Join membership Rikopedia klik disini
Portofolio dan testimoni klik disini

Analisa value saham ASII

Analisa saham ASII. PT Astra international Tbk adalah salah satu saham aneka indutri sub sektor otomotif.dengan kapitalisasi market sebesar 265 triliun rupiah. sektor usaha ASII meliputi otomotif, jasa keuangan, agribisnis,tehnologi informasi,alat berat dan pertambangan,infrastruktur dan logistik. Pada awal mula bisnisnya ASII adalah sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama PT.Astra international inc. Salah satu perusahaan yang sudah melewati berbagai macam tantangan ekonomi yang terjadi di indonesia selama lebih dari 50 tahun.Perusahaan ASII adalah perusahaan besar dengan fundamental yang kuat yang memiliki banyak sektor bisnis. Dari semua sektor usaha ASII yang paling menyumbang kontribusi terbesar terhadap pendapatan perusahaan adalah bisnis otomotif dengan produk yang menyumbang pendapatan perusahaan sebesar 56%. Sektor bisnis otomotif ASII antara lain penjualan mobil dan sepeda motor. Penjualan mobil astra memiliki pangsa pasar sebesar 53%. Sedangkan penjualan sepeda motor memiliki pangsa pasar sebesar 58%. Untuk bisnis jasa keuangan menyumbang kontribusi pendapatan sebesar 7% didukung kinerja dari permata bank, astra credit companies,Toyota astra finance dan federal astra finance yang berkonsentrasi pada pembiayaan otomotif.Alat berat dan pertambangan menyumbang pendapatan perusahaan sebesar 26% didukung kinerja dari PT.united tractor dan anak usaha pemapersada yang bergerak disektor pertambangan batubara. AGRI bisnis menyumbang pendapatan perusahaan sebesar 7% didukung kinerja dari PT Astra agro lestari,sedangkan infrastruktur dan lainnya memberikan kontribusi pendapatan ASII sebesar 3%, untuk tehnologi informasi menyumbang pendapatan perusahaan sebesar 1%. Dari semua bisnis ASII yang paling besar dan dominan memberikan kontribusi pendapatan ASII adalah sektor bisnis otomotif.Perusahaan ASII selama 5 tahun terakhir selalu konsisten bertumbuh dan menjadi besar.Namun jika anda ingin berinvestasi dan membeli saham ASII  sebaiknya pertimbangkan hal ini. Apakah perusahaan kedepannya akan terus berumbuh? bagaimana prospek kedepannya? berapa harga wajar perusahaan? Di blog ini kami ingin membantu anda memberikan analisa value saham ASII 

Prospek saham ASII dimasa depan
ASII adalah perusahaan yang sangat besar yang memiliki banyak sektor bisnis usaha, dan yang terbesar adalah bisnis otomotif yang menyumbang pendapatan kepada group astra sebesar 56%. Di indonesia sendiri bisnis otomotif berkembang dengan sangat baik ditandai dengan bertumbuhnya produksi dan penjualan produk otomotif.Di indonesia peningkatan produksi serta penjualan otomotif terutama mobil naik 3.5 kali lipat hanya dalam waktu 6 tahun sejak tahun 2006 sampai tahun 2012.Pertumbuhan tahunan atau CAGR produksi mobil di indonesia adalah sebesar 20%. 

Analisa value saham ASII


Indonesia adalah pasar otomotif dengan pertumbuhan produksi and sales terbesar diasia tenggara. Kedepannya industri otomotif akan terus bertumbuh sejalan dengan meningkatnya ekonomi indonesia. apalagi ASII adalah market leader di sektor otomotif. Jadi semakin meningkatnya ekonomi indonesia yang dibarengi dengan jumlah permintaan otomotif maka perusahaan juga akan selalu bertumbuh. selain itu perusahaan juga melakukan diversifikasi bisnis diberbagai sektor dan dikelola management yang yang sudah terbukti mampu membuat perusahaan menjadi besar seperti sekarang.
Pada tahun awal tahun 2013 pemerintah memberlakukan peraturan mobil murah dan ramah lingkungan ( low cost green car/LCGC) , ASII terbukti mampu membuktikan bisa dengan mudah mengahadapi tantangan dan menjadi market leader mobil LCGC di indonesia. 

Tantangan dan Resiko bisnis dimasa depan
  1. Perlambatan ekonomi akibat BI rate yang terus naik, nilai tukar IDR/USD yang terus melemah 
  2. Kemajuan tehnologi dimasa depan, jika perusahaan tidak mampu menyesuaikan diri dan tidak bisa berinovasi menghadapi kemajuan tehnologi otomotif maka ada peluang pangsa pasar ASII akan tergeser oleh pesaingnya. Tetapi selama ini terbukti ASII bisa menyesuaikan diri menghadapi kemajuan tehnologi.
  3. Munculnya pesaing-pesaing baru yang merebut pangsa pasar ASII
  4. Ada rumor kalau mobil murah LCGC terancam tidak diteruskan oleh presiden baru yaitu jokowi. Dalam jangka pendek hal ini akan berdampak buruk karena akan mengurangi penjualan ASII
  5. Coal dan CPO yang terus melemah akan berefek pada pendapatan (income) UNTR dan AALI yang berkontribusi menyumbang pendapatan perusahaan
Analisa kinerja keuangan saham ASII
Analisa value saham ASII

  • Aset perusahaan naik 140,55% selama 5 tahun terakhir atau dengan CAGR sebesar 24.5%
  • Sejak tahun 2009 sampai tahun 2013 ekuitas perusahaan naik sebesar 117% atau dengan CAGR sebesar 21.7%
  • Laba bersih perusahaan naik sebesar 93.40% atau dengan CAGR sebesar 17.9%
  • Selama lima tahun terakhir ROE perusahaan konsisten selalu di atas 20%
  • Perusahaan juga tidak pernah merugikan pemegang saham dengan melakukan rights issue untuk menambah modal
  • Rasio dividen payout selama 5 tahun terakhir selalu konsisten diatas 45%
  • kesimpulannya perusahaan mampu melipatgandakan pendapatannya dalam waktu 5 tahun. secara keseluruhan kinerja keuangan ASII bagus.
Analisa value saham ASII

Valuasi dan harga wajar saham ASII
Pada harga sekarang 6550 saham ASII dihargai dengan P/E 12.9 dan PBV sebesar 2.9. Perusahaan ASII adalah perusahaan yang sangat besar dan termasuk dalam kategori bluechip jadi wajar saja kalau sahamnya dihargai cukup mahal dengan PBV sebesar 2.9. Perusahaan yang sudah besar biasanya pertumbuhannya lambat. 
Menghitung Harga wajar saham ASII metode discount cashflow (formula DCF silahkan download disini)
  • EPS ttm sebesar 504.2
  • Asumsi CAGR laba bersih masa depan sebesar 10% (konservatif)
  • Asumsi dividen payout sebesar 30%
  • Tingkat diskon sebesar 20%
  • Asumsi P/E masa depam 10
Harga wajar saham ASII adalah 7613 dengan margin of safety sebesar 16.23%.


"Alam semesta ini pada dasarnya berlimpah. Tidak ada kekurangan kecuali dalam pikiran kita sendiri"

                     

Postingan terkait: