Join membership Rikopedia disini
Portofolio Rikopedia disini

Dampak pelemahan rupiah terhadap IHSG dan ekonomi indonesia

Rupiah melemah ke level 13870 bahkan sempat tembus level 13900. Pelemahan rupiah sudah kita antispasi sebelumnya di group premium Rikopedia. Bisa lihat analisanya dibawah ini.

IHSG saat rupiah melemah

Nilai tukar rupiah terancam semakin melemah dengan kebijakan moneter luar negeri Amerika Serikat yang ingin menaikkan suku bunga acuan. Jika rupiah terus melemah tentunya dampaknya jelek buat makro ekonomi indonesia. Berikut beberapa dampak pelemahan rupiah terhadap ekonomi indonesia :

1. Jika dolar mahal dampaknya biaya produksi akan naik, dan pada akhirnya harga barang akan lebih mahal. Sementara konsumsi domestiknya masih stagnan akan mempengaruhi profit pengusaha.

2. Pelemahan rupiah bisa menjadi beban terhadap pembayaran cicilan dan bunga utang luar negeri pemerintah dan korporasi semakin membesar.Risiko gagal bayar utang swasta akan naik.

3. Indonesia sebagai negara net importir minyak mentah sangat sensitif terhadap pergerakan dolar AS. Jika dolar AS menguat terhadap rupiah, harga BBM akan tertekan baik yang subsidi maupun non subsidi.Efeknya penyesuaian harga BBM berbagai jebis diprediksi akan terus dilakukan.

4. Aliran modal asing yang keluar dapat semakin tinggi. Saat ini, mencapai Rp 27.5 triliun dana asing yang keluar dari IHSG (year to date/ytd) sejak april 2018.

5.Daya saing produk Indonesia baik domestik maupun ekspor, menjadi melemah. Lantaran, beberapa sektor industri bergantung oleh impor bahan baku dan barang modal.

Korelasi pelemahan rupiah terhadap IHSG 

Dampak pelemahan rupiah terhadap IHSG dan ekonomi indonesia
Perhatikan chart di atas. IHSG melemah signifikan saat rupiah melemah tahun 2013-2015. IHSG cenderung melemah saat rupiah melemah.

Analisa teknikal  IHSG



Dampak pelemahan rupiah terhadap IHSG dan ekonomi indonesia
IHSG cenderung tertahan di fibonacci 61.8% level 6350. indikator overbought. volume transaksi cenderung menurun mengindikasikan kekuatan bullish IHSG mulai melemah. IHSG potensi melemah ke level 6250-6140. 


Peluang trading dan investasi

1. Rupiah melemah akan menguntukan perusahaan yang memiliki orientasi ekspor seperti TKIM INKP ITMG HRUM SRIL TINS.

2. Bullish harga komoditas metal dan energy akan menguntungkan saham-saham pertambangan

3.Cari saham-saham yang potensi membagikan dividen yield tinggi seperti TOTL ADMF NRCA PANS


Dapatkan update analisa saham dari kami dengan join member premium disini 
Channel telegram disini
Facebook fanpage rikopedia disini










Postingan terkait: