Join member Rikopedia disini
Portofolio Rikopedia disini

Analisa value saham murah DGIK

Analisa value saham DGIK atau Nusa konstruksi enjiniring Tbk adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bisnis jasa konstruksi, perdagangan, industri, agen atau perwakilan, pertambangan, real estate, investasi. sudah berdiri sejak tahun 1982. komposisi pemegang saham DGIK sebanyak 33.03% dipegang oleh PT lintas kebayoran kota,  14.71% dipegang oleh PT. rezeki segitiga emas, sebanyak 7.35% dipegang oleh PT lokasindo aditama. Beberapa contoh hasil kinerja perusahaan antara lain hotel sahid di yogyakarta dan the prominence tower alam sutera di tangerang. Industri konstruksi di indonesia memiliki prospek yang cukup bagus mengingat adanya proyek MP3I dan agresifnya pemerintah dalam mengenjot pembangunan di indonesia seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya disini analisa value saham wskt. Selain itu pemerintah baru yang terpilih yaitu jokowidodo fokus pada pembangunan infrastruktur. Perusahaan juga telah membuka kantor baru diarab saudi dan bekerja sama dengan britmindo (perushaan asing)  dibidang pertambangan. Hal tersebut akan menguntungkan perusahaan karena perusahaan memiliki potensi menembus pasar baru dalam bidang konstruksi.usaha ventura dengan pihak asing itupun membuktikan perusahaan mampu dan memiliki kualitas standart internasional.
Perusahaan DGIK  juga masuk dalam sektor energi yaitu membangun pembangkit mini hydro yang akan berkontribusi memberikan pendapatan perusahaan dimasa depan. 

Pada akhir tahun 2013 lalu perusahaan memiliki kontrak baru seperti
1. The Prominence Tower Alam Sutera, Tangerang
2. Satu 8 Residence, Jakarta 
3. The Mansion at Dukuh Golf Kemayoran, Jakarta 
4. Hotel Sahid, Yogyakarta 
5. Balikpapan Superblock, Kalimantan Timur
6. Mercure Hotel, Bali.

Kinerja keuangan saham DGIK
DGIK selalu konsisten bertumbuh sejak tahun 2011 sampai tahun 2014. pada tahun kemarin perusahaan mampu meningkatkan laba bersih hampir 40%. Hal tersebut karena banyaknya kontrak konstruksi bangunan. Pada kuartal 3 tahun 2014 laba bersih perusahaan meningkat sebesar 17% dibandingkan tahun sebelumnya. Dibandingkan perusahaan satu sektornya saham DGIK memiliki leverage lebih rendah. Pada kuartal 3 tahun 2014 perusahaan memiliki liabilitas sebesar 815 milyar turun jika dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 1.04 triliun. 
Berikut grafik data kinerja keuangan saham dari tahun 2011 sampai tahun 2013.

Analisa value saham DGIK

Analisa value saham DGIK
Dari data diatas terlihat perusahaan terus mendapatkan keuntungan dan peningkatan investasi swasta di bidang properti,infrastruktur dan komersial. 

Tantangan bisnis perusahaan dimasa depan
Perusahaan DGIK adalah salah satu perusahaan swasta. Perusahaan harus mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan konstruksi BUMN untuk bisa meningkatkan order book atau kontrak baru dibidang konstruksi.

Valuasi saham DGIK
Saham DGIK pada harga sekarang 190 dihargai dengan P/E sebesar 14.13 dan PBV sebesar 0.95. sangat murah bukan ????? Coba bandingkan valuasi saham DGIK dengan saham-saham konstruksi lain seperti WSKT,WIKA,ADHI yang rata-rata memiliki P/E diatas 20 dan PBV diatas 3. menurut penulis saham DGIK sekarang sangat-sangat murah. dengan asumsi sederhana P/E perusahaan di asumsikan sesuai rata-rata P/E sektor konstruksi sebesar 20 maka harga wajar DGIK dengan EPS ttm sebesar 13.43 maka harga saham DGIK adalah 268. 

Menghitung Fair value saham DGIK metode DCF sederhana
Dengan EPS ttm sebesar 13.43 dan asumsi CAGR pertumbuhan laba bersih perusahaan konservatif sebesar 15%. dengan rasio dividen payout sebesar 15% (konservatif) . dengan proyeksi P/E masa depan sebesar 15 maka harga wajar (fair value) saham DGIK adalah 355 dengan margin of safety sebesar 86.85%. 

"Today is perfect
Today is a great day"
Rikopedia






Postingan terkait: