Join member premium masuk di sini

Analisa saham MBAP, valuasi murah dividen yield sangat tinggi

PT Mitrabara Adiperdana Tbk (Kode saham MBAP) merupakan bagian dari Group Baramulti yang didirikan pada tahun 1992. Perusahaan memulai kegiatan produksi batubara sejak tahun 2008 bersama - sama dengan anak perusahaan, PT Baradinamika Mudasukses dengan total lahan pertambangan seluas 2.960 hektar di dalam Kabupaten Malinau, provinsi Kalimantan Utara (dahulu Kalimantan Timur).

Dengan infrastruktur yang terintegrasi dan didukung oleh pengalaman tim manajemen di industri batu bara selama lebih dari 10 tahun, pada tahun 2016 Perusahaan berhasil meningkatkan kapasitas produksi batu bara hingga mencapai kurang lebih 4 juta ton, yang dipasarkan kepada konsumen di Asia Pasifik.

Spesifikasi produk batu bara Perusahaan merupakan batubara medium kalori, dengan kandungan abu yang rendah dan sulfur yang sangat rendah, sehingga lebih ramah lingkungan dan diminati oleh pasar premium, khususnya Negara –negara yang sangat memperdulikan kepentingan lingkungan. Pada tahun 2014, Perusahaan merupakan satu-satunya perusahaan tambang yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia, dan mendapatkan penghargaan dari Warta Ekonomi sebagai The Fastest Growing Issuers tahun 2015 untuk sektor pertambangan batubara.

Analisa saham MBAP, valuasi murah dividen yield tinggi

Dalam hal pengembangan bisnis, Perseroan juga menambah cadangan batu bara dengan agresif melakukan kegiatan akuisisi perusahaan–perusahaan tambang (eksternal dan internal), maupun pengembangan bisnis pada bidang usaha lainnya yang tetap fokus pada bidang usaha energi, termasuk bidang usaha energibaru yang terbarukan. Pada tahun 2017, Perseroan telah melakukan akuisisi saham PT Duta Bara Utama sebesar 13,33%. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batubara terletak di Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Rencananya, pada tahun ini MBAP akan menambah nilai akuisisi pada PT Duta Bara Utama dengan kepemilikan minimal menjadi 26%.  

Analisa saham MBAP, valuasi murah dividen yield sangat  tinggi

Pemegang saham MBAP 60% di pegang PT wahana sentosa cemerlang , 30% Idemitsu kosan co Ltd 30% dan yang ada di publck hanya 10%.  Karena saham yang beredar di publik sangat kecil MBAP kategori saham tidak liquid transaksi harian dibawah 10 milyar. Idemitsu kosan Co Ltd salah satu Pelanggan Mitrabara,  perusahaan perminyakan yang berbasis di Jepang. 

Kinerja perusahaan sangat tergantung dengan harga komoditas coal. Newcastle coal sudah tercatat diatas level $100. Bullish komoditas coal akan berdampak positif ke kinerja perseroan

Analisa saham MBAP, valuasi murah dividen yield tinggi


Kinerja MBAP

Analisa saham MBAP, valuasi murah dividen yield sangat  tinggiAnalisa saham MBAP, valuasi murah dividen yield sangat  tinggi


Revenue, Net income, Net profit margin dan operating profit margin perusahaan terus meningkat sejak tahun 2016 sejalan dengan kenaikan harga komoditas coal. Management perusahaan juga tipe konservatif terlihat dari rasio debt to equity perusahaan yang hanya 30.71%. 

Valuasi saham MBAP

Analisa saham MBAP, valuasi murah dividen yield sangat  tinggi

Yang paling menarik dari MBAP adalah valuasinya yang sangat murah dengan ROE 53.83% saham MBAP hanya dihargai pada PE 4.05x dan PBV 2.1. Saham yang punya ROE diatas 20% biasanya PE nya diatas 10x. 
Dividen yield pada harga sekarang juga sangat tinggi yaitu kisaran 15% mengalahkan bunga deposito or obligasi. dividen payout rasio konsisten di range 40%-80%. sangat cocok untuk dividen hunter. 

Teknikal saham MBAP

Analisa saham MBAP, valuasi murah dividen yield sangat  tinggi


Secara teknikal saham MBAP masih bergerak dalam trend sideways dan tidak liquid jadi tidak cocok untuk trader jangka pendek khusus untuk value investor atau dividen hunter. 

Dapatkan ide trading dan investasi saham dengan join member premium disini 
Channel telegram disini
Facebook fanpage rikopedia disini
Testimoni member rikopedia disini




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Analisa saham MBAP, valuasi murah dividen yield sangat tinggi"

Posting Komentar