio Rikopedia klik di sini
Cara join membership klik di sini

Jenis Saham Yang Umum Dikenal di Pasar Saham

Jenis Saham Yang Umum Dikenal di Pasar Saham

Berikut adalah beberapa jenis saham yang umum dikenal di pasar saham:

  1. Saham Biasa (Common Stock) Saham biasa adalah jenis saham yang paling umum dan memberikan hak suara dalam pengambilan keputusan perusahaan, seperti pemilihan direksi perusahaan dan pengumuman dividen. Pemegang saham biasa juga memiliki hak atas laba perusahaan setelah dibayarkan kepada pemegang saham preferen dan utang-utang perusahaan dilunasi.

  2. Saham Preferen (Preferred Stock) Saham preferen adalah jenis saham yang memberikan hak atas dividen tetap yang dibayar pada tingkat yang ditentukan, biasanya lebih tinggi dari saham biasa. Pemegang saham preferen biasanya tidak memiliki hak suara dalam pengambilan keputusan perusahaan, namun memiliki hak atas aset perusahaan jika perusahaan mengalami kebangkrutan.

  3. Saham Blue Chip Saham blue chip adalah saham perusahaan yang terkenal, besar, dan stabil, dengan catatan kinerja yang baik dan pembayaran dividen yang konsisten. Saham blue chip biasanya berasal dari perusahaan besar dan mapan, dan dikenal karena stabil dan tahan lama.

  4. Saham Spekulatif (Penny Stock) Saham spekulatif atau penny stock adalah saham yang diperdagangkan dengan harga yang sangat rendah dan memiliki risiko investasi yang tinggi. Saham spekulatif biasanya berasal dari perusahaan kecil atau baru yang belum terbukti secara finansial atau operasional.

  5. Saham Growth Saham growth adalah saham perusahaan yang tumbuh dengan cepat dan memiliki prospek pertumbuhan yang tinggi. Saham growth biasanya berasal dari perusahaan teknologi atau inovatif yang memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan besar di masa depan.

  6. Saham Nilai (Value Stock) Saham nilai adalah saham perusahaan yang diperdagangkan dengan harga yang dianggap lebih rendah dari nilai intrinsik perusahaannya. Saham nilai biasanya berasal dari perusahaan yang stabil dan telah terbukti secara finansial, namun diperdagangkan dengan harga yang dianggap undervalue.

  7. Saham Dividen Tinggi (High Dividend Stock) Saham dividen tinggi adalah saham perusahaan yang membayar dividen yang tinggi pada pemegang sahamnya. Saham dividen tinggi biasanya berasal dari perusahaan yang stabil dan memiliki arus kas yang kuat dan konsisten, sehingga mampu membayar dividen secara teratur.

Itulah beberapa jenis saham yang umum dikenal di pasar saham. Penting bagi investor untuk memahami karakteristik masing-masing jenis saham dan melakakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan investasi di pasar saham. Follow channel telegram Rikopedia untuk dapat update analisa dan stockpick saham pilihan klik link berikut telegram.me/rikopedia

Postingan terkait: