Portofolio Rikopedia klik disini
Cara join membership klik disini

Analisa valuasi saham perbankan

Sektor perbankan di indonesia adalah salah satu sektor yang mempunyai prospek bagus dimasa depan. Alasannya karena jumlah penduduk indonesia yang semakin banyak dan pertumbuhan ekonomi indonesia yang semakin kuat dan terus naik. Selain itu kedepannya dana asing yang terus masuk karena melihat fundamental dan prospek ekonomi indonesia yang semakin kuat dan bagus juga akan meningkatkan likuiditas keuangan di indonesia.sederhananya Sektor perbankan sebenarnya mendapatkan keuntungan dari penyaluran kredit kepada nasabahnya. dengan meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah melalui peningkatan daya beli masyarakat penyaluran kredit juga akan semakin meningkat karena akan banyak sektor usaha melakukan ekspansi dengan mengajukan kredit ke sektor perbankan. Saham perbankan di indonesia bisa dibilang sekuat sektor consumer goods tetapi biasanya apabila suatu negara mengalami krisis sektor perbankan yang akan jatuh paling dalam. Tetapi menurut penulis indonesia masih akan lama untuk mengalami krisis lagi mengingat indonesia sekarang dalam masa growth (bertumbuh), gejolak pastinya ada tetapi dalam batas wajar.
Sekarang saya akan memvaluasi saham-saham perbankan di indonesia tentunya tidak semuanya mengingat jumlah saham perbankan di bei yang sangat banyak. yang belum saya analisa hari ini lain kali pastinya akan saya bahas di blog ini. Untuk mendapatkan update analisa saham melalui Rikopedia news silahkan follow penulis melalui akun G+ di sebelah kanan blog ini sehingga anda tidak ketinggalan update terbaru analisa saham dari kami. 

Analisa saham perbankan 

Bank rakyat indonesia Tbk (BBRI.JK) merupakan salah satu sektor perbankan unggulan saya karena fundamental yang kuat dan valuasinya yang murah. selain itu dalam hal penyaluran kredit saham BBRI yang dibidik adalah kalangan masyarakat menengah jumlah kantor cabang atau unit dan ATM yang sudah tersebar diseluruh indonesia bahkan sampai ke pelosok desa. itu salah satu nilai plus dari saham BBRI.
selain itu NPL (non performing loan) yang selalu turun sejak tahun 2007 sampai tahun 2013 menujukan BBRI lebih hati-hati dalam penyaluran kredit ke nasabahnya. berikut data-data keuangan saham BBRI sejak tahun 2009-2013

Analisa valuasi saham perbankan
BBRI.JK

Dari data diatas bisa kita lihat kalau aset BBRI selama 5 tahun terakhir terus meningkat dengan CAGR sebesar 18.6% selain itu perusahaan juga mampu meningkatkan penyaluran kreditnya hampir 2 kali lipat sejak tahun 2009 dengan CAGR sebesar 21.1%. untuk CAGR laba bersih nya bisa dibilang sangat bagus yaitu sebesar 30.7% . untuk rasio kecukupan modal  bbri pada tahun 2013 memiliki angka CAR sebesar 16.99. secara fundamental saham BBRI bisa dibilang sangat bagus. Untuk valuasinya pada harga 10025 saham BBRI memiliki P/E ttm sebesar 10.791 bisa dibilang murah untuk saham dengan fundamental bagus seperti BBRI, rasio PBV sebesar 2.91.
Kapitalisasi saham BBRI sebesar 247.3 Triliun. termasuk salah satu saham dengan kapitalisasi terbesar di bursa efek indonesia.

Sekarang mari kita hitung fair value atau harga wajar saham BBRI dengan metode ben graham
dengan EPS ttm sebesar 935.873 dan asumsi growth 15% (konservatif) maka harga wajar adalah 20790 dengan margin of safety sebesar 107.38%
Menghitung harga wajar saham BBRI dengan metode discount cash flow (DCF) dengan Asumsi growth 15%  dengan tingkat diskon 20% proyeksi price earning ratio (P/E) dimasa depan adalah 10, dengan tingkat rasio dividen payout sebesar 24% maka harga wajar saham BBRI adalah 17140 dengan margin of safety sebesar 70.97%
 Maka bisa saya simpulkan range harga wajar saham BBRI adalah pada area harga 17140-20790

Secara tehnikal saham BBRI berada dalam fase bearish setelah break support trendline dan hari ini close di area support kuatnya. untuk trader bisa akumulasi dengan target  10800.

Bank central asia Tbk (BBCA) 
Salah satu saham perbankan terbesar di indonesia dengan kapitalisasi market sebesar 299 triliun. BBCA menurut saya lebih fokus pada kalangan menegah ke atas dengan nama besar atau brand yang sudah dikenal diseluruh indonesia. dan salah satu perusahaan perbankan yang paling terpercaya. salah satu saham perbankan yang sudah lama berdiri sejak tahun 1955.
Data keuangan BBCA
Analisa valuasi saham perbankanAnalisa valuasi saham perbankan

Dari data diatas bisa kita ketahui BBCA konsisten bertumbuh mulai dari total aset yang selalu meningkat setiap tahunnya. serta NPL yang selalu turun setiap tahunnya artinya penyaluran kredit BBCA lebih konservatif. untuk pertumbuhan laba bersih selama lima tahun terakhir sejak tahun 2009 sampai tahun 2013 adalah sebesar 20.3% namun lebih bagus saham BBRI yang sebesar 30%.
Rasio kecukupan modal BBCA adalah sebesar 15.7%. 
Pada harga 12125 saham BBCA dihargai dengan P/E sebesar 18.96 dan PBV sebesar 4.25 lebih mahal dari saham BBRI mungkin dikarenakan saham BBCA memiliki brand dan tingkat kepercayaan nasabah yang tinggi sehingga dihargai dengan P/E dan PBV yang lebih tinggi.

Sekarang mari kita hitung fair value atau harga wajar saham BBCA Untuk fair value saham BBCA dengan metode benyamin graham dengan EPS ttm sebesar 663.28 dan asumsi growth sebesar 15% maka harga wajar saham BBCA adalah 14732 dengan margin of safety sebesar 21.50%
Dengan metode valuasi discount cash flow (DCF) dengan asumsi growth 15% (konservatif) dan P/E masa depan sebesar 15 dengan tingkat diskon 20% maka harga wajar saham BBCA adalah 17104
maka bisa saya simpulkan kalau harga wajar saham BBCA adalah pada range 14732-17104
Demikian Analisa valuasi saham perbankan semoga informasi ini bermanfaat anda. silahkan tunggu update analisa saham kami selanjutnya.

Apabila informasi ini bermanfaat dan ingin mendapatkan update analisa harian dari kami jangan lupa follow G+ penulis di pojok kanan blog. 




Postingan terkait: