Langsung ke konten utama

Cara Menjadi Trader Saham Sukses

Menjadi trader saham adalah salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga saham di pasar modal. Trader saham berbeda dengan investor saham, karena trader saham lebih fokus pada jangka waktu pendek, biasanya harian atau mingguan, dan lebih mengandalkan analisa teknikal daripada analisa fundamental. Trader saham juga harus lebih aktif, disiplin, dan fleksibel dalam mengambil keputusan jual beli saham.

Cara Menjadi Trader Saham Sukses


Berikut adalah beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menjadi trader saham sukses :

1. Memiliki pengetahuan dasar tentang trading saham. Anda harus memahami istilah-istilah yang sering digunakan dalam trading saham, seperti bullish, bearish, stop loss, cut loss, profit taking, IPO, buyback, dan lain-lain. Anda juga harus mempelajari jenis-jenis saham berdasarkan kapitalisasinya, seperti saham blue chip, midcap, dan small cap. Anda juga harus mengetahui cara membaca grafik pergerakan harga saham dan indikator teknikal yang bisa membantu Anda menganalisa tren dan pola-pola pasar.

2. Menyiapkan modal dan punya money management. Anda harus menentukan berapa modal yang Anda siapkan untuk trading saham dan bagaimana Anda mengelola modal tersebut. Anda harus membagi modal Anda menjadi beberapa bagian sesuai dengan resiko dan potensi keuntungan yang Anda targetkan. Anda juga harus menetapkan batas kerugian maksimal yang Anda bisa terima (stop loss) dan batas keuntungan yang Anda inginkan (profit taking) untuk setiap transaksi yang Anda lakukan. Anda juga harus disiplin untuk menjalankan rencana money management Anda dan tidak tergoda untuk melanggarnya.

3. Siapkan waktu yang tepat dan buat trading plan yang benar. Anda harus menentukan kapan waktu yang paling cocok untuk Anda melakukan trading saham, apakah pagi, siang, atau sore. Anda juga harus memperhatikan faktor-faktor yang bisa mempengaruhi pergerakan harga saham, seperti berita ekonomi, politik, sosial, atau korporasi. Anda juga harus membuat trading plan yang berisi tujuan, strategi, kriteria, dan evaluasi trading Anda. Trading plan ini akan membantu Anda untuk tetap fokus dan konsisten dalam trading saham.

4. Pilih perusahaan sekuritas yang tepat dan kredibel. Anda harus memilih perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan trading saham yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Perhatikan faktor-faktor seperti biaya transaksi, fasilitas online trading, layanan pelanggan, reputasi, dan legalitas perusahaan sekuritas tersebut. Pastikan Anda memilih perusahaan sekuritas yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) agar terjamin keamanan dan kenyamanan transaksi Anda.

5. Mulai dari modal kecil. Jika Anda masih pemula dalam trading saham, sebaiknya mulailah dari modal kecil terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda untuk belajar dari pengalaman dan menghindari kerugian besar jika terjadi kesalahan. Anda bisa meningkatkan modal Anda secara bertahap seiring dengan perkembangan kemampuan dan kepercayaan diri Anda dalam trading saham.

6. Jangan tergoda dengan saham gorengan dan kelola psikologi trading. Saham gorengan adalah saham dengan likuiditas rendah namun harganya naik turun secara drastis dalam waktu singkat karena adanya manipulasi atau spekulasi pasar. Saham gorengan bisa sangat menggiurkan bagi trader pemula karena menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat. Namun, saham gorengan juga sangat berisiko karena bisa membuat Anda rugi besar jika tidak hati-hati. Oleh karena itu, hindari saham gorengan dan pilihlah saham-saham berkualitas yang memiliki fundamental baik dan prospek cerah. Selain itu, kelola psikologi trading Anda dengan baik agar tidak terpengaruh oleh emosi negatif seperti takut, serakah, atau marah saat trading saham. Tetap tenang, rasional, dan objektif dalam mengambil keputusan trading. 

Follow channel telegram Rikopedia klik disini


Postingan populer dari blog ini

Membership Rikopedia

Selamat datang di halaman Registrasi membership Rikopedia Research. Dengan join membership anda akan mendapatkan update saham pilihan Rikopedia. Bimbingan melihat peluang di pasar saham dari sudut pandang trader dan investor.   Kinerja Portofolio Rikopedia dan testimoni member klik  di sini Fasilitas membership detailnya sebagai berikut : Member akan mendapatkan update saham yang masuk dan keluar portofolio Rikopedia. Informasi beli dan jual secara spesifik. Analisa saham secara teknikal, fundamental & analisa makro. Update news, Sentimen, Trading plan, Money dan risk management. Member bisa tanya jawab langsung melalui whatsapp. Sharing strategy trading dan investasi saham berdasarkan pengalaman Rikopedia sejak tahun 2008 Biaya join membership Rp.500,000/Bulan. Bagi anda yang berminat join membership dapat melakukan transfer ke rekening di bawah ini: 1. Bank Mandiri 1440013474108 Rikosiwi sandi Saputro. 2. Bank BCA 7915239226 Rikosiwi sandi Saputro. Members

Portofolio Rikopedia dan Testimoni Member

Screenshot salah satu portofolio Rikopedia dengan modal awal 500 juta Kinerja Tahun 2018 Kinerja Tahun 2019 Januari February Maret April Mei Juni July  Agustus  September Oktober November  Desember Kinerja Tahun 2020 Tanggal 11 Mei akumulasi BBRI 2250 lot harga 2630 Trading SCMA 27-28 Mei 2020  Tanggal 4 Juni 2020 profit 36 juta dari BBNI Profit 68 Juta dari saham BBNI Profit 37 juta dari saham ELSA Profit 40 juta tanggal 19 Juni 2020  Profit 61 Juta tanggal 3 July 2020                                      Tanggal 19 Oktober 2020 Rikopedia beli BSDE 18361 lot November 2020 Desember 2020 Kinerja Tahun 2021 Januari 2021 Trading ELSA 27 Januari 2021 Bulan February profit 268 juta Bulan Maret minus 5 juta PTBA profit 123 juta BBTN profit 65 juta                                                         Porto