Kinerja portofolio Rikopedia klik di sini
Cara join membership klik di sini

Putusan Pembagian Dividen

 

Putusan Pembagian Dividen

Putusan pembagian dividen adalah keputusan yang diambil oleh perusahaan untuk memutuskan berapa jumlah dividen yang akan dibagikan kepada pemegang saham. Keputusan ini biasanya dibuat dalam rapat dewan direksi atau rapat umum pemegang saham (RUPS), dengan mempertimbangkan berbagai faktor, seperti kinerja keuangan perusahaan, kebutuhan modal, rencana investasi, dan kebijakan perusahaan.

Pertimbangan utama dalam pembagian dividen adalah kinerja keuangan perusahaan. Jika perusahaan menghasilkan laba yang baik, maka keputusan untuk membayar dividen bisa dipertimbangkan. Namun, jika perusahaan memerlukan modal tambahan untuk mengembangkan bisnisnya atau membayar hutang, maka keputusan untuk membayar dividen mungkin ditunda atau diurungkan.

Selain itu, perusahaan juga dapat mempertimbangkan kebijakan dividen, yaitu persentase dari laba bersih yang dibayarkan kepada pemegang saham. Beberapa perusahaan menerapkan kebijakan dividen yang stabil, di mana dividen yang dibayarkan setiap tahunnya relatif tetap atau naik secara bertahap seiring dengan kinerja keuangan perusahaan. Sementara itu, beberapa perusahaan yang lebih baru atau berkembang mungkin tidak membayar dividen sama sekali dan memilih untuk memanfaatkan laba bersihnya untuk pengembangan bisnis yang lebih jauh.

Pemegang saham juga dapat mempengaruhi keputusan pembagian dividen melalui hak suara mereka dalam RUPS. Namun, keputusan akhir tetap tergantung pada manajemen perusahaan dan pertimbangan keuangan dan bisnis yang diambil.

Cara join membership Rikopedia klik disini

Postingan terkait: