Portofolio Rikopedia klik disini
Cara join membership klik disini

Fakta tentang investasi saham yang wajib anda ketahui

Banyak mitos tentang pasar saham yang beredar diluar. Banyak yang salah kaprah memahami tentang investasi saham sehingga banyak gagal dan bangkrut di pasar saham. 90% pemula cenderung gagal dalam investasi saham. Kali ini saya akan memberi tahu anda tentang fakta sebenarnya tentang investasi saham. 

Fakta tentang investasi saham yang wajib anda tahu

  • Pasar jangka pendek cenderung naik turun namun jangka panjang pasar selalu naik. 
Dalam jangka pendek pasar akan melewati tren kenaikan dan penurunan secara acak, kejutan dan guncangan. Naik turun ini yang menyebabkan kerugian dan ketakutan bagi para investor yang tidak berpengalaman. Namun didalam jangka panjang pasar akan selalu naik. 

Fakta tentang investasi saham yang wajib anda ketahui
Perhatikan data imbal hasil bursa saham asia dalam 10 tahun terakhir. IHSG memberikan return 198.3% dalam 10 tahun terakhir. 

Harus diperhatikan bahwa prinsip ini berlaku hanya kepada pasar secara keseluruhan dan TIDAK berlaku kepada saham satuan. Harga saham satuan bisa turun dan tidak pernah naik kembali. 

  • Lebih lama anda berinvestasi resiko anda semakin rendah 
Jika anda berinvestasi dalam periode satu tahun kesempatan anda rugi 28% dan kesempatan anda untung 72%. Jika anda telah berinvestasi berinvestasi di dalam periode 5 tahunan kesempatan anda rugi akan menjadi 0% kesempatan anda untuk untuk menjadi 100%.  Tanpa perlu penjelasan lagi dengan tetap berinvestasi selama kurang-kurangnya 10 tahun akan memberikan suatu keuntungan yang bebas resiko. Dengan kata lain anda selalu menang dan menghasilkan uang jika anda memegang saham anda cukup lama. 

Demikian sedikit sharing tentang investasi saham semoga bermanfaat

Postingan terkait: