Join membership Rikopedia disini
Portofolio Rikopedia disini

Analisa value saham LSIP

PP london sumatera indonesia Tbk dengan kode saham LSIP adalah perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit (Agri) khususnya penghasil CPO. Perusahaan berdiri pada tanggal 18 desember 1962 termasuk anak usaha dari salah satu perusahaan AGRI yaitu salim ivomas pratama Tbk (SIMP.jk). Perkebunan LSIP tersebar diwilayah besar indonesia terutama didaerah sumatera utara,sumatera selatan, jawa,kalimantan timur, sulawesi utara dan sulawesi selatan. Bidang usaha LSIP adalah menjual komoditas yaitu CPO, dimana harga komoditas CPO diatur oleh suatu mekanisme pasar berdasarkan suplay and demand dan juga karena fator alam. Di indonesia sendiri sudah banyak perushaan-perusahaan CPO selain LSIP seperti AALI,BWPT,SIMP,UNSP.
Prospek saham-saham AGRI sebenarnya lebih cenderung tergantung harga komoditas CPO, jika suatu saat nanti harga CPO naik maka prospek saham CPO khususnya LSIP juga akan cerah. Selain itu juga harus melihat fundamental perusahaan bagus atau tidak. Harga CPO sendiri pada semester ke 2 tahun 2014 mengalami penurunan yang sangat signifikan bahkan membuat new low dari rata-rata harga CPO 5 tahun terakhir. Pada awal tahun 2014 harga CPO mengalami penguatan yang signifikan yang membuat harga saham-saham CPO di bursa efek indonesia mengalami penguatan signifikan.
Saham LSIP sendiri pada awal tahun 2014 berada pada level 1500an kemudian pada pertengahan bulan mei berada pada level 2450 an, setelah itu diawal semester 2 tahun 2014 mengalami penurunan yang cukup sinifikan karena harga CPO yang turun. namun yang membuat prospek saham-saham CPO di indonesia bagus adalah rencana PT perusahaan listrik negara (PLN) yang akan menggunakan CPO untuk biodieselnya.bahkan pertamina sendiri juga akan meningkatkan kandungan biodiesel pada komponen solar. Otomatis akan meningkatkan demand atau permintaan CPO dalam negeri. Nilai tukar rupiah yang terus melemah setelah pemilu ini bahkan sekarang sudah diatas Rp.12000 tentunya punya dampak positif pada emiten CPO khusunya LSIP. Karena semua emiten CPO d indonesia sepenuhnya berorientasi pada dolar (usd). Perusahaan CPO indonesia berorientasi pada USD karena lebih banyak menjual produk CPO keluar negeri. Jadi walau harga CPO sekarang terus tertekan (sekarang secara tehnikal harga CPO berada diarea bottom) saham LSIP punya prospek bagus dimasa depan. selain rupiah yang terus melemah penggunaan biodiesel dalam negeri juga akan meningkatkan permintaan CPO.
Analisa value saham LSIP
Analisa value saham LSIP
Sekarang mari kita lihat Kinerja keuangan saham LSIP secara keseluruhan. selama tahun 2011 sampai tahun 2013 penjualan LSIP mengalami penurunan sebesar -11% akibat permintaan dari konsumen CPO dunia yang menurun akibat perlambatan ekonomi. Namun pada semester 1 2014 penjualan LSIP mengalami kenaikan sebesar 22.08% dibandingkan semester 1 2013.Sedangkan untuk beban Pokok LSIP mengalami kenaikan sebesar 1.33%.  Laba bersih LSIP pada semester 1 2014 mengalami kenaikan sebesar 467.36 miliar atau naik sebesar 162.37% dibandingkan dengan laba bersih pada semester 1 tahun 2013. Kenaikan laba bersih ini jelas karena harga CPO yang naik signifikan pada awal tahun 2014.  LSIP pada semester satu 2014 memiliki return on equity (ROE) sebesar 12.79%.

Tabel valuasi saham-saham sektor plantation.


LSIPAALISIMPSSMS
EPS ttm155,561557,8158,3891,45
P/E12,1214,3113,3213,72
PBV1,893,20,85,2

Secara valuasi P/E saham LSIP pada harga sekarang 1885 dihargai dengan P/E paling murah dibandingkan dengan perusahaan satu sektor lainnya. walaupun secara rasio PBV masih kalah dibandingkan perusahaan satu sektor nya. apabila kita samakan P/E LSIP adalah 13 maka harga LSIP sekarang harusnya adalah 155.56 x 13= 2022. Jadi untuk jangka pendek pada harga sekarang ada peluang untuk trading dengan target price pada level harga 2000-2025. Rencana trading saham LSIP sudah saya bahas di artikel saya sebelumnya di analisa saham sektor plantation

Fair value atau harga wajar saham LSIP 

Dengan metode discount cashflow (DCF) dengan asumsi CAGR sebesar 20% (mengingat peningkatan kinerja LSIP yang cukup bagus) dengan rasio dividen payout sebesar 29% Asumsi P/E tahun depan saya sesuaikan rata-rata P/E industri CPO di indonesia sebesar 13. dengan tingkat diskon sebesar 20% maka harga wajar LSIP tahun depan adalah sebesar  2184 dengan margin of safety sebesar 15.84%. saya tidak akan menghitung harga wajar saham LSIP dengan asumsi jangka panjang karena kinerja perusahaan sangat tergantung dari harga komoditas CPO.

Apabila anda ingin mendapatkan update harian analisa value saham indonesia Rikopedia news silahkan follow akun G+ penulis di sebelah kanan blog ini. semoga bermanfaat.
Disclaimer ON 

Postingan terkait: