JOIN MEMBER PREMIUM SILAHKAN MASUK DISINI

Outlook Dampak kenaikan fed fund rate terhadap IHSG

keputusan the fed menaikan suku bunga menjadi 0.25% yang merupakan kenaikan suku bunga sejak tahun 2006 yang lalu. Hal tersebut menyebabkan suku bunga pinjaman menjadi 0.25%-0.50%. Proyeksi the fed untuk jangka menengah suku bunga menjadi 1.5% pada tahun 2016 dan 2.5% pada tahun 2017. Apa efeknya terhadap IHSG ?

Tadi malam setelah pengumuman the fed menaikan suku bunga menjadi 0.25% pasar menyambut positif kepeutusan the fed tersebut. Tapi apakah jangka panjang akan berefek bagus untuk IHSG?

1.Kenaikan suku bunga the fed akan mmbuat dolar semakin menguat terhadap IDR
Baca analisa target USDIDR disini.
-Jika IDR melemah akan berefek menggerus keuntungan perusahaan-perusahaan yang punya hutang dolar, produksi dengan bahan baku impor.
-Cadangan devisa juga akan turun,
Indonesia - Cadangan Devisa
cadangan devisa indonesia
-Suku bunga (bi rate) kedepan akan naik saat IDR terus melemah terhadap dolar.
-USD menguat akan menyebabkan harga komoditas semakin turun. Indonesia adalah gudang komoditas. semakin turun harga komoditas akan berefek buruk terhadap ekonomi indonesia.

2.fed rate naik dampak bagi Indonesia adalah terjadinya penarikan dana besar-besaran dari pasar keuangan sehingga menyebabkan pelemahan Rupiah dan turunnya harga-harga aset investasi, termasuk IHSG. IHSG tahun 2016-2017 akan jalan wave C cek analisanya disini 

3.fed rate naik akan menyebabkan volatilitas di pasar keuangan sehingga menyulitkan ekonomi dan pelaku bisnis untuk dapat mengandalkan pasar keuangan bagi perkembangan ekonomi yang positif tanpa kenaikan biaya yang tinggi.

4.Fed rate naik akan menyebabkan USD menguat dan membuat harga komoditas semakin turun.  ekspor indonesia yang notabene adalah komoditas kedean akan membuat ekonomi indonesia semakin sulit.

Postingan terkait: