Langsung ke konten utama

Analisa Fundamental Saham: Menyaring Informasi Bursa

Belajar investasi mencakup mendalami bagaimana tutorial menganalisa instrumen investasi melewati info yang ada. Hal ini juga berlaku dalam berinvestasi saham. Informasi sangat penting bagi investor. Investor yang ingin berinvestasi saham untuk jangka panjang harus melakukan analisis fundamental dengan mencari tahu mengenai apa saja yang berkaitan dengan saham dan perusahaan yang menerbitkannya dan info lain yang sensitif terhadap saham sebagai bahan analisa fundamental saham.

Analisis fundamental artinya analisis berdasarkan faktor-faktor fundamental yang akan mensugesti kualitas nominal saham sebuah perusahaan dengan mencoba menonton keadaan perekonomian, industri, prospek saham dan tersebut.
Dalam melakukan analisis fundamental ada dua metode yang dipakai untuk menyaring saham-saham yang layak mendapat perhatian. Pertama, top-down (dari atas ke bawah), menonton faktor makro ekonomi terlebih dahulu untuk mengenal industri alias sektor perjuangan yang keren pada ketika itu. Kedua, bottom-up (dari bawah ke atas) yang artinya kebalikan dari metode top-down. Dalam metode ini, investor telah yakin memilih saham incaran (informasi yang mampu membikin harga saham naik).

Membaca tabel saham artinya info dasar. Tetapi itu hanya sebagian kecil saja. Ada tak sedikit info lain yang mampu dipakai oleh investor dan profesional investasi untuk menganalisa fundamental saham. Informasi yang terbuka alias bahkan yang tersembunyi diusahakan mencari tahu secepatnya.

Angka berbicara
Empat unsur info finansial mencakup: kualitas buku saham, pendapatan per saham, kualitas buku ekuitas dan ratio pengeluaran artinya indikator yang baik dari bentuk kedudukan sebuah perusahaan dan apakah sahamnya artinya investasi yang baik.

Analisa fundamental saham mampu dilakukan dengan mendalami kualitas buku saham. Pengertian kualitas buku artinya perbedaan antara asset perusahaan dan passive. Suatu kualitas buku yang kecil alias rendah dari begitu tak sedikit utang, misalnya, berarti bahwa profit perusahaan akan dibatasi mesikipun ia melakukan begitu tak sedikit bisnis. Kadan-kadang kualitas buku saham yang rendah berarti aset yang ditaksir terlalu rendah; para pakar berpendapat perusahaan-perusahaan ini artinya investasi yang baik.
Pendapatan per saham dihitung dengan membagi jumlah saham ke dalam keuntungan. Jika penghasilannya bertambah tiap tahun, berarti perusahaan terus bertumbuh.
Nilai buku ekuitas. Perolehan dalam ekuitas artinya persentase yang diperoleh dengan membagi penghasilan perusahaan per saham dengan kualitas bukunya.
Analisa fundamental saham yang lain mencakup ratio pengeluaran. Ratio pengeluaran artinya persentase penghasilan bersih perusahaan yang dipakai untuk membayar dividen.
Jumlah yang normal adalah 25% dan 50% dari penghasilan bersih.
Ratio yang lebih tinggi artinya perusahaan berjuang memenuhi kewajiban-kewajibannya.
Angka-angka tersebut dicatat dengan cara teratur dalam media finansial dan juga terdapat dari broker. Analisa fundamental saham dimulai dengan mendalami keempat unsur info finansial tersebut (nilai buku saham, pendapatan per saham, kualitas buku ekuitas, ratio pengeluaran).

Transparansi Informasi
Perusahaan terus bekerjasama dengan orang yang mempunyai sahamnya. Perusahaan dituntut dengan cara hukum untuk mengumumkan dari waktu ke waktu terhadap pemegang saham mengenai bagaimana jalannya urusan ekonomi perusahaan tersebut. Informasi tersebut mampu sangat bernilai dengan terus membuka rekening dalam investasi Anda.

Informasi untuk analisa fundamental saham yang paling lengkap diberikan perusahaan tercakup dalam laporan tahunannya. Anda juga mendapat laporan kwartalan, dengan ringkasan kinerja perusahaan pada ketika itu. Laporan tahunan semacam namanya yaitu sebuah laporan operasi perusahaan selagi setahun lalu. Sering sangat rumit dirancang dan diilustrasikan., biasanya dimulai dengan surat dari ceo perusahaan menyangkut masalah-masalah mutlak tahun lalu dann menunjukkan berbagai prediksi yang luas mengenai tahun yang akan datang.

Suatu laporan tahunan sebagai bahan analisa fundamental saham yang yang tipikal mencakup :

Bagian yang memuat garis besar filosofi perusahaan alias berbagai arti bagaimana perusahaan menjalankan bisnisnya.
Laporan detail masing-masing segmen mengenai operasi perusahaan.
Mereka mampu mengungkapkan kelemahan-kelemahan dalam struktur manajemen alias produk alias jasa yang diberikan perusahaan.
Informasi finansial, mencakup pernyataan profit dan kerugian selagi setahun dan lembar neraca yang memperlihatkan aset perusahaan dan pasiva pada akhir tahun dibanding tahun sebelumnya. Informasi finansial artinya salah satu bahan analisa fundamental saham yang penting.
Catatan kaki berkaitan dengan ringkasan keuangan mampu kadang-kadang mengungkapkan masalah-masalah semacam peraturan hukum yang menentang perusahaan alias peraturan-peraturan pemerintah yang mungkin mensugesti profitabilitas.
Pernyataan tertulis dari auditor juga mampu dijadikan sebagai acuan analisa fundamental saham. Pernyataan tertulis dari auditor mampu mententramkan pemegang saham sebab akuntan publik hanya yang terdaftar di Bapepam yang boleh mengaudit perusahaan publik telah mengecek laporan keuangan perusahaan dan menjamin bahwa itu fair dan akurat.
Pada dasarnya analisa fundamental saham mencakup:

Analisa empat sudut finansial, yaitu: kualitas buku saham, pendapatan per saham, kualitas buku ekuitas dan ratio pengeluaran.
Analisa laporan tahunan perusahaan tergolong di dalamnya: garis besar filosofi perusahaan, laporon detil operasi perusahaan, info finansial, catatan kaki dan pernyataan tertulis dari auditor.
Namun, supaya mampu membikin analisa fundamental dengan cara menyeluruh tak lumayan hanya menonton dari kedua faktor tersebut saja, namun harus menonton hal-hal semacam performa manajemen, operasional, transparansi, rencana, persaingan perusahaan (sejenis alias apple to apple), tingkat suku bunga, inflasi, pertumbuhan ekonomi dan kebijakan alias peraturan pemerintah.

Beberapa langkah yang harus Anda perbuat dalam melakukan analisis fundamental saham:

Amati dan pelajari keadaan makro ekonomi dan pasar. Disini Anda mampu menonton bidang perjuangan yang sedang baik dan prospeknya bagus.
Analisa laporan keuangan perusahaan tersebut untuk mengenal kinerjanya.
Membandingkan dengan perusahaan pesaing yang sejenis.
Analisa harga saham tersebut apakah telah murah.
Menilai efesiensi operasional perusahaan tersebut.
Memperhatikan kredibilitas manajemen dan pemegang saham mayoritas.
Mencari info dari sumber lain (berita, analisis media massa alias perusahaan sekuritas, akibat riset dan isu-isu) yang bekerjasama dengan perusahaan tersebut.

Milikilah saham-saham perusahaan dengan memahami betul kinerjanya, bidang bisnisnya, siapa yang menjalankannya dan prospek bisnisnya kedepan.

Postingan populer dari blog ini

Membership Rikopedia

Selamat datang di halaman registrasi membership Rikopedia. Dengan join membership anda akan mendapatkan update saham pilihan yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia.  Bimbingan trading saham dipandu langsung lewat group whatsApp.   Kinerja Portofolio Rikopedia dan testimoni member klik  di sini Fasilitas membership detailnya sebagai berikut : Update saham yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia.  Analisa saham secara teknikal, fundamental & analisa makro. Update news, Sentimen, Trading plan, Money dan risk management. Sharing strategy & ilmu trading saham dari pengalaman Rikopedia sejak tahun 2008. Semua dipandu dengan detail lewat group whatsapp. Biaya join membership Rp.500,000/Bulan. Bagi anda yang berminat join membership dapat melakukan transfer ke rekening di bawah ini: 1. Bank Mandiri 1440013474108 Rikosiwi sandi Saputro. 2. Bank BCA 7915239226 Rikosiwi sandi Saputro. Membership akan terhitung dari mulai tanggal konfirmasi pembayaran diterima

Portofolio Rikopedia dan Testimoni Member

Screenshot salah satu portofolio Rikopedia dengan modal awal 500 juta Kinerja Tahun 2018 Kinerja Tahun 2019 Januari February Maret April Mei Juni July  Agustus  September Oktober November  Desember Kinerja Tahun 2020 Tanggal 11 Mei akumulasi BBRI 2250 lot harga 2630 Trading SCMA 27-28 Mei 2020  Tanggal 4 Juni 2020 profit 36 juta dari BBNI Profit 68 Juta dari saham BBNI Profit 37 juta dari saham ELSA Profit 40 juta tanggal 19 Juni 2020  Profit 61 Juta tanggal 3 July 2020                                      Tanggal 19 Oktober 2020 Rikopedia beli BSDE 18361 lot November 2020 Desember 2020 Kinerja Tahun 2021 Januari 2021 Trading ELSA 27 Januari 2021 Bulan February profit 268 juta Bulan Maret minus 5 juta PTBA profit 123 juta BBTN profit 65 juta                                                         Porto